Tak Kenal Maka Tak Sayang, Kenalan Dulu Yuk Sama Kredit Pemilikan Rumah (KPR)

kredit pemilikan rumah

“Dita, kok bete gitu? Ada apakah gerangan?” tanya Nina ke Dita yang lagi manyun di pinggir kolam ikan. “Capek aja gue, sewa kontrakan naik lagi tahun ini, mending gue nyicil rumah sekalian!” jelas Dita sambil menerawang. “Ya udah kenapa gak coba ngajuin KPR aja Dit? Gak ribet kok, walau gak mudah juga sih.”

KPR atau Kredit Pemilikan Rumah emang jadi salah satu solusi paling dilirik bagi mereka yang punya mimpi memiliki rumah idaman dengan sistem kredit. Tahu sendiri kan kalau harga properti itu gak murah.

Nah, buat yang sudah lama pengin banget ngajuin KPR tapi masih ragu, kenalan dulu yuk sama KPR. Supaya apa? Ya supaya gak khawatir duluan sama omongan-omongan di luar sana yang bilang kalau KPR itu sulit dan prosesnya lama.

Apa sih KPR itu?

Oke, udah tahu kan kalau kepanjangan KPR adalah Kredit Pemilikan Rumah. Yup, sesuai namanya, KPR adalah fasilitas pinjaman atau pembiayaan dari bank bagi nasabah yang mau membeli rumah dengan sistem kredit.

Yang menyediakan fasilitas KPR adalah perbankan dan beberapa perusahaan pembiayaan atau biasa disebut house financing.

kredit pemilikan rumah
Ayo kenallan dulu sama Kredit Pemilikan Rumah sebelum berasumsi ya (KPR / Mustangcorps)

Harus dipahami bahwa dengan memilih KPR, rumah yang kita beli itu akan menjadi jaminan pinjaman pihak bank yang menyetujui KPR kita.

Tapi tenang saja, saat cicilan bulanan KPR lunas, maka rumah ─ lengkap dengan dokumen-dokumennya ─ akan menjadi hak milik kita sepenuhnya. Tapi sebaliknya, jika kita gagal melunasi cicilan maka rumah akan disita oleh bank.

Gimana sih cara kerja KPR?

Ini mungkin jadi pertanyaan banyak orang, gimana sih sebenarnya cara kita mengajukan KPR? Jadi, saat seorang nasabah ingin menikmati fasilitas KPR, yang harus dipersiapkan oleh nasabah adalah uang muka (DP).

Setelah itu, nasabah melakukan proses pengajuan KPR ke bank yang dirasa paling sesuai dengan kebutuhan akan KPR-nya. Setelah bank menyetujui pengajuan KPR sang nasabah, maka cicilan plus bunga akan ditentukan bank.

Karena DP sudah dilunasi oleh nasabah, bank akan melunasi sisa nominal harga rumah ke pihak developer yang dipilih nasabah. Dengan kata lain bank berperan sebagai pihak yang menalangi uang pembelian rumah.

Nah, yang selanjutnya harus dilakukan oleh nasabah adalah mencicil biaya pelunasan yang sudah disertai bunga itu ke pihak bank setiap bulan.

kredit pemilikan rumah
Cari informasi ke bank yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu akan KPR (Bank KPR / Blogspot)

Siapa saja yang bisa mengajukan KPR?

KPR emang mempermudah mereka yang gak punya dana tunai buat beli rumah, tapi ini bukan berarti semua orang bisa menikmati fasilitas ini ya.

Karena nominal yang besar, bank tentunya gak akan asal-asalan memberi pinjaman. Ada persyaratan yang ditetapkan oleh perbankan sebelum nasabah bisa mendapat persetujuan KPR.

Mereka yang ingin memperoleh fasilitas KPR harus:

1. Warga Negara Indonesia (WNI) dengan usia minimum 21 tahun atau sudah menikah

2. Memiliki KTP

3. Memiliki Kartu Keluarga (KK)

4. Memiliki rekening tabungan

5. Memiliki NPWP

Bagi para karyawan harus menambahkan dokumen-dokumen ini:

1. Surat keterangan kerja

2. Slip gaji atau surat keterangan penghasilan

Sementara bagi para pengusaha wajib melengkapi:

1. Aspek legalitas usaha seperti SIUP dan TDP

2. Laporan keuangan usaha

kredit pemilikan rumah
Ajuin KPR itu bukan kayak beli baju, jadi pelajari syaratnya-syaratnya (Persyaratan KPR / Mustangcorps)

Gimana nih, gak seribet yang kamu bayangkan dong. Ingat, harga properti yang gak sedikit mengharuskan bank menetapkan syarat dan ketentuan bagi mereka yang ingin menikmati fasilitas KPR. Ini bukan karena ingin mempersulit.

Buat kamu yang sudah lama ingin memiliki rumah idaman lewat KPR, siapkan saja hal-hal di atas. Saat semua syarat dan ketentuan sudah kamu sanggupi, ajukan deh KPR. Buat mimpi kamu memiliki rumah idaman semakin nyata. Selamat mencoba dan semoga disetujui ya! 

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Berani Nyicil KPR Mulai Usia 20-an Kenapa Gak Asal Bisa Disiplin Lakuin Ini]

[Baca: Yang Lagi Berburu Rumah Nih Deretan Bank dengan Suku Bunga KPR Terendah Kuartal IV]

[Baca: 5 Hal yang Bisa Bikin Rencanamu Beli Rumah KPR Gagal Total]

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →