Pos Indonesia: Penjelasan, Layanan, dan Tarifnya

Limit Kartu kredit

Teknologi jasa kurir di Indonesia terus berkembang mengikuti zaman. Hal ini ditanggapi PT Pos Indonesia (Persero) dengan berinovasi dalam menghadapi persaingan. 

Salah satu caranya adalah dengan menetapkan tarif pos Indonesia yang lebih terjangkau, namun dengan tetap mengedepankan peningkatan kualitas layanan untuk seluruh pelanggannya.

Sejarah Singkat PT Pos Indonesia

 tarif pos indonesia dan layanannya
Sumber gambar: Bumn.go.id

Berdiri sejak era kolonialisme Belanda dengan nama Kantorpos Batavia (Jakarta), tepatnya di tahun 1746, pada mulanya didirikan untuk menjamin keamanan surat-surat penduduk, terutama bagi mereka yang berdagang di luar pulau Jawa dan kerap bepergian ke Negeri Belanda. 

Seiring perkembangan zaman, Pos Indonesia pun melakukan beberapa inovasi seperti mengadakan layanan pengiriman paket, dokumen, uang, dan sebagainya. 

Meski begitu, penyedia jasa pengiriman (ekspedisi)  ini tetap teguh pada visi misi utamanya, yaitu memberikan pelayanan publik dan tidak bersifat komersial. 

Layanan PT Pos Indonesia

pengiriman tarif pos indonesia

Pos Indonesia melayani jasa pengiriman barang dalam skala domestik maupun internasional. Berikut ini beberapa pembagian layanannya: 

Pengiriman domestik 

Layanan pengiriman domestik Pos Indonesia juga tergolong sangat lengkap dan bahkan lebih unggul jika dibandingkan dengan pesaing ekspedisi lainnya. 

1. Kurir Ekspres 

Berat maksimal layanan Pos Ekspres adalah 50 kg dengan standar waktu tempuh pengiriman barang satu hari. Keunggulannya adalah tarif harga pasti atau flat price. 

2. Kurir Kilat Khusus

Berat maksimal layanan Kilat Khusus adalah 50 kg dengan standar waktu tempuh pengiriman barang dua sampai sembilan hari. Sedangkan tarifnya ditentukan berdasarkan berat barang. 

3. Kurir Jumbo Ekonomi

Perhitungan tarif layanan Jumbo Ekonomi dimulai dengan tingkat berat pertama tiga kilogram dan tarif selanjutnya disesuaikan dengan kenaikan setiap satu kilogram berikutnya hingga berat 30 kg. Sedangkan standar waktu pengirimannya maksimal 14 hari setelah barang diproses. 

4. Kurir Reguler 

Berat maksimal layanan Kurir Reguler adalah dua kilogram dengan standar waktu pengiriman barang dua minggu (14 hari). Tarif yang digunakan pun berbeda-beda tergantung wilayahnya. 

5. Logistik Kargo

Layanan pengiriman logistik kargo terbagi dalam tiga kategori, yaitu menggunakan kereta api, pesawat, atau keduanya. Untuk pengiriman kargo menggunakan kereta api dan pesawat, Anda bisa memilih layanan door to door, port to door, door to port, atau port to port. 

  • Door to door, barang diambil di alamat pengirim dan diantar ke alamat tujuan penerima. 
  • Port to door, pengirim mengirimkan barangnya ke kantor pos dan diantar ke alamat tujuan penerima. 
  • Door to port, barang diambil di alamat pengirim dan diambil kembali oleh penerima barang di kantor pos tujuan. 
  • Port to port, pengirim barang mengirimkan barangnya ke kantor pos dan diambil kembali oleh penerima barang di kantor pos  tujuan. 

6. Logistik Pergudangan

Logistik Pergudangan menawarkan layanan jasa penyimpanan barang dalam jumlah dan waktu tertentu yang kemudian barang tersebut akan dikirim ke lokasi sesuai permintaan. 

7. Logistik Ekspor dan Impor

Sesuai dengan namanya, layanan ini ditujukan untuk para pemilik bisnis ekspor dan impor yang membutuhkan layanan pengiriman barang dengan moda transportasi laut dan udara. 

Pengiriman internasional 

Tidak hanya melayani pengiriman domestik, Pos Indonesia juga menerima pengiriman internasional. Untuk layanan ekspedisi internasional juga telah dilengkapi fitur lacak barang sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan risiko kemungkinan barang hilang.

1. Paket Pos Cepat

Berat maksimal layanan Paket Pos Cepat adalah 30 kg dengan standar waktu pengiriman barang enam hingga 10 hari. Layanan ekspedisi internasional ini menjangkau 195 negara tujuan. 

2. Express Mail Service (EMS)

EMS menawarkan layanan pengiriman barang dari dan ke luar negeri dengan standar waktu pengiriman barang maksimal lima hari.

3. Pos Ekspor

Pos Expor adalah layanan pengiriman barang internasional yang mengutamakan pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM). Layanan ekspedisi ini menerima pengiriman barang di atas 30 kg sampai 300 kg. 

4. E-Packet 

E-Packet memiliki konsep pengiriman barang yang serupa dengan layanan reguler. Di mana Anda dapat melakukan pengiriman dengan maksimum berat barang dua kilogram dan waktu tempuh pengiriman barang enam sampai sepuluh hari. 

Kelebihan dan Kekurangan PT Pos Indonesia

perbandingan tarif pos indonesia

Hadirnya Pos Indonesia memberikan kemudahan bagi masyarakat Indonesia dalam melakukan pengiriman barang dan dokumen. Meski begitu, layanan ini tentu juga tidak luput dari kekurangan. 

Mari kupas kelebihan dan kekurangan dari layanan ekspedisinya bersama-sama: 

1. Kelebihan ekspedisi Pos Indonesia

Telah memberikan layanan jasa pengiriman selama lebih dari 200 tahun, PT Pos Indonesia terus melakukan inovasi yang menguntungkan, seperti: 

  • Tarif Pos Indonesia lebih terjangkau. 
  • Dapat diakses secara online
  • Ada tarif khusus untuk pengiriman paket ukuran besar. 
  • Menjangkau hampir setiap kecamatan di Indonesia. 

2. Kekurangan ekspedisi Pos Indonesia

Terlepas dari keuntungan layanan yang ditawarkan, PT Pos Indonesia juga tak luput dari kekurangan, seperti:

  • Kantor pos tutup di hari libur. 
  • Tidak bekerjasama dengan banyak marketplace. 

Langkah-Langkah Cek Tarif Pos Indonesia 

tarif pos indonesia di situsnya

Jika tertarik menggunakan layanan ekspedisi, Anda bisa cek tarif layanannya dengan mengikuti langkah-langkah mudah berikut:

  • Kunjungi situs www.posindonesia.co.id.
  • Sesuaikan data pada kolom Hitung Tarif Pengiriman. 
  • Klik Cek Tarif dan estimasi harga pengiriman barang akan muncul pada layar. 

PT Pos Indonesia menjadi layanan ekspedisi paling lama berdiri di Indonesia. Tentu dengan begitu sudah terbukti bahwa jasa ekspedisi mereka menjadi salah satu yang paling bisa diandalkan. Tidak hanya itu, tarif Pos Indonesia pun dinilai lebih terjangkau sehingga terasa lebih bersahabat di kantong kita.

 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →