Mengenal Telkomsel: Profil, Produk, Inovasi, dan Tagihan

pilih asuransi

Meski setiap orang saat ini sudah memiliki ponsel, namun telepon kabel masih banyak digunakan dalam berkomunikasi. Di setiap rumah bahkan perkantoran dan bisnis usaha menjadikan telepon sebagai alat komunikasi utama. 

Salah satu operator telepon kabel yang populer dan tetap eksis sampai saat ini adalah Telkom. Nah, dengan berbagai macam platform saat ini yang melayani pembayaran tagihan, urusan membayar tagihan Telkom menjadi makin mudah. 

Simak berbagai cara membayar tagihan Telkom dengan sederhana tanpa perlu beranjak dari sofa. 

Membayar Tagihan Telkom Secara Online

Cek Pajak Mobil Online

Berbagai pilihan saat ini dalam membayar tagihan Telkom telah memudahkan penggunanya. Tidak perlu antre di mesin ATM atau keluar rumah, tapi cukup dengan menekan tombol di layar sentuh, urusan tagihan pun beres. 

Biasanya tagihan Telkom akan muncul setiap bulan pada tanggal 4. Masa tenggang waktu pembayaran tagihan mulai dari tanggal 4 hingga tanggal 20 setiap bulannya. Berikut pilihan untuk membayar tagihan Telkom. 

1. Lewat e-commerce

Tokopedia, Blibli, Traveloka, Bukalapak, Belanja.com, Shopee dapat melayani pembayaran Telkom. Sebagai one stop shopping, transaksi apapun saat ini dapat dilakukan lewat e-commerce, selain itu daya tarik membayar tagihan telkom lewat e-commerce adalah adanya reward yang diberikan. Misalnya: cashback, reward point hingga potongan tagihan dengan syarat tagihan maksimum. 

2. Lewat m-banking 

Pembayaran tagihan Telkom juga dapat dilakukan lewat m-banking. Tentu setelah gaji masuk, kita bisa langsung melunasi tagihan dengan m-banking. Tidak perlu repot memindahkan uang ke rekening, secara langsung kita dapat membayarnya dari rekening pribadi. 

3. Lewat aplikasi 

Aplikasi cek tagihan telkom saat ini sudah tersedia di Google Playstore. Lewat aplikasi ini, kita bisa mengetahui berapa tagihan telkom yang harus dibayarkan tiap bulan. Aplikasi ini juga memiliki layanan pengingat untuk memastikan pemiliknya akan membayar tagihan listrik sesuai jatuh tempo. 

Setelah membayar tagihan lewat aplikasi tersebut, kita juga bisa mendapatkan bukti pembayaran yang dapat dibagikan ke surel. 

Apabila kita ingin membayar tagihan Telkom dengan cara konvensional apabila ketiga cara tersebut dinilai terlalu rumit. Berikut pilihan lain dalam membayar tagihan telkom. 

  • Datang langsung ke kantor Telkom. 
  • Membayar di minimarket Alfamart dan Indomaret.
  • Membayar di Kantor Pos. 
  • Via mesin ATM

Yang termasuk dengan tagihan Telkom 

Cek Tagihan Listrik

PT Telkom Indonesia (Persero) merupakan salah satu usaha di bidang telekomunikasi terbesar di Indonesia. Telkom adalah BUMN dengan berbagai macam produk telekomunikasi yang cukup populer bagi masyarakat. 

Saat ini, Telkom memiliki enam jenis layanan bisnis yang merupakan bagian dari Telkom Group. Berikut lini bisnis Telkom Group. 

1. Mobile

Portofolio ini menawarkan produk mobile voice, SMS, dan value added service, serta mobile broadband. Produk tersebut ditawarkan melalui entitas anak, Telkomsel, dengan merk Kartu Halo untuk pasca bayar dan simPATI, Kartu As dan Loop untuk prabayar.

2. Fixed

Portofolio ini memberikan layanan fixed service, meliputi fixed voice, fixed broadband, termasuk Wi-Fi dan emerging wireless technology lainnya, dengan brand IndiHome.

3. Wholesale & international

Produk yang ditawarkan antara lain layanan interkoneksi, network service, Wi-Fi, VAS, hubbing data center dan content platform, data dan internet, dan solution.

4. Network infrastructure

Produk yang ditawarkan meliputi network service, satelit, infrastruktur, dan tower.

5. Enterprise digital

Terdiri atas layanan information and communication technology platform service dan smart enabler platform service.

6. Consumer digital

Terdiri atas media dan edutainment service, seperti e-commerce (blanja.com), video/TV dan mobile based digital service. Selain itu, masih ada digital life service seperti digital life style (Langit Musik dan VideoMax), digital payment seperti TCASH, digital advertising and analytics seperti bisnis digital advertising dan solusi mobile banking serta enterprise digital service yang menawarkan layanan Internet of Things (IoT). 

Keenam produk tersebut membentuk satu kesatuan dalam pembayaran di Grup Telkom. Cara pembayarannya dapat dilakukan dalam satu kesatuan seperti yang telah disinggung di atas. 

Cakupan Layanan Bisnis Telkom 

Menjalani bisnis

Telkom dalam produknya membagi dalam tiga segmen konsumen. Segmen konsumen ini punya layanan berbeda-beda. Berikut segmen layanan bisnis Telkom.  

1. Home services

Layanan home services Telkom dibagi menjadi tiga jenis, yakni:

  • IndiHome Fiber yang terdiri dari: internet fiber, telepon rumah dan TV Interaktif 
  • OTT Video Streaming yang terdiri dari: CatchPlay, Iflix dan HOOQ 
  • Add On yang terdiri mulai dari wifi.Id Seamless, Telepon Mania, Global Call, Antivirus, IndiHome Store hingga Minipack UseeTv. 

2. Enterprise

Layanan teknologi komunikasi yang dibagi dalam tiga kategori konsumen. Ketiganya konsumen ini adalah yang ditujukan pada segmen usaha. Berikut kategorinya: 

  • SME Solution adalah layanan ditujukan untuk konsumen pelaku usaha menengah kecil mikro. 
  • Enterprise Solution adalah layanan yang ditujukan untuk corporate. 
  • Goverment Solution adalah layanan yang ditujukan kepada instansi pemerintah atau anak usaha milik pemerintah. 

3. Wholesale & international 

Layanan teknologi komunikasi dengan jaringan internasional. Ini ditujukan kepada perseorangan atau corporate yang memang sedang beraktivitas di luar negeri. Namun membutuhkan layanan prima dari Telkom Group. Layanan ini berupa: voice, signalling, data center, data & internet, managed service, network service, infrastructure service, retail service dan tower rental management

Membidik Segmen Milenial 

Telkomsel berupaya memperkuat posisinya di segmen milenial. Bagi Telkomsel, segmen milenial bakal menjadi high value customers di masa mendatang. 

Telkomsel akan menawarkan berbagai layanan dengan kualitas terbaik dan terluas dengan strategi pricing yang rasional. Perusahaan akan menggagas konsep more-for-more sehingga profitabilitas tetap terjaga. 

Hal ini penting untuk memastikan Telkomsel dapat berinvestasi kembali untuk memastikan keberlanjutan bisnis di masa mendatang.

Layanan mobile broadband akan menjadi mesin pertumbuhan Telkomsel. Dengan konsumsi rata-rata pengguna data masih rendah di kisaran 5-6 GB per bulan, dibandingkan dengan konsumsi di negara tetangga yang lebih dari 10 GB per bulan. 

Telkomsel yakin trafik data tumbuh seiring dengan perubahan gaya hidup masyarakat yang makin masif. Berikut penggunaan data yang diperkirakan bakal menyedot trafik data besar. 

  • Media sosial. 
  • Layanan video.
  • Musik.
  • Gim.

Harapannya, pengguna 2G akan mulai beralih ke layanan 3G maupun 4G. Seiring peralihan ini pula, porsi layanan legacy akan semakin berkurang dan digantikan oleh layanan data.

Transformasi Telkom Group

Asuransi

Telkom adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang jasa layanan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan jaringan telekomunikasi di Indonesia. Pemegang saham mayoritas Telkom adalah Pemerintah Republik Indonesia sebesar 52.09%, sedangkan 47.91% sisanya dikuasai oleh publik. 

Saham Telkom diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kode “TLKM” dan New York Stock Exchange (NYSE) dengan kode “TLK”.

Telkom saat ini sedang bertransformasi dari perusahaan telekomunikasi menjadi perusahaan telekomunikasi digital. Transformasi ini menitikberatkan strategi bisnis dan operasionalnya berorientasi pada pelanggan. 

Hal ini merespons perubahan zaman saat ini yang terbilang cepat. Maka, kegiatan usaha TelkomGroup semakin meluas dalam urusan digital tidak lagi sekedar komunikasi. Berikut fase transformasi Telkom Group. 

Fase 1 

Tahun 1882 kemunculan telepon menyaingi layanan pos dan telegraf yang telah dikenal sejak tahun 1856. Telepon kemudian menarik masyarakat dan swasta untuk menyelenggarakan bisnis telepon. Pada tahun 1892 telepon sudah digunakan secara interlokal. Selanjutnya pada tahun 1929 terkoneksi secara internasional. 

Fase 2 

Dimulai pada tahun 1965 di Indonesia, Pemerintah mendirikan Perusahaan Negara Pos dan Telekomunikasi atau dikenal sebagai PN Postel. Tidak lama, kedua perusahaan tersebut disapih agar lebih fokus mengelola portofolio bisnisnya masing-masing. Pada tahun 1995, Telkom mulai dikenal sebagai perusahaan teknologi komunikasi yang melayani komunikasi seluler. 

Fase 3 

Teknologi GSM dan mobile phone di tanah air mengancam keberadaan telepon (fixed line). Revolusi seluler pun terjadi. Telkom Indonesia pada tahun 1995 mendirikan dan meluncurkan Kartu Halo pascabayar. Selanjutnya pada tahun 1997 jaringan Telkomsel telah hadir di seluruh provinsi Indonesia. 
Semoga artikel ini bermanfaat buat kita, ya. Plus membantu dalam mempercepat urusan pembayaran tagihan Telkom.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →