Tarik Tunai dan Bertransaksi dengan Ponsel, Tanpa Perlu Buka Buku Tabungan, Ya Rekening Ponsel Dong

Telah Ditinjau: Avatar Aulia Akbar
rekening ponsel

Rekening Ponsel. Itulah sebutan layanan sebuah bank di Indonesia yang memungkinkan siapa saja bertransaksi perbankan hanya dengan nomor ponsel. Entah itu transfer, tarik tunai, sampai shopping, bisa dilakukan cukup dengan ponsel dan tanpa perlu punya rekening bank dulu.

 

Kok bisa?

 

Yup, Rekening Ponsel merupakan cara baru yang menjadikan nomor ponsel sebagai nomor rekening bank. Lantaran diperlakukan seperti rekening bank, maka nomor ponsel itu ‘berlaku’ pula untuk mengakses semua layanan bank.

 

Ketika punya Rekening Ponsel itu seolah-olah bawa buku tabungan ke mana-mana. Tapi ‘buku tabungan’ ini berwujud ponsel sehingga membuat praktis semua aktivitas transaksi perbankan seperti setor tunai, tarik tunai, transaksi di ATM, cek saldo, riwayat transaksi, dan bayar tagihan.

 

Rekening ponsel ini bisa lintas operator, lho. Semua nomor ponsel dari operator selular yang ada di Indonesia bisa dijadikan Rekening Ponsel.

 

Asyiknya, Rekening Ponsel tak pakai biaya administrasi dan tak dikenai bunga. Jadi uang yang ada di Rekening Ponsel tetap utuh sampai kapan pun sepanjang tak ada transaksi yang dilakukan. Bahkan kalau saldonya Rp 0,-, Rekening Ponsel tetap dalam kondisi aktif alias tidak freeze (dibekukan).

 

Tinggal pastikan saja pulsa di ponsel mencukupi saat bertransaksi. Tiap kali bertransaksi ada biaya pulsanya (via SMS) atau paket data (internet).

 

Nilai Lebih Rekening Ponsel

Ada begitu banyak fitur-fitur yang dijejali di Rekening Ponsel. Berikut ini kelebihan yang langsung dirasakan ketika menggunakan Rekening Ponsel.

 

rekening ponsel 1

 

1.Bertransaksi di ATM tanpa kartu ATM

Ponsel bisa mengaktifkan dan mengendalikan mesin ATM. Kenapa bisa? Ya karena Rekening Ponsel membuat nomor ponsel sebagai pengganti kartu ATM.

 

Ketika di mesin ATM, cukup masukkan nomor ponsel. Kemudian mesin ATM akan membalas dengan mengirimkan semacam passcode (password sementara) ke nomor ponsel agar dapat melanjutkan transaksi.

 

Atau kalau pun tak ada ATM yang terdekat, penarikan tunai bisa pula dilakukan di gerai Indomaret/Alfamaret. Kedua minimarket itu sudah berkerjasama dengan pihak bank yang mengadakan Rekening Ponsel sebagai kepanjangan tangan dalam transaksi keuangan.

 

2.Bayar tagihan

Semua tagihan bisa diselesaikan Rekening Ponsel. Sebut saja kartu kredit, angsuran, premi asuransi, layanan TV kabel, telepon, dan lain sebagainya. Caranya? Ya tinggal utak atik Rekening Ponsel tanpa harus mampir ke bank atau ke ATM.

 

3. Berbelanja di merchant yang sudah bekerjasama dengan CIMB Niaga

Rekening Ponsel bisa digunakan layaknya e-money. Saat di depan kasir, cukup sebutkan nomor Rekening Ponsel. Kemudian kasir akan meng-input nomor itu dalam tagihan belanjaan.

 

Beberapa saat kemudian nasabah akan mendapat notifikasi berupa SMS. Balas SMS itu dengan PIN/m-banking, lalu seketika itu juga semua belanjaan tuntas dilunasi.

 

Asyiknya lagi, ada banyak promosi menarik yang ditawarkan jika bertransaksi dengan Rekening Ponsel. Misalnya diskonan harga, beli satu dapat dua, dan lain-lain. Gerai yang rajin kasih penawaran di antaranya di J.Co, BreadTalk, dan Seven Eleven.

 

4.Tak ada ketentuan saldo minimum

Seluruh isi di Rekening Ponsel bisa digunakan tanpa tersisa. Tak ketentuan untuk meninggalkan saldo minimum seperti di produk rekening tabungan. Jadi kalau punya saldo Rp 100 ribu di Rekening Ponsel, semua saldo itu bisa dihabiskan untuk bertransaksi.

 

rekening ponsel 2

 

5.Pakai ponsel dan terjamin keamanannya

Suka alami lupa nomor rekening bank kan? Beda sama Rekening Ponsel di mana nomornya sama dengan nomor ponsel jadi bakal keingetan terus.

 

Kemudian, ponsel menjadi barang bawaan wajib ke mana pun pergi. Ibarat kata, ponsel itu jadi nyawa kedua. Dari bangun tidur sampai tidur lagi pasti ponsel enggak bakalan jauh-jauh dari jangkauan. Bahkan seseorang lebih inget bawa ponsel dari dompetnya sendiri. Kalau ketinggalan pun akan dibela-belain pulang untuk mengambil.

 

Yang tak kalah penting, Rekening Ponsel ini pakai sistem PIN dalam bertransaksi layaknya ATM atau e-banking. Sistem keamanan ini dirancang agar semua transaksi benar-benar dilakukan oleh orang yang berkepentingan.

 

Kalau ponselnya hilang? Don’t panic. Kan ada PIN dan juga passcode. Selama yang nemu ponsel enggak tahu PIN dan passcode itu, otomatis uang yang ada di Rekening Ponsel tetap utuh. Rekening Ponsel hanya bisa dibuka lewat passcode dan tiap transaksi menggunakan PIN.

 

Cara Buka Rekening Ponsel

Bagi nasabah, tinggal aktifkan saja fitur aplikasi GoMobile langsung via ponsel di berbagai platform ponsel seperti Android maupun iOS. Artinya, ponsel berplatform Windows sementara ini belum bisa. Begitu aktif maka secara otomatis Rekening Ponsel akan aktif.

 

Lain halnya dengan non nasabah yang mesti datang dulu ke kantor cabang bank yang bersangkutan. Bawa KTP dan salinannya plus nomor ponsel dengan pulsa yang mencukupi.

 

Tenang, enggak diminta buka rekening tabungan CIMB Niaga kok karena tak ada keharusan punya rekening bank dulu untuk memanfaatkan fitur di Rekening Ponsel.

 

Cara Isi Nominal Rekening Ponsel

Ada banyak cara untuk menambah saldo di Rekening Ponsel. Paling konvensional itu dengan menyetor ke teller bank yang bersangkutan. Atau bisa juga minta tolong teman yang punya Rekening Ponsel menyetorkan sejumlah dana.

 

Kalau mau lebih praktis ya transfer dari bank di mana kita punya tabungan. Rekening Ponsel bisa ‘menampung’ transferan dari bank lain kok.

 

Oh ya, sementara ini saldo maksimal yang bisa disimpan di Rekening Ponsel baru Rp 5 juta. Angka itu terbilang cukuplah untuk petty cash.

 

rekening ponsel 3


Intinya, asyikkan pakai Rekening Ponsel untuk berbagai keperluan transaksi. Jangan cuma ponselnya saja yang cerdas, si empunya juga mesti cerdas memaksimalkan perangkatnya untuk kebutuhan transaksi online.

 

 

 

Image credit:

  • https://api.dailysocial.net/wp-content/uploads/2013/04/RekPon_rev.jpg
  • http://pbs.twimg.com/media/BOvPGDbCAAElsgy.jpg:large
  • http://assets.kompas.com/data/photo/2013/03/28/1122232-rekening-ponsel-620X310.JPG
Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →