Tanpa Modal Sepeserpun! Ini 12 Ide Bisnis Online Perlu Kamu Coba

bisnis online tanpa modal

Bisnis online tanpa modal bukan hanya mimpi semata lho apalagi dengan kemajuan teknologi semuanya bisa terlaksana. Kamu nggak perlu tanya lagi “memang bisa”? karena jawabannya sudah pasti bisa!

Modal terpenting yang harus kamu siapkan cuma niat, kreativitas, dan jeli melihat peluang aja kok. Kamu juga bisa memanfaatkan peralatan yang udah kamu punya sebelumnya, misalnya laptop, ponsel pintar, dan koneksi internet. 

Penasaran apa aja bisnis online yang bisa menghasilkan keuntungan yang lumayan? Sebelumnya cari tahu dulu yuk serba-serbi bisnis online!

Apa bisnis online itu?

Sederhananya, bisnis online adalah usaha yang memanfaatkan internet sebagai tempat kamu jualan. Ini berbeda dengan bisnis konvensional yang harus menyewa tempat, membeli stok barang, dan membayar karyawan untuk jaga toko.

Dengan berbisnis online, kamu bisa berjualan dari mana saja dan kapan saja tetapi tetap dapat untung yang besar. Bahkan kalau kamu tekun dan pintar melihat peluang, keuntungan yang kamu dapatkan gak kalah lho dengan bisnis konvensional. 

Apalagi sekarang banyak orang yang memilih beli online daripada harus keluar rumah di masa pandemi Covid-19. Tinggal pintar-pintar kita aja liat kesempatan yang ada.

Keuntungan bisnis online banyak banget, lho!

Selain gak perlu repot merogoh kocek dalam-dalam buat sewa atau beli ini dan itu, ada lagi keuntungan bisnis online yang perlu kamu tahu. Ini selengkapnya.  

Gampang dikerjakan

Bisnis online itu gampang banget dilakukan. Asalkan punya ponsel pintar, laptop, dan koneksi internet stabil, kamu sudah bisa mulai berbisnis. Kamu juga bisa menentukan sendiri jam kerjamu, gak ada batasan waktu buat bisnis online. Bahkan kamu bisa berbisnis sambal rebahan di kamar. Bisnis online memang cocok banget deh buat kaum rebahan.

Menjangkau lebih banyak pasar

Kalau bisnis konvensional cuma diakses pembeli secara terbatas, bisnis online ini bisa diakses dari mana aja. Jadi pasar yang kamu bidik akan lebih luas. 

Gak terbatas pembeli di Indonesia, pembeli dari luar negeri pun bisa jadi bakal tertarik pada produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Modal minim? Gak masalah.

Punya bisnis konvensional mengharuskan kamu menyiapkan modal yang cukup besar. Tapi kalau mau buka bisnis online, modal pas-pasan juga bisa. 

Sebab ada beberapa bisnis online yang gak mengharuskan kamu punya stok barang untuk dijual. Pas buat kamu yang pengen dapat uang tambahan tapi minim modal.

Bebas menjual aneka produk

Tren dalam bisnis emang cepet banget berubah. Kalau kamu menjual barang yang lagi tren secara konvensional, bisa jadi saat trennya berubah. Produk yang kamu stok belum semua terjual, misalkan seperti itu, dapat merugikan lho.

Nah, kalau bisnis online, kamu bisa memiliki stok barang sedikit dan berubah terus mengikuti tren. Apa aja bisa kamu jual mulai dari makanan sampai jasa. Dengan begitu kerugian bisa ditekan serendah mungkin.

Daripada penasaran apa saja bisnis online tanpa modal, langsung aja cek di ulasan berikut ini.

1. Jadi dropshipper

Dropshipper beda dengan jadi pedagang atau reseller. Dropshipper adalah orang yang bertindak seperti agen yang menjual barang tanpa membeli barang tersebut untuk stok.

Bagaimana sih cara kerja dropshipper? Misalnya kamu jadi dropshipper dari produk kecantikan dari merek AB. Suatu ketika pembeli B memesan produk kecantikan lewat kamu. 

Pesanan dari si A ini kamu teruskan ke penjual D. Penjual D bakal menyiapkan barangnya dan mengirim ke pembeli B dengan nama kamu sebagai penjualnya. Dengan begitu kamu gak perlu nyiapin uang buat beli barang.

Untungnya dari mana? Keuntungan bisa kamu dapatkan dari selisih harga penjual D dengan harga yang kamu pasang secara online. Untungnya memang gak banyak sih tapi kamu gak perlu repot beli produk, nyiapin tempat, packing, dan tetek bengek lainnya.

2. Buka jasa titip alias jastip

Di Instagram udah banyak banget nih yang buka usaha ini, mulai dari jastip IKEA sampai produk-produk yang hanya dijual di luar negeri. Jastip memang memiliki kemiripan dengan dropshipper. Membuka bisnis jastip artinya kamu menerima titipan belanja dari orang lain dengan upah yang bisa kamu ambil sebagai keuntungan.

Caranya gampang banget, kamu tinggal datang ke tempat belanja yang banyak diminati orang terutama pas lagi diskon, foto deh barang-barang yang ada, dan unggah ke Instagram. Promosikan barang-barang itu dan bilang kalau kamu buka jastip. Gak ribet kan?

3. Social media influencer

Ini salah satu bisnis online menjanjikan yang ada di era media sosial (medsos). Social media influencer emang awalnya muncul dari medsos, mereka adalah figur yang punya pengaruh kuat dan punya banyak pengikut di medsos.

Apa aja ciri-ciri social media influencer? Pertama, pasti punya followers yang banyak. Kedua, setiap posting mereka dapat banyak like, respons, atau share. Cara dapat uangnya dari mana? Kamu bisa open endorse suatu produk tertentu, dari situ kamu akan dapat imbalan yang nilainya bisa fantastis! Jadi kalau kamu udah punya follower banyak, bisnis ini bisa dilirik.

4. Vlogger

Berapa sih penghasilan vlogger seperti Atta Halilintar, Baim Wong, dan Dedy Corbuzier? Jutaan bahkan bisa sampai milyaran! Jumlah yang fantastis itu mereka dapatkan dari bikin konten yang diunggah ke Youtube. Kontennya bisa tentang apa aja asal menarik dan banyak disukai orang.

Dapat duitnya dari mana? Ya dari endorse dan iklan atau adSense yang terpampang di video mereka. Kalau kamu pengen jadi vlogger, kamu bisa siapin konsep yang bagus, kamera atau hp, dan laptop buat ngedit video.

5. Jasa buat situs

Website atau situs internet makin dibutuhkan, baik oleh perorangan maupun perusahaan. Website ini bisa buat jualan, memajang karya, atau kebutuhan lainnya.

Banyak orang yang butuh website tapi ogah ribet bikinnya. Nah, kalau kamu udah punya skill bikin website, gak ada salahnya menjadikan ini sebagai ide bikin bisnis online tanpa modal. 

Harga yang kamu tawarkan bisa disesuaikan dengan rumitnya permintaan klien. Misalnya makin banyak fitur yang diminta seperti desain, jumlah halaman, dan statistik website maka makin mahal juga harganya.

6. Konsultan 

Kalau kamu punya keahlian yang bisa dibagikan ke orang banyak, kenapa gak buka jasa konsultan online? Misalnya kalau kamu pakar SEO, ilmu yang kamu miliki itu bisa kamu “jual” ke perusahaan rintisan yang butuh meningkatkan brand image mereka di dunia maya.

Modal untuk membuka bisnis konsultan ini gak mahal kok, kamu cuma perlu nyiapin laptop dan jaringan internet. Setelah itu kamu bisa mulai mempromosikan keahlian kamu di medsos. Jangan lupa cantumkan portofolio klien-klien yang sukses kamu pegang biar orang makin yakin dengan keahlianmu.

7. Jualan produk informasi 

Jualan info bisa jadi bisnis? Kenapa enggak. Banyak orang yang butuh info bermanfaat seperti panduan traveling ke luar negeri, tips sukses dapat beasiswa, dan info penting lainnya. Kebutuhan itu bisa kamu manfaatkan buat buka bisnis.

Informasi itu bisa kamu jual lewat podcast, video, e book, dan lain-lain. Kalau informasi yang kamu jual itu bermanfaat dan dibutuhkan, jangan takut sepi peminat.

8. Jasa desain grafis 

Nah, kalau kamu bisa gambar yang oke, kamu bisa buka jasa desain grafis. Jasa desain grafis ini bisa bermacam-macam bentuknya mulai dari desain website, desain undangan, logo perusahaan, merek, brosur, dan lain-lain. Tarif yang kamu tentukan bisa disesuaikan dengan tingkat kesulitan desain yang diminta.

9. Jadi penulis 

Sekarang makin banyak perusahaan yang butuh penulis lepas buat mempromosikan produk mereka. Gak heran kalau jasa penulis makin banyak dicari. Apalagi perusahaan kecil yang dana operasionalnya terbatas biasanya akan memilih membayar freelance content writer buat keperluan ini.

10. Admin media sosial 

Jago merangkai kata-kata yang asik dan menarik? Kamu mungkin cocok jadi admin medsos. Sama seperti content writer, jasa ini juga banyak banget yang butuh karena medsos udah jadi platform wajib buat memasarkan produk.

11. Jasa translate

Kalau kamu punya kemampuan bahasa asing yang mumpuni, jangan dianggurin. Mendingan kemampuan kamu itu dimanfaatkan buat buka jasa translate biar bisa jadi duit.

Apalagi sekarang banyak perusahaan asing yang mulai investasi di Indonesia atau pebisnis lokal yang mau memperluas pasar ke luar negeri. Buat keperluan itu, mereka butuh jasa translator buat menerjemahkan dokumen-dokumen penting. Jadi, peluangnya gede banget.

12. Joki game

Main game bisa menghasilkan uang lho. Gak percaya? Dari sumber Detik, bayaran buat jadi joki game Mobile Legends aja bisa sampai Rp 21 juta. Wow!

Bayaran yang fantastis itu sebanding dengan gengsi pare pemain game. Asal kamu tahu, Mobile Legends memang lebih fenomenal dari gamegame lainnya. Karena populer, makin tinggi rank si pemain, makin tinggi juga gengsinya.

Makanya banyak orang yang pakai jasa joki buat bikin rank setinggi-tingginya. Mereka gak segan-segan buat bayar mahal asalkan bisa membanggakan diri dengan rank yang tinggi.

Dari 12 bisnis online di atas, mana yang bikin kamu tertarik buat coba? Ingat-ingat ya, meski gampang kamu juga harus kreatif, dan inovatif untuk menjalankan bisnis online tanpa modal agar usahamu tetap berkembang, gak macet di tengah jalan.  

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →