Tagihan Kartu Kredit Membengkak dan Gak Kunjung Lunas, Coba Cara Ini Deh!

tagihan kartu kredit membengkak

Punya kartu kredit itu bisa jadi berkah atau malah bencana. Di tangan orang yang bijak dengan keuangan, kartu kredit tentu bakal membantu. Tapi kalau jatuh ke tangan orang yang ceroboh, bukan gak mungkin kartu kredit jadi mimpi buruk.

Kalau gak pintar mengatur keuangan, bisa-bisa malah tagihan kartu kredit membengkak. Akhirnya gagal bayar, macet, lantas dikejar-kejar debt collector. Jangan sampai deh kejadian kayak gitu.

Ini bukan menakut-nakuti loh. Menurut data Biro Sensus dan Dewan Bank Sentral Amerika Serikat, utang kartu kredit selama 2015 adalah $71 milyar. Itu berarti rata-rata rumah tangga di Amerika Serikat memiliki utang $5,700.

Meskipun belum ada data utang kartu kredit di Indonesia, bukan lantas kita bisa santai. Tetap saja pemakaian kartu kredit harus sebanding dengan penghasilanmu.

[Baca: Audisi Kartu Kredit Terbaik untuk Traveller yang Suka Petualangan Kayak Kamu]

Kalau pemakaian kartu kreditmu sudah lampu merah dan tagihannya gak kunjung lunas, mending segera ubah kebiasaanmu tersebut. Ini demi keuangan dan hidup yang lebih sehat.

Belum terlambat kok kalau kamu mau berusaha. Yuk ikuti tips-tips ini biar tagihan kartu kredit segera lunas dan keuangan kembali lancar.

tagihan kartu kredit membengkak
Pusing tujuh keliling dan gak bisa tidur. Mau kayak gitu terus?

Ubah Pola Pikir

Kartu kredit bukanlah dana talangan ataupun dana segar. Mindset kayak gini yang bikin kita keblinger hingga pemakaian di luar batas kewajaran. Kartu kredit didesain agar setiap transaksi jadi mudah tanpa harus keluar uang tunai. Ingat bahwa limit kartu kredit yang melebihi besaran gajimu bukanlah rezeki, tapi sebuah alat yang harus dimanfaatkan dengan baik.

Buat Catatan Tagihan Kartu Kredit

Jika kamu memiliki lebih dari satu kartu kredit. Ada lebih banyak pekerjaan rumah yang kudu dikerjain.

Jika biasanya kamu acuh terhadap lembar tagihan, sudah saatnya kamu lebih peka terhadapnya. Simpan dan jadikan dalam satu folder agar kamu bisa lebih mudah membandingkan.

Kemudian buatlah daftar tagihan kartu kredit mulai dari yang terkecil sampai yang terbesar. Jangan lupa cantumkan besaran bunga yang harus dibayar.

[Baca: Dipaksa Bayar Padahal Gak Pernah Apply Kartu Kredit, Masak Bisa?]

Bola Salju

Kalau daftar sudah dibuat, saatnya berkomitmen untuk mengeliminasi mereka. Cara melunasi kartu kredit yang cukup dikenal adalah dengan cara bola salju atau debt snow ball.

Cara ini cukup simpel dan gampang buat kamu yang memiliki dua atau lebih kartu kredit. Tujuannya adalah mengeliminasi utang kartu kredit terkecil terlebih dahulu.

tagihan kartu kredit membengkak
Belanja boleh saja, tapi jangan sampai kebablasan dan lupa daratan

Sementara waktu kamu bisa membayar minimum utang kartu kredit yang lain. Kemudian sisa bujet yang ada bisa kamu gunakan untuk membayar utang kartu kredit yang paling kecil.

Kuncinya adalah fokus. Kalau sudah berhasil melunasi utang terkecil, kamu bisa memanfaatkan momentum tersebut untuk melunasi utang lain yang lebih besar.

[Baca: Begini Nih Cara Menghemat Kartu Kredit untuk Belanja Tanpa Harus Jadi Pelit]

Ubah Semua Menjadi Cicilan Flat

Sembari mempraktikan cara di atas, kamu juga bisa menghubungi bank penerbit dan meminta keringanan atau tenggat waktu. Salah satu keringanan adalah mengubah cicilan yang ada dengan bunga tetap.

Kebanyakan bank bakal menyetujui permintaanmu asalkan kamu menjelaskan tujuan dan keadaan keuanganmu. Setelah bank menyetujui permohonanmu, bank bakal memberikan tenggat waktu (bisa 6 bulan, 1 tahun, tergantung perjanjian) agar kamu segera melunasi tagihan tersebut.

Manfaatkan Cashback

Salah satu cara bijak dalam pemakaian kartu kredit adalah dengan memanfaatkan promo dan cashback. Contoh saja kartu kredit Standard Chartered MasterCard Titanium yang ngasih cashback Rp 650 ribu per bulan. Semakin besar nilai pembelanjaan, makin besar pula cashback-nya.

Yang pasti kamu kudu jeli memanfaatkan peluang dalam hal belanja. Kalau memang memungkinkan, gak ada salahnya memanfaatkan fitur cicilan 0%.

Menjadi bijak dalam hal keuangan itu gak susah kok. Yang penting adalah pola pikir, fokus, dan komitmen. Jangan malu juga buat berhemat. Menghemat itu bukan berarti kamu gak mampu atau pelit, tapi soal pengelolaan uang yang sehat. Gak mau kan hidupmu diatur oleh uang?

CTA Banner Standard Chartered Credit Card

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →