Biar Gak Tekor Saat Tarik Tunai Kartu Kredit BCA, Cek Ini Dulu!

Kartu kredit BCA (IG bcacreditcard.id)

Tarik tunai kartu kredit BCA  jadi salah satu hal yang bisa diandalkan buat mendapat uang cash untuk kamu salah satu pengguna kartu kredit BCA.

Apalagi, kalau uang cash yang dibutuhkan nominalnya terbilang besar. Kebetulan limit masih utuh, tarik tunai kartu kredit BCA dalam jumlah besar pasti bisa dilakukan.

Namun, sering-sering tarik tunai kartu kredit pada dasarnya gak baik. Terlebih dengan mempertimbangkan kondisi keuangan. Tentu aja, terus-terusan melakukan tarik tunai bisa bikin pengeluaranmu habis tersedot untuk mengembalikan uang yang kamu pinjam tersebut.

Emangnya kamu mau tiap bulan sebagian besar pengeluaranmu cuma buat bayar pinjaman tarik tunai? Gak mau, kan?

Karena itu, sebaiknya perhatikan hal-hal berikut ini sebelum benar-benar melakukan tarik tunai kartu kredit BCA:

1. Tarik tunai kena biaya 4 persen

Kartu kredit BCA (IG Goodlifebca)
Kartu kredit BCA (IG Goodlifebca)

Benar banget, melakukan tarik tunai kartu kredit itu ada biayanya. Dan, setiap bank nominalnya berbeda-beda. Kalau melakukan tarik tunai kartu kredit BCA, kamu bakal dikenakan biaya 4 persen atau minimal Rp 40 ribu.

Biaya 4 persen dari jumlah penarikan tersebut berlaku buat kartu kredit BCA Visa ataupun Mastercard. Begitu pun dengan tarik tunai kartu kredit BCA di luar negeri. Biaya yang dikenakan sebesar 4 persen atau minimal Rp 40 ribu.

Namun, buat kartu kredit BCA Card, ada pengecualian. Tarik tunai dengan menggunakan kartu kredit ini dikenakan biaya 3 persen.

2. Limit 40 persen dari limit kartu

Kartu kredit BCA (IG bcacreditcard.id)
Kartu kredit BCA (IG bcacreditcard.id)

Sekalipun kamu punya kartu kredit BCA dengan limit Rp 50 juta, bukan berarti kamu bisa ambil uang cash sesuai besaran limit tersebut. Asal tahu aja, tarik tunai kartu kredit BCA itu juga ada limitnya lho!

Bank BCA mematok limit tarik tunai kartu kredit sebesar 40 persen dari sisa limit kartu. Jadi, kalau limit yang tersisa di kartumu Rp 50 juta, kamu cuma bisa lakukan tarik tunai Rp 20 juta.

Kalau pengin maksimal, kamu sebaiknya jangan menggunakan dulu kartu kreditmu. Dengan begitu, limitnya tetap utuh alias gak berkurang.

3. Penarikan tunai dilakukan di ATM

Penarikan tunai di ATM (IG bcacreditcard.id)
Penarikan tunai di ATM (IG bcacreditcard.id)

Kalau pengin melakukan tarik tunai kartu kredit BCA, jangan sampai salah tempat ya. Penarikan kartu kredit sejauh ini cuma bisa dilakukan di mesin ATM. Jadi, saat kamu hendak mengambil uang cash dari kartu kredit, transaksikan di mesin ATM.

Lalu, gimana langkah-langkah tarik tunai kartu kredit BCA di ATM? Berikut langkah-langkahnya:

  • Pergi ke ATM BCA yang berada di sekitar
  • Masukkan kartu kredit
  • Pilih menu Transaksi atau pilih nominal tarik tunai yang tersedia
  • Pilih menu Cash Advance. Sementara buat yang memilih nominal yang tersedia, selanjutnya pilih menu Kartu Kredit. Kemudian tekan Ya atau Tidak saat keluar opsi cetak struk. Setelah itu, transaksi selesai
  • Buat yang pilih menu Cash Advance, pilih Tunai
  • Nanti bakal keluar pilihan nominal tarik tunai atau jumlah lainnya
  • Setelah memilih, uang akan keluar yang diikuti dengan keluarnya struk dan transaksi pun selesai.

4. Selain bayar biaya, bayar bunga juga

Inilah kenapa tarik tunai kartu kredit gak disarankan. Selain harus bayar biaya tarik tunai, kamu juga diwajibkan bayar bunga uang yang telah ditarik.

Besaran bunga yang dipatok buat tarik tunai kartu kredit BCA sama dengan besaran bunga cicilan kartu kredit, yaitu 2,25 persen. Makanya seandainya gak perlu-perlu amat, ada baiknya hindari melakukan tarik tunai deh!

5. Bayar langsung lunas, gak bisa dicicil

Kartu kredit BCA (IG Goodlifebca)
Kartu kredit BCA (IG Goodlifebca)

Ini juga yang harus jadi pertimbangan saat melakukan tarik tunai kartu kredit BCA. Pembayaran uang yang telah kamu tarik gak bisa dengan cara dicicil. Jadi, kamu harus mengembalikan uang tarik tunai itu sepenuhnya ditambah dengan bunganya.

Beratnya nih, karena adanya beban bunga, menunggak pembayarannya sama aja memperbesar bunga yang harus kamu bayarkan. Karena itu, jangan sampai telat, apalagi menunggak ya!

Dengan memerhatikan hal-hal di atas, amat disarankan memanfaatkan tarik tunai kartu kredit BCA buat kondisi-kondisi yang sifatnya darurat. Jadi, kamu sebaiknya selektif dalam melakukan tarik tunai biar gak tekor nantinya. (Editor: Chaerunnisa)