Dompet Merana di Tanggal Tua, 6 Tips Ini Bantu Kamu Survive Sampai Gajian

Pertengahan bulan gini biasanya udah jadi tanggal tua buat sebagian besar karyawan. Buat kamu yang gajian sekitaran tanggal 25-an setiap bulan, tentu beberapa hari jelang gajian seperti sekarang jadi hari-hari yang cukup riskan.

Biasanya, isi dompet udah mulai menguap tuh. Kamu harus eman-eman menggunakan uang karena takut kehabisan uang beberapa hari sebelum gajian.

Saat tanggal muda kamu bisa makan soto ayam, kari ayam, atau rendang di restoran Padang. Nah, di akhir bulan kamu tetap bisa makan itu semua tetapi versi Indomie-nya.

Kasihan!

Masa negara udah merdeka tetapi kamu belum #MerdekaFinansial juga sampai sekarang?

Nah, biar gak nyesek banget kayak gitu, sebenarnya kamu bisa hadapi tanggal tua dengan cara lebih aman dan asyik. Yang penting, kamu mau berusaha sedikit. Dengan gitu, kamu gak perlu makan Indomie di tanggal tua.

Berikut beberapa tips yang bisa menyelamatkan isi dompetmu setidaknya sampai sehari sebelum gajian.

1. Kurangi jajan

Jelang atau saat tanggal tua, ada baiknya buat kurangi atau bahkan stop jajan. Biasanya nih, jajan gorengan, es, atau beli camilan-lah yang bikin uang kamu terkuras sedikit demi sedikit.

Contoh nih, kamu jajan gorengan Rp 5 ribu sehari. Padahal Rp 5 ribu itu bisa kamu pakai buat beli tempe yang bisa kamu olah buat makan seharian.

Daripada benar-benar bokek pas tanggal tua, yuk kurangi atau stop jajan dulu.

2. Masak sendiri di rumah atau kost

Untuk sekali makan di warteg dengan menu sederhana seperti nasi, telur, dan sayur, kamu bisa merogoh kocek sampai Rp 15 ribu. Karena kamu butuh makan tiga kali sehari, maka total duit yang keluar jadi Rp 45 ribu.

Karena ini tanggal tua, coba deh buat berusaha masak sendiri di rumah atau kost kamu. Dengan dana yang gak sampai Rp 45 ribu, kamu bisa gunakan itu buat makan tiga kali sehari.

Misalnya nih, untuk bahan masaknya kamu bisa beli satu bongkah tempe Rp 5 ribu, dua ikat sayur kangkung Rp 3 ribu, dan 1 kilogram beras Rp 10 ribu. Total Rp 18 ribu aja, lho! Perlu dicatat pula, beras 1 kilogram kalau buat sendiri mah bisa buat 3 hari.

3. Hemat penggunaan kuota Internet

Kenapa harus hemat pakai kuota Internet? Takutnya, sebelum gajian, kuota kamu udah habis. Kalau udah habis, kamu harus keluar uang dong buat beli kuota lagi. Sayang banget kan?

Udah uang tiris banget, kamu harus keluar uang dadakan pula buat beli kuota Internet. Kalau bisa hemat paket Internet minimal Rp 50 ribu, uangnya bisa buat makan tiga hari tuh.

4. Pulang cepat dari kantor dan gak perlu hang-out

Yang pasti, saat tanggal tua pulanglah tepat waktu dari kantor dan hindari ajakan hang-out. Pasalnya, semakin lama kamu di kantor, semakin besar godaan buat hang-out atau jajan.

Pas weekend, kamu pun bisa pilih buat menikmati akhir pekan di rumah atau kost aja. Kamu bisa ajak teman-teman kamu buat nonton DVD aja di rumah dan kalian bisa masak makanan sendiri. Alhasil, pengeluaran buat liburan akhir pekan lebih minimalis.

5. Atur pengeluaran kamu dari awal

Yang pasti, biar gak ‘melarat’ banget pas tanggal tua, mulai bulan depan pastikan kamu udah atur pengeluaran kamu dari awal.

Ada baiknya pas terima gaji, kamu udah stok kebutuhan kamu selama sebulan dari awal. Bahkan, stok juga cadangan makanan buat di akhir bulan supaya kamu gak pusing mikirin makan. Terus, sisihkan tabungan di awal biar kamu gak tergoda buat habisin gaji kamu pas baru terima gaji.

Gimana mau #MerdekaFinansial nih kalau akhir bulan aja kamu terus-menerus kelimpungan mikirin dompet tiris begitu? Jadi, mulai sekarang bikin budgeting yang benar dari awal bulan dan patuh sama aturan yang udah kamu bikin tersebut.

6. Cari kerja sampingan

Pengin tetap bisa senang-senang tetapi masih bisa nabung? Ada jalan lebih mudah. Kamu bisa cari kerja sampingan buat nambah penghasilan kamu per bulan.

Jadi, kamu pun bisa lebih leluasa ngatur budgeting karena penghasilan kamu gak pas-pasan banget. Tentu aja, kamu tetap harus mengurangi waktu hang-out karena harus gunakan buat kerja sampingan.

Kelihatannya sih sulit, tetapi pada akhirnya bakal bikin kamu cepat #MerdekaFinansial. Yuk, mulai atur pengeluaran dan cari penghasilan tambahan biar tanggal tua masih bisa bernapas lega karena dompetmu masih berisi.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →