Ada yang Dijual US$ 1,3 Juta, Ini Jenis-Jenis Bonsai Tertua yang Ditaksir Supermahal

tanaman bonsai

Tanaman bonsai begitu menarik buat dilihat. Posturnya yang unik dibanding tanaman normal pada umumnya menjadi daya tarik kenapa banyak orang menginginkannya. Dari banyaknya bonsai yang ada, terdapat beberapa jenis bonsai yang punya harga fantastis.

Sebagai gambaran aja nih, kalau menelusuri salah satu jenis tanaman bonsai yang populer di Indonesia semisal bonsai serut, kamu bakal mendapati harga jual jenis bonsai tersebut mulai dari angka Rp 200 ribuan – Rp 700 ribuan. Harga jual tanaman yang terbilang mahal, bukan?

Harga bonsai serut ini malahan masih lebih mahal dibandingkan jenis tanaman bonsai kelapa. Sementara kalau dibandingkan dengan jenis bonsai beringin, harganya kurang lebih hampir sama di kisaran ratusan ribu rupiah.

Jenis-jenis bonsai yang disebut barusan baru lingkup Indonesia. Bicara lingkup dunia, ada beberapa jenis tanaman bonsai yang bernilai tinggi. Penasaran apa aja jenis-jenisnya dan kenapa tanaman bonsai tersebut bisa sangat mahal harganya? Berikut ini ulasannya.

Baca juga: 8 Peluang Agribisnis yang Menjanjikan dan Datangkan Banyak Keuntungan

Apa itu bonsai?

tanaman bonsai
Aktivitas membuat bonsai. (Shutterstock)

Bonsai adalah seni budidaya dalam mengubah pohon biasa menjadi kerdil dan menempatkannya dalam sebuah pot. Kata bonsai sendiri berasal dari ejaan bahasa Jepang, yaitu Bon dan Sai. Bon adalah piring atau mangkuk tipis, sedangkan Sai adalah pohon atau tanaman lain yang ditanam. 

Walaupun seni budidaya ini begitu populer di Jepang, bonsai sendiri sebenarnya mulai dipraktikkan di China sekitar abad ke-6. Orang-orang Jepang yang datang ke China dalam rangka tugas pemerintahan dan berstatus pelajar Buddha mempelajari banyak hal selama di sana lalu membawanya ke Jepang.

Salah satu yang mereka pelajari adalah seni bonsai ini. Sejak itulah budidaya bonsai menarik minat orang-orang Jepang dan menjadi terkenal di sana.

Dalam ulasan di Business Insider, pertumbuhan tanaman bonsai bisa sedemikian kerdilnya karena dibatasi dengan dipangkas, dipasangkan kabel, ditempatkan ulang, diokulasi, diperiksa secara rutin, hingga disiram setiap hari. 

Keterampilan-keterampilan tersebut sangat berperan dalam menumbuhkan tanaman bonsai hingga menjadi bentuk bonsai yang identik kerdil layaknya miniatur pohon. Satu hal lagi yang harus dikuasai dalam seni bonsai ini adalah kesabaran ketika menciptakan satu jenis bonsai.

Baca juga: Kurang Modal Jalankan Usaha Pertanian? Ini Sumber Dana yang Bisa Diandalkan

Kenapa tanaman bonsai mahal harganya?

tanaman bonsai
Butuh kesabaran dan ketelitian dalam membuat bonsai. (Shutterstock)

Harga jual tanaman bonsai bervariasi. Namun, harga terendahnya yang dimulai dari ratusan ribu telah cukup menggolongkan bonsai sebagai tanaman yang terbilang mahal. Ada beberapa faktor yang bikin bonsai punya nilai jual tinggi. Apa aja?

1. Selain keindahan, bonsai sangat mahal kalau wujudnya makin terlihat seperti versi mini pohon telah tua

Penciptaan tanaman bonsai berawal dari ide menumbuhkan pohon dalam pot dalam jangka panjang. Seperti yang diulas dalam Bonsai Empire, tujuan utama dari bonsai adalah menciptakan gambaran alam yang realistis.

Gambaran yang realistis ini terlihat dari rupa bonsai yang semakin lama semakin mirip pohon normalnya ketika telah memasuki usia tua. Pertumbuhan bonsai pun diklasifikasikan dalam sejumlah ukuran, dari Keshitsubo hingga Imperial.

Lebih jelasnya, berikut ini adalah klasifikasi ukuran bonsai.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal
  • Keshitsubo: 3-8 cm
  • Shito: 5-10 cm
  • Mame: 5-15 cm
  • Shohin: 13-20 cm
  • Komono: 15-25 cm
  • Katade-mochi: 25-46 cm
  • Chumono/Chiu: 41-91 cm
  • Omono/Dai: 76-122 cm
  • Hachi-uye: 102-152 cm
  • Imperial: 152-203 cm

2. Lamanya waktu yang diinvestasikan dalam menciptakan satu tanaman bonsai

Kesabaran adalah kunci keberhasilan dalam menghasilkan tanaman bonsai. Jenis bonsai yang mahal telah melalui serangkaian proses yang panjang, dari pemangkasan sampai menunggu beberapa cabang baru tumbuh.

Semakin lama waktu yang dihabiskan buat membuat bonsai, semakin mahal nilai jual tanaman tersebut. Lama atau cepatnya proses bonsai bisa dilihat dari ketebalan batang tanaman yang dibonsai tersebut yang rata-rata menghabiskan waktu lebih dari 10 tahun.

Lamanya waktu bonsai juga memunculkan banyaknya biaya yang harus dikeluarkan. Perawatan tanaman bonsai pastinya butuh biaya semisal biaya pupuk untuk tanah yang digunakan.

3. Adanya biaya untuk menyediakan pot dan peralatan yang digunakan selama melakukan bonsai

Selain biaya perawatan, ada biaya bonsai lainnya yang diperhitungkan dalam menentukan harga jual tanaman kerdil ini, yaitu biaya pot dan peralatan. Harga jual pot bonsai berbeda-beda, tergantung dari antiknya pot itu sendiri.

Biasanya pot antik tua dari China dan Jepang lebih mahal harganya ketimbang pot baru. Kalau pot tua bisa dijual dengan harga ribuan dolar, pot baru didapatkan dengan harga sekitar satu dolar. Biaya pot ini masih ditambah dengan biaya peralatan buat melakukan bonsai itu sendiri.

4. Jenis tanaman yang dibonsai juga menentukan mahalnya harga jual

Cuma jenis-jenis bonsai tertentu aja yang dijual dengan harga tinggi. Jenis bonsai tertentu bisa lebih tinggi nilainya karena tingkat kesulitan dalam menumbuhkan tanaman tersebut. Terlebih apabila jenis tanaman tersebut diperlakukan dengan teknik bonsai khusus.

Jenis-jenis tanaman bonsai tertua dan ditaksir bernilai tinggi, apa aja?

Tercatat, ada beberapa jenis bonsai yang diketahui berusia puluhan tahun, bahkan hingga ratusan tahun. Ada tanaman bonsai yang dijual, tapi ada yang gak dijual sama sekali dan cuma buat dipamerkan.

Jenis tanaman bonsai termahal di dunia yang pernah dijual adalah jenis A Centuries Old Pine yang ditawarkan organisasi bonsai S-CUBE dalam acara 11th Asia-Pacific Bonsai and Suiseki Convention & Exhibition (ASPAC 2011). Jenis bonsai A Centuries Old Pine tersebut bernilai 100 juta yen atau setara dengan US$ 1,3 juta jika dikonversi dengan kurs saat itu.

Sementara itu, ada beberapa jenis bonsai yang sangat tua usianya, dari puluhan tahun hingga ratusan, tetapi gak dijual hingga saat ini walaupun diperkirakan bernilai tinggi. Seperti yang dikutip dari The Wall Street Journal, berikut ini jenis-jenis bonsai paling tua tersebut.

1. Miyajima Japanese Five-needle Pine

tanaman bonsai
Miyajima Japanese Five-needle Pine. (Wikimedia Commons)

Usia jenis tanaman bonsai ini diperkirakan telah mencapai 400 tahun dan ditempatkan di pot yang juga berusia berabad-abad. Jenis bonsai ini semakin menarik karena berada di taman milik seniman bonsai Masaru Yamaki, Hiroshima saat bom dijatuhkan di kota tersebut tahun 1945.

2. Foemina Juniper

tanaman bonsai
Foemina Juniper. (Wikimedia Commons)

Jenis bonsai yang satu ini telah berusia lebih dari 70 tahun. Foemina Juniper dibuat seniman bonsai John Y. Naka dan setiap batang pohon yang tumbuh di pot tersebut mewakili satu cucu sang seniman.

3. Chinese Hackberry

tanaman bonsai
Chinese Hackberry. (WSJ)

Jenis bonsai ini telah berusia lebih dari 65 tahun dan memiliki tinggi 20 inci. Sempat ditebang 4 inci lalu dipindahkan ke pot yang baru.

4. Small-flowered Tamarisk

tanaman bonsai
Small-flowered Tamarisk. (WSJ)

Usianya diperkirakan lebih dari 25 tahun. Tanaman ini cenderung tumbuh ke arah langit. Itulah kenapa perlu kehati-hatian saat memasangkan kabel di jenis ini.

5. Sargent Juniper

tanaman bonsai
Sargent Juniper. (WSJ)

Usianya diperkirakan telah lebih dari 250 tahun. Seniman Masahiko Kimura berada di balik proses indahnya Sargent Juniper.

6. Japanese Maple

tanaman bonsai
Japanese Maple. (WSJ)

Jenis yang satu ini diperkirakan memiliki usia lebih dari 65 tahun. Pertumbuhan bonsai Japanese Maple dimulai tahun 1956.

7. Tensho Satsuki Azalea

tanaman bonsai
Tensho Satsuki Azalea. (WSJ)

Diperkirakan usianya telah lebih dari 35 tahun. Alih-alih ditanam di pot sejak awal, bonsai Tensho Satsuki Azalea pernah ditempatkan di tanah selama 20 tahun buat mengembangkan batangnya agar tebal.

Nah, itu tadi informasi seputar jenis-jenis tanaman bonsai yang usianya dari puluhan tahun hingga ratusan tahun dan ditaksir punya nilai yang teramat tinggi. Semoga informasi di atas bermanfaat! (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →