Tanpa Modal, Ini 20 Peluang Usaha Jasa Online yang Menghasilkan Uang

peluang usaha online

Bingung nyari ide peluang usaha jasa online tanpa modal yang bisa menghasilkan uang? Bagi kamu pekerja kantoran yang ingin penghasilan tambahan atau yang ingin bekerja dari rumah, Lifepal punya rekomendasi peluang usaha jasa online yang bisa kamu pilih salah satu.

Ada 20 pekerjaan berbasis jasa online yang bisa kamu kerjakan buat menambah ketebalan dompet setiap bulan. Jumlah penghasilan yang bisa kamu dapatkan dari jasa online ini bervariasi.

Ada yang relatif kecil, tapi ada juga yang besar. Beberapa di antaranya bahkan bisa dilakukan tanpa modal. Semua tergantung pilihan, skill yang kamu punya, dan bagaimana usahamu.

20 Usaha Jasa Online Tanpa Modal yang Menghasilkan Uang

Tanpa berlama-lama lagi, inilah 20 peluang usaha jasa online tanpa modal yang bisa dikerjakan dari rumah dan menghasilkan uang.

1. Jasa Online Admin

Kamu pasti sudah nggak asing dengan pekerjaan admin. Peluang jasa online admin cocok banget untuk kamu yang selalu keep up dengan perkembangan zaman. Selain profesi full time, jasa online admin juga bisa dilakukan secara freelance.

Kurang lebih jobdesk sebagai seorang admin sosial media antara lain membuat konten yang menarik, berinteraksi dengan followers, dan meningkatkan jumlah followers serta like di sosial media yang kamu pegang.

Meski kelihatannya mudah, tapi ternyata ada pula tantangan sebagai kalau kamu mau bekerja sebagai jasa online admin.

Seringkali agar kerjanya maksimal kamu akan diminta memahami brand awareness perusahaan yang kamu kelola sosial medianya. Ada juga jasa online admin yang bertugas untuk menaikkan jumlah pengunjung website melalui sosial media.

Tak heran kalau pekerjaan sebagai admin bisa menghasilkan bayaran yang cukup tinggi.

2. Desain Grafis

Lulusan Fakultas Desain dan Komunikasi Visual tentu sering terima proyek yang satu ini. Mulai dari mendesain logo, brosur, kemasan produk, dan lainnya.

Tak bisa dipungkiri jasa desain grafis saat ini sangat banyak dibutuhkan terutama di bidang bisnis. Oleh sebab itu desain grafis bisa jadi peluang jasa online yang bahkan bisa kamu kerjakan dari rumah dan menghasilkan uang. Apalagi jika kamu memiliki taste dan skill desain yang mumpuni.

Untuk bisa bekerja sebagai desain grafis berbasis jasa online, kamu perlu membuat website portofolio yang berisi hasil-hasil desainmu selama ini. Coba juga daftarkan diri ke platform freelance seperti Sribulancer.com atau 99designs jika kamu ingin menjajal pasar luar negeri dan dibayar menggunakan dollar.

3. Peluang Bisnis Online Dropship atau Reseller

Kalau yang satu ini mungkin sifatnya gak cuma jasa online ya, tapi ada proses offline-nya juga. Menjual barang itu bisa dengan cara apa aja, apakah itu sistem reseller atau cuma membantu pemasaran aja seperti sistem dropship.

Kamu bisa bekerjasama dengan supplier terpercaya dan mendapatkan untung dari selisih harga yang diberikan oleh supplier dengan harga jual. Lumayan kan untuk menambah penghasilan? 

Saat ini ada banyak pilihan produk yang bisa kamu jual dengan sistem dropship atau reseller, mulai dari fashion sampai kosmetik. Bahkan untuk kamu yang tertarik jasa online dropshipping, sudah tersedia banyak platform yang menawarkan kerjasama dropship seperti Sahabat Dropshipper dan Yuk Dropship.

Baik dropship ataupun reseller sama-sama punya keuntungan dan kekurangannya masing-masing. Tinggal kamu sesuaikan saja dengan kemampuan dan preferensimu.

4. Buka Toko Online

Punya produk sendiri untuk dijual? Buka saja toko online dan jalankan dari rumah. Jangan salah, layanan jasa online seperti toko online kini mulai banyak dilirik terutama setelah terjadinya pandemi yang membatasi aktivitas orang di luar rumah.

Lewat toko online kamu bisa menjual apa saja, mulai dari makanan, pakaian, hingga kebutuhan pokok sehari-hari. Nggak sulit kok, daftarkan saja tokomu di platform marketplace dan pasang harga yang bersaing.

Siapkan foto-foto produk yang bagus dan menarik serta bangun reputasi dengan memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen yang berbelanja di toko online kamu. Siapkan juga promo menarik agar semakin banyak orang yang tertarik membeli barang daganganmu. 

Dengan begitu kamu pun sudah memiliki jasa online yang menyediakan kebutuhan orang banyak meski hanya dijalankan dari rumah. Dan tentunya menghasilkan cuan!

5. Peluang Bisnis Online Gabung Afiliasi

Hampir mirip dengan dropship, afiliasi juga merupakan jasa online untuk memasarkan produk milik pihak lain. Bedanya keuntungan yang didapat dari bergabung di afiliasi akan datang dari komisi penjualan barang yang disepakati dengan pihak penjual. Biasanya komisi yang didapat dari bergabung afiliasi adalah sebesar 20-50% dari hasil penjualan.

Cara gabung afiliasi adalah dengan mendaftar ke pihak yang menawarkan afiliasi secara online, kemudian kamu akan mendapatkan kode kupon referal atau banner yang bisa kamu pasang di website atau blog. Setiap kali ada yang menggunakan kupon tersebut, maka kamu akan mendapat komisi.

Jasa online dengan cara bergabung afiliasi ini cocok banget buat dijadikan pekerjaan sampingan!

Jangan sampai biaya untuk merawat atau memperbaiki mobilmu justru menguras tabungan. Manfaatkan asuransi mobil syariah agar kamu terjamin dari tagihan dari bengkel. Asuransi mobil syariah memberimu jaminan ganti rugi dengan tetap mengedepankan pengelolaan keuangan sesuai ketentuan syariat.

6. Jasa Kursus Online

Sejak masa pandemi, kegiatan belajar dari rumah semakin marak dilakukan. Jasa kursus online pun semakin banyak dicari. Tak heran kalau peluang usaha jasa kursus online jadi salah satu jasa online yang menguntungkan!

Bagi kamu yang memiliki passion di bidang mengajar, kamu bisa mulai menawarkan jasa kursus online kepada orang-orang terdekat. Misalnya dengan menyediakan paket kursus untuk anak dari temanmu sesuai dengan kurikulum belajar dari rumah yang diberikan pemerintah dan sekolah.

Atau kamu bisa juga membuka jasa kursus online lewat website gratis dan memberikan akses untuk lebih banyak orang yang ingin belajar skill baru. Menggunakan platform wordpress misalnya, kamu bisa membuat jasa kursus online dengan sistem yang baik, Nantinya wordpress akan membantu kamu mengelola kursus mulai dari membuat kelas sampai manajemen proses pembayaran.

7. Menjadi Tutor Online

Keahlian kamu dalam mengajar juga bisa dimanfaatkan untuk memberikan jasa tutor online. Kamu bisa menjadi tutor online secara privat atau berkelompok. Pun kamu bisa memilih ingin menyediakan peluang usaha jasa online sebagai tutor ini secara mandiri atau bergabung ke platform penyedia jasa tutor online yang kini sudah banyak tersedia, seperti  SnapAsk dan Superproof.

Memberikan jasa tutor online bisa dibilang tanpa modal. Kamu bisa menjadi tutor jarak jauh dengan bantuan whatsapp video call, zoom, atau google hangout yang bisa diakses secara gratis. Tinggal kamu pintar-pintar membagi jadwal mengajar dan menetapkan tarif yang menguntungkan sesuai dengan jasa online yang kamu berikan.

8. Pembuatan Website Online

Kalau kamu memiliki skill coding dan jago membuat website, ini adalah peluang emas bagi kamu untuk menghasilkan uang lewat jasa online. Sebab meskipun video tutorial membuat website sendiri sudah banyak tersedia di Youtube, tetap saja menghasilkan website yang bagus sesuai keinginan terasa sulit bagi beberapa orang.

Inilah celah bisnis jasa yang bisa kamu bidik untuk menghasilkan uang dengan hanya bermodalkan skill membuat website. Buatlah website yang unik dengan branding kuat agar banyak orang tertarik untuk menggunakan jasamu. Selain itu, kamu juga harus jeli memilih target pasar dan melakukan penyesuaian atas tarif jasa online membuat website yang kamu kerjakan.

9. Jual Template Website

Selain membuat website, skill codingmu juga bisa dimanfaatkan untuk membuat template serta tema website dan menjualnya secara online. 

Kamu tentu tahu kalau platform populer untuk pembuatan blog dan website seperti wordpress atau blogger menyediakan tema default secara gratis yang bisa dipilih oleh penggunanya. Namun seringkali tema tersebut tidak sesuai dengan keinginan para pemilik website. Oleh sebab itu banyak pengguna mencari-cari template dan tema website berbayar sebagai alternatifnya.

Ini merupakan peluang bisnis online yang bagus. Apalagi jika kamu berani bersaing di pasar template website internasional seperti Themeforest atau Templatemonster. Keuntungan yang kamu dapatkan kalau template website buatanmu banyak disukai orang pun bisa sangat menjanjikan! 

10. Blogger

Kalau kamu memiliki blog, jangan cuma dimanfaatkan untuk curhat pribadi saja. Coba deh buat konten berkualitas dan bermanfaat bagi pembaca. Sebab blog pun bisa jadi jasa online yang menghasilkan uang lho!

Penghasilan yang didapat oleh para blogger bersumber dari traffic atau banyaknya pengunjung yang datang ke blog kamu. Kalau konten di blog kamu berkualitas dan banyak dibaca orang, maka akan semakin besar penghasilan yang akan kamu dapat.

Selain itu, para blogger juga biasanya akan mendapat penghasilan dari iklan yang mucul dengan bergabung ke platform Google Adsense. Tak jarang pula para pelaku bisnis melirik blog yang ramai dikunjungi orang untuk menawarkan sponsored post. Dengan begitu kamu akan mendapatkan bayaran dari konten yang kamu tulis untuk mereka.

11. Penulis Freelance

Jasa online yang satu ini bisa jadi usaha sampingan ataupun utama bagi kamu yang ingin menghasilkan uang dari rumah. Selain menulis di blog sendiri, kamu juga bisa lho menyediakan jasa online sebagai penulis freelance untuk website atau blog yang membutuhkan konten.

Pasalnya, banyak juga lho blogger yang tidak sempat menulis artikel untuk blognya sendiri atau perusahaan yang membutuhkan content writer bagi website mereka.

Jasa online para penulis freelance pun lumayan besar lho! Kamu bisa dibayar per 100 kata atau per artikel yang kamu tulis sesuai dengan kesepakatan. Jadi buat kamu yang gemar menulis, coba deh peluang usaha jasa online yang satu ini!

12. Bisnis Jasa Copywriting

Kalau content writing dibutuhkan untuk menghasilkan artikel, maka copywriting lebih fokus pada membuat kata-kata yang menarik minat konsumen untuk membeli suatu produk. Sebab, nggak banyak orang yang punya kemampuan dalam meyakinkan konsumen untuk membeli sebuah produk. Oleh sebab itu, jasa online copywriting termasuk yang banyak dicari dan bisa dibayar mahal.

Usaha jasa copywriting bahkan bisa dimulai tanpa modal lho. Kalau kamu sudah menguasai teknik copywriting yang baik, kamu bisa dengan mudah mendapat klien dari platform freelance seperti Sribulancer.com atau promosikan sendiri karya copywritingmu di website portofolio yang menarik.

13. Peluang Usaha Online Konsultan SEO

Apa itu SEO? SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization atau mudahnya adalah upaya mengoptimasikan website agar muncul di peringkat teratas mesin pencarian. Nah orang yang memiliki skill untuk melakukan jasa online ini sedang banyak dicari akhir-akhir ini.

Sebab website yang berada di peringkat teratas akan mendapatkan banyak pengunjung dan memberikan keuntungan yang besar. Kalau kamu memiliki skill untuk melakukan riset keyword, konten audit, dan memonitor backlink, maka jasa online sebagai konsultan SEO akan cocok untuk menambah pundi-pundi rupiah kamu.

14. Penerjemah

Jasa online sebagai penerjemah cukup banyak dicari saat ini. Terutama jika kamu memiliki keahlian bahasa inggris atau mandarin.

Jasa penerjemah kini tak hanya dibutuhkan untuk menerjemahkan naskah atau buku dari bahasa inggris ke bahasa indonesia saja. Ada banyak informasi di internet yang tersedia dalam bahasa asing dan butuh diterjemahkan agar lebih mudah dipahami. Ada pula konten atau karya bagus dari dalam negeri yang butuh dikenalkan kepada dunia sehingga harus diterjemahkan ke berbagai bahasa. Di sinilah peran penerjemah sangat dibutuhkan.

Untuk meningkatkan kepercayaan dan reputasi kamu sebagai penerjemah, jangan lupa lengkapi portofoliomu dengan sertifikasi yang diperlukan ya, kamu juga bisa bergabung ke komunitas Himpunan Penerjemah Indonesia (HPI) untuk memperkuat koneksi dan membuka peluang jasa online yang lebih besar.

15. Jual Ebook

Satu lagi peluang bisnis jasa online bagi kamu yang memiliki skill menulis. Berjualan ebook kini semakin mudah seiring dengan kemajuan teknologi. Ebook atau buku digital pun kini semakin banyak peminatnya karena praktis dan bisa diakses dimana saja.

Kalau kamu memiliki buku hasil tulisanmu sendiri, kamu bisa jual ebook secara online lewat toko buku digital seperti BukaBuku, Karya Virtual hingga Google Play Store. Selain itu, kamu juga bisa memasarkan ebook yang kamu tulis lewat sosial media pribadi atau website dan blog.

Premi hanya Rp12 ribu per hari, kamu bisa peroleh perlindungan asuransi kesehatan keluarga untuk 5 anggota keluarga. Semua dalam 1 polis asuransi.

16. Agen Properti

Jika dulu agen properti harus rajin berkeliling untuk memasarkan properti dan menawarkannya pada calon pelanggan, kini pekerjaan ini justru jadi salah satu jenis jasa online. Apalagi jika kamu sudah berpengalaman sebagai agen properti yang terpercaya.

Sebagai agen properti yang menyediakan jasa online, kamu akan bertugas untuk memaksimalkan iklan online dan melakukan transaksi. Oleh karena semuanya dilakukan secara online, maka kamu harus memberikan pelayanan yang maksimal. 

Jika berhasil menjual properti secara online, kamu akan mendapatkan keuntungan berupa komisi yang telah disepakati di awal. Sebagai agen properti kamu bisa melakukan pekerjaan ini secara mandiri atau bergabung ke platform penyedia jasa penjualan properti yang terpercaya.

17. Peluang Usaha Online Fotografer

Kalau kamu hobi foto dan memiliki skill serta peralatan yang memadai untuk menjadi fotografer, tak ada salahnya menjadikan profesi ini sebagai cara untuk menghasilkan uang dari rumah. Ada banyak pilihan dan cara bagi fotografer untuk mendapatkan keuntungan.

Misalnya dengan memberikan jasa online virtual photoshoot. Metode ini sempat booming di awal masa pandemi dan masih banyak digemari sampai saat ini. Kamu juga bisa membuat studio kecil-kecilan di rumah dan menyediakan jasa foto berbayar.

Atau jika selama ini kamu sudah memiliki stok foto yang bagus hasil dari hunting di berbagai tempat, coba edit foto tersebut dan jual ke situs penyedia foto seperti Freepik atau Pixabay. Kamu akan mendapatkan credit yang bisa ditukarkan menjadi uang dari setiap foto yang didownload oleh orang lain di situs tersebut.

18. Influencer

Tak hanya artis yang bisa menjadi influencer, kamu pun bisa loh. Sebab ada banyak bisnis kecil dan menengah yang butuh figur dengan tarif terjangkau untuk mempromosikan produk mereka. Ini bisa jadi pilihan jasa online tanpa modal untuk kamu lakoni.

Strategi marketing menggunakan influencer juga kini banyak dilakukan brand besar untuk menjangkau target market yang lebih luas.

Kalau saat ini kamu masih berstatus sebagai influencer nano, terus konsisten untuk meningkatkan tampilan sosial media kamu dan pelajari bagaimana cara promosi produk yang baik agar secara perlahan kamu akan merangkak naik menjadi influencer mikro, makro, dan bahkan premium. Semakin tinggi status influencer, tentu saja semakin besar pula keuntungan yang didapat dari mempromosikan produk.

19. Podcaster

Podcast kini menjadi salah satu konten yang banyak diakses oleh anak muda. Oleh sebab itu tak sedikit pula podcaster yang mendulang keuntungan dari sana.

Menjajal jasa online sebagai podcaster artinya kamu perlu membangun sebuah channel yang menyediakan konten audio on demand yang bisa diakses secara online. Kamu bisa mulai dengan konten apa saja, mulai dari bahasan kehidupan, monolog, atau dialog yang bermanfaat.

Jika sudah memiliki banyak pendengar, kamu bisa melakukan monetizing untuk mendapatkan penghasilan dari iklan, afiliasi, dan lainnya. 

Temukan rekomendasi 500+ produk asuransi terbaik, mulai dari kesehatan, kendaraan, hingga perjalanan di Lifepal. Harga lebih hemat dan gratis konsultasi!

20. Youtuber

Kalau selama ini kamu hanya menjadi penikmat konten-konten di Youtube, coba lakukan sebaliknya. Sebab saat ini Youtuber merupakan salah satu profesi yang menjanjikan lantaran bisa membuat para pembuat konten meraup untung sampai  puluhan juta rupiah per bulan dari channel YouTube miliknya.

Sama halnya dengan podcast, kamu perlu membuat konten yang bermanfaat dan banyak diminati orang agar bisa melakukan monetizing. Ada banyak sumber penghasilan yang bisa kamu dapatkan dari Youtube, mulai dari iklan, afiliasi maupun penjualan produk yang kamu pasarkan sendiri. Belum lagi jika kamu mendapatkan sponsor atau tawaran kerjasama, tentu cuannya akan lebih besar.

Meski begitu, kunci kesuksesan sebagai Youtuber adalah kamu harus konsisten membuat konten agar pengunjung selalu tertarik menonton video yang kamu buat.

Itu dia 20 Peluang Usaha Jasa Online yang Menghasilkan Uang rekomendasi dari Lifepal. Kalau ditanya mana yang paling menguntungkan, jawabannya ya semuanya, tergantung dari keahlian dan usahamu juga. 

Tak usah berkecil hati jika belum menemukan jasa online yang cocok. Sebab pada dasarnya semua keterampilan itu bisa dipelajari. Jadi kamu sebetulnya gak usah takut buat coba hal baru. Jadi, tertarik buat merealisasikan peluang usaha jasa online di atas?

Peluang usaha online mana yang paling menguntungkan?

Kalau ditanya mana yang paling menguntungkan, jawabannya ya semuanya, tergantung dari keahlianmu juga. Tapi semua keterampilan itu pada dasarnya bisa dipelajari. Jadi kamu sebetulnya gak usah takut buat coba hal baru.

Tertarik buat merealisasikan peluang usaha online di atas? Atau mungkin kamu udah punya usaha lain yang lebih menjanjikan?

Kalau kamu punya pertanyaan terkait tips mengelola bisnis dan usaha sekaligus mendapatkan rekomendasi kepada berbagai produk asuransi yang ada di Indonesia, konsultasikan saja di Tanya Lifepal!

Pertanyaan seputar peluang usaha online

Apa itu usaha dibidang jasa?

Usaha bidang jasa online adalah sebuah usaha yang menggunakan tenaga, ilmu dan keahlian tertentu bermodal internet. Pelaku usaha ini akan dibayar sesuai dengan jasa yang diberikan.

Usaha jasa UMKM apa saja?

UMKM bidang jasa contohnya reparasi sepeda motor, servis laptop dan handphone, servis peralatan elektronik, tukang potong rambut, tambal ban, salon kecantikan, fotografer, penyewaan kostum pesta, acara karnaval, baju budaya Indonesia dan masih banyak lagi.

Jalankan bisnis jasa online akan makin nyaman kalau kesehatan terlindungi dengan asuransi. Temukan rekomendasi 500+ produk asuransi terbaik, mulai dari kesehatan, kendaraan, hingga perjalanan di Lifepal. Harga lebih hemat dan gratis konsultasi!