Target Pasar: Pengertian, Manfaat, dan Faktor Penentu

Target Pasar

Menjalankan sebuah bisnis bukan hal yang cukup mudah. Salah-salah langkah malah bisa membuat bisnis jalan di tempat atau malah tidak bisa berjalan sama sekali. Tentunya kita tidak mau hal itu terjadi, bukan?

Nah, sebelum mengelola bisnis, kita harus menentukan target pasar terlebih dahulu. Apa yang dimaksud dengan target pasar dan bagaimana penerapannya?

Apa Itu Target Pasar?

Apa Itu Target Pasar

Target pasar adalah suatu kelompok konsumen yang menjadi sasaran pendekatan suatu bisnis atau perusahaan untuk membeli produk yang dijual. Target market biasanya dikelompokkan berdasarkan rentang umur, sifat, atau karakter dan kebiasaan yang hampir sama.

Menentukan target market merupakan sebuah upaya mengelompokkan masyarakat berdasarkan segmentasi tertentu. Melalui segmentasi ini, kita dapat mengolah data yang diperoleh dan menentukan segmen manakah yang paling cocok dengan karakteristik bisnis yang kita bangun.

Dengan kata lain, target pasar merupakan istilah fundamental yang harus diketahui oleh setiap pelaku usaha. Target pasar adalah sekumpulan konsumen yang menjadi sasaran perusahaan untuk membeli produk yang dijual. Dengan menentukan target market, kita dapat membagi selera konsumen ke dalam sifat dan ciri-ciri masing-masing.

Sebelum menentukan target market, perusahaan harus terlebih dahulu melakukan segmentasi pasar. Segmentasi pasar adalah proses memecah kelompok heterogen dari calon konsumen menjadi kelompok homogen atau lebih kecil. Segmentasi harus dilakukan sebelum menentukan target market.

… Tips Lifepal! Dapatkan hingga 30 juta per bulan dengan menjadi agen asuransi Lifepal

Manfaat Menentukan Target Pasar

Lalu, apa manfaat dari mengetahui target pasar dan mengapa kita harus menentukannya sejak awal? Manfaat yang kita bisa dapatkan sebagai berikut.

  • Dapat menempatkan gagasan pemasaran dengan lebih jelas.
  • Dapat mengatur produk menjadi lebih baik.
  • Dapat menemukan dan membandingkan kesempatan pasar.
  • Dapat mengelompokkan budget yang dimiliki secara tepat.
  • Dapat memudahkan dalam menyesuaikan produk dan strategi marketing yang sesuai dengan target market.
  • Dapat mengantisipasi adanya persaingan.
  • Dapat membidik peluang pasar yang lebih luas.
  • Dapat menempatkan gagasan pemasaran dengan lebih jelas.

Dengan menerapkan target pasar, perusahaan bisa mengembangkan posisi produk dan strategi pemasaran atas setiap target market yang bersangkutan. 

Faktor Penting saat Menentukan Target Pasar

Faktor Penting saat Menentukan Target Pasar

Sebelum menentukan target pasar, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan terlebih dahulu, yaitu:

1. Menetapkan ukuran segmen

Sebelum menentukan target pasar, perhatikan terlebih dahulu ukuran segmen yang akan dituju untuk memutuskan apakah perihal tersebut cukup menjanjikan untuk dilanjutkan atau tidak.

Perusahaan besar pada umumnya cenderung memilih segmen pasar yang besar pula, begitu juga sebaliknya, perusahaan kecil akan memilih segmen pasar yang lebih kecil. Hal ini bertujuan agar perusahaan dapat menyesuaikan target sesuai dengan kemampuan finansial dan ruang lingkup pemasaran masing-masing.

2. Pertumbuhan segmen

Setelah menentukan ukuran segmen, saatnya menganalisis pertumbuhan segmen. Kegiatan menganalisis pertumbuhan segmen sangat diperlukan sebelum menentukan target pasar.

Perhatikan pertumbuhan segmen yang akan dituju untuk melihat kemungkinan bisnis akan berkembang di masa yang akan datang.

3. Analisis situasi

Selanjutnya, lakukan analisis situasi dengan cermat sebelum menentukan target pasar. Analisis situasi tersebut berhubungan dengan konsumen, pemasok, dan distributor dengan menggunakan analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats).

4. Pertimbangkan sumber daya perusahaan

Sebelum menentukan target pasar, pertimbangkan juga sumber daya yang didapat perusahaan. Apabila sumber daya perusahaan didapat dari kerja sama dengan pihak luar, maka kita harus berhati-hati. Hal ini karena keuntungan dan risiko akan ditanggung bersama.

5. Perhatikan dana yang tersedia

Terakhir, sebelum menentukan target pasar, perhatikan juga dana yang disediakan perusahaan. Apabila perusahaan menyediakan dana yang sedikit, jangan mengambil risiko untuk menentukan target market yang besar. Usahakan keseimbangan antara dana dan target market yang menjadi sasaran tujuan.

Sebuah segmen target market juga harus disesuaikan dengan kegiatan pemasaran perusahaan, jika segmen yang dipilih ternyata tidak cocok, maka sebaiknya tidak perlu untuk dilakukan. Oleh sebab itu, identifikasi mengenai segmen target market yang akan dituju wajib dilakukan dengan sangat teliti.

Contoh Penerapan Target Pasar

Terakhir dan penting juga untuk dipahami adalah contoh penerapan target market. Anggaplah kita seorang pengusaha di bidang mode wanita, maka contoh target pasar yang bisa diterapkan sebagai berikut.

  • Produk yang dijual: Mode wanita yang dijual via online.
  • Target lokasi: Kota-kota besar di Indonesia.
  • Target demografi: Wanita dengan rentang usia 20-40 tahun.
  • Karakter psikologis: Terbiasa dengan internet dan media sosial, serta mengikuti perkembangan tren mode terkini.

Sebelum memulai bisnis, penentuan target market memang penting dilakukan untuk mengetahui target sasaran konsumen yang perusahaan kita incar. Selain itu, kita juga harus pintar mengelola keuangan jika ingin bisnis kita terus maju dan berkembang.

Nah, itulah pengertian, manfaat, dan contoh target pasar. Sangat penting untuk menentukan target market sebelum kita memulai bisnis. 

Satu lagi, Guys! Skala bisnis akan meningkat seiring waktu, tapi kita tidak boleh mengabaikan proteksi atas kesehatan kita. Lifepal memiliki solusinya dengan menawarkan produk asuransi kesehatan terbaik. 

Hebatnya lagi, di sini kita tidak hanya bisa mendapatkan referensi asuransi pribadi, namun karyawan perusahaan kita pun bisa mendapatkan proteksi juga. Yuk, cari tahu lebih lengkap di Lifepal sekarang!

Bagi kamu yang pengin tahu lebih banyak tentang bisnis, yuk simak tanyajawab menarik bersama ahlinya di Tanya Lifepal!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →