Melebihi Indonesia, Ini Lho Negara-Negara dengan Produksi Emas dalam Jumlah Besar

Indonesia sebagai negara dengan tambang emas terbesar di dunia (Shutterstock).

Bicara soal emas, banyak orang yang mengira Indonesia sebagai negara dengan tambang emas terbesar di dunia. Pertambangan yang dilakukan PT Freeport Indonesia di tanah Papua menjadi contoh nyata kenapa emas yang diproduksi Indonesia begitu banyak.

Faktanya nih tambang Grasberg yang dikelola Freeport Indonesia emang digolongkan sebagai salah satu tambang emas terbesar di dunia. Gak cuma itu, tambang Grasberg juga menjadi tambang tembaga terbesar nomor dua di dunia lho.

Freeport Indonesia sendiri diketahui menambang bijih dari tambang Grasberg rata-rata lebih dari 100 ribu metrik ton per harinya. Dari bijih yang kemudian diproses buat dijual tersebut, Freeport meraup pendapatan US$ 2,63 miliar atau Rp 36,6 triliun dari penjualan emas seperti yang diungkap CNBC Indonesia.

Walaupun mendapatkan pemasukan hingga lebih dari Rp 36 triliun dari penjualan emas, ternyata ada negara-negara lain yang gak kalah besar lho buat urusan tambang-menambang emas. 

Penasaran negara-negara mana aja yang punya tambang emas terbesar? Cari tahu yuk dalam ulasan berikut ini.

Baca juga: Indonesia di Nomor Dua Paling Besar Produksi Minyak Kelapa, Nomor Satu Siapa Ya?

Ada 10 negara yang memiliki tambang emas terbesar dengan hasil produksi yang melimpah

Tambang Emas
Lokasi tambang (Shutterstock).

Indonesia gak sendiri sebagai negara dengan tambang emas terbesar di dunia. Terus Indonesia juga bukan satu-satunya negara yang bisa produksi emas dengan jumlah yang melimpah.

U.S. Global Investors membeberkan ada 10 negara yang punya tambang emas terbesar di dunia. Jumlah emas yang dihasilkan negara-negara tersebut gak main-main banyaknya. Ada negara yang sanggup menghasilkan hampir 400 ton emas lho.

Nah, berikut ini adalah daftar 10 negara yang memiliki tambang emas terbesar dengan hasil produksi terbanyak di dunia.

 

Negara Hasil tambang emas (ton) 
China 399,7
Australia 312,2
Rusia 281,5
Amerika Serikat 253,2
Kanada 193
Indonesia 190
Peru 155,4
Afrika Selatan 123,5
Meksiko 121,6
Ghana 101,8

 

Dari data yang ada pada tabel di atas, kita menemukan fakta kalau China menjadi negara nomor saut dengan hasil tambang emas paling besar di dunia. China pada 2018 mampu menghasilkan emas sebanyak 399,7 ton.

Buat informasi aja nih, hasil tambang emas secara global pada 2018 mencapai 3.332 ton. Menariknya nih dulunya Afrika Selatan pernah di atas China dalam hasil produksi emas. Afrika Selatan pernah mencatatkan hasil sekitar 1.000 ton pada tahun 1970.

Namun, sejak saat itu, hasil tambang emas Afrika Selatan malah terus menurun. Kini negara-negara lain menggeser posisi Afrika Selatan sebagai negara penghasil emas terbesar di dunia.

Balik lagi ke tabel di atas. Setelah China, hasil tambang emas terbesar di dunia berasal dari Australia dengan kapasitas sebanyak 312,2 ton. Kemudian Rusia yang mencatatkan angka 281,5 ton dan Amerika Serikat yang produksinya mencapai 253,2 ton.

Indonesia sendiri berada di urutan keenam sebagai negara dengan hasil tambang emas terbesar di dunia. Posisinya berada di bawah Kanada yang produksinya mencapai 193 ton.

China boleh aja punya hasil produksi paling besar. Namun, China sepertinya gak begitu tertarik menyimpan emas sebagai cadangan. Ada beberapa negara yang diketahui menyimpan emas dalam jumlah besar di cadangan devisanya. Negara-negara mana aja? Yuk, di cek daftarnya.

Negara-negara dengan cadangan emas terbesar di dunia

Tambang Emas
Emas (Shutterstock).

Merujuk pada data yang disampaikan Investopedia, ada beberapa negara yang menyimpan emas dalam jumlah besar di cadangan devisanya. Ada tujuan ekonomi dan politik di balik penyimpanan emas ini. Salah satunya sebagai lindung nilai inflasi ataupun resesi.

Berikut ini adalah simpanan emas negara-negara di dunia pada 2018. Negara-negara mana aja yang menyimpannya dalam jumlah besar?

 

Negara Cadangan emas (ton)
Amerika Serikat 8.133,5
Jerman 3.371
Italia 2.451,8
Prancis 2.436
Rusia 1.909,8

 

Benar banget. Amerika Serikat menjadi negara nomor satu yang menyimpan emas dalam jumlah besar. Selanjutnya, ada Jerman, Italia, Prancis, dan Rusia.

China sendiri lebih memilih menyimpan banyak mata uang asing, termasuk dolar dalam cadangan devisanya. China diketahui menyimpan mata uang asing sebesar US$ 3,21 triliun.

Buat China, menyimpan mata uang asing, terutama dolar dalam jumlah besar sangat menguntungkan dirinya. Sebab China merupakan negara yang paling aktif dalam melakukan perdagangan internasional.

Nah, itu tadi informasi mengenai negara-negara yang memiliki tambang emas terbesar di dunia. Semoga informasi di atas bermanfaat ya! (Editor: Winda Destiana Putri).