Kecerdasan Buatan Hingga 5G, Ini Deretan Teknologi Digital yang Bakal Menginvasi Dunia

Bitcoin salah satu Teknologi Digital yang Bakal Menginvasi Dunia Tahun 2020 (Shutterstock).

Perkembangan teknologi digital yang tumbuh secara masif dalam beberapa tahun belakangan ini emang gak bisa dipungkiri lagi mendorong masyarakat untuk mengikuti dari sisi gaya hidup.

Contohnya seperti migrasi teknologi 3G ke 4G yang baru masuk ke Indonesia di tahun 2018 dan 2019 ini. Gak hanya itu, ada juga upaya pemerintah yang pengin siaran tv analog segera pindah ke tv digital sesegera mungkin supaya masyarakat bisa menikmati kualitas siaran yang lebih baik.

Karena udah menjelang akhir tahun 2019, ada baiknya kamu mengetahui nih apa aja yang kira-kira bakal menjadi headline di dunia teknologi tahun depan.

Daripada berlama-lama lagi kita simak langsung aja nih daftar teknologi digital yang baka menginvasi dunia pada tahun 2020 nanti, melansir dari Money Inc.

1. Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan)

Teknologi digital
Kecerdasan Buatan (Shutterstock).

Teknologi digital yang bakal menginvasi dunia pertama pada tahun 2020 nanti adalah kecerdasan buatan. Hari ini banyak miliarder dunia yang rela merogoh kocek banyak untuk dana riset dan teknologi guna menciptakan inovasi yang belum ada sebelumnya.

Salah satunya adalah Elon Musk pendiri mobil listrik Tesla. Hasratnya untuk menciptakan mobil yang bisa menyetir secara otomatis masih dalam tahap pengembangan sampai hari ini, sebab memerlukan AI yang benar-benar sempurna agar gak terjadi kecelakaan.

Pada tahun 2020 nanti atau setelahnya siapa tahu impiannya tersebut bisa benar-benar terwujud dan digunakan oleh banyak orang di dunia.

2. Teknologi digital Cloud Computing

Teknologi Cloud Computing (Shutterstock).

Proses perpindahan data yang cepat dan besar kini udah menjadi hal yang wajib dirasakan oleh semua orang yang memanfaatkan gadget seperti smartphone sehari-harinya.

Teknologi Cloud Computing atau Komputasi Awan yang memungkinkan kamu mengunduh serta mengunggah data dimanapun dan kapanpun bakal menjadi sebuah kebutuhan di tahun 2020 nanti.

3. Mata uang kripto

Teknologi digital
Bitcoin (Shutterstock)

Biarpun puncak kepopulerannya udah lewat pada tahun 20017 yang lalu tetapi pada tahun 2020 nanti banyak kalangan menganggap Cryptocurrency masih memiliki taji untuk digunakan masyarakat dunia.

Mata uang kripto digunakan oleh banyak pihak sebagai alternatif investasi selain menabung emas ataupun saham. Keuntungan yang banyak menjadi salah satu daya tarik yang gak bisa dipungkiri lagi.

4. Extended Reality

Teknologi digital
Extended Reality (Shutterstock).

Sebagian dari kamu mungkin udah mengenal tentang teknologi digital Virtual Reality yang dalam 2 tahun belakangan ini menerpa dunia. Pengalaman bermain game yang baru ini menjadi buruan banyak pihak yang bosan dengan game console ataupun mobile.

Nah Extended Reality sendiri adalah penggabungan teknologi Virtual Reality dengan Augmented Reality. Kedua teknologi ini akan menyajikan pengalaman yang lebih baru lagi dimana user bakal bisa mengontrol secara penuh permainan di sebuah lingkungan virtual yang dibuat sedemikian rupa mirip dengan aslinya.

5. Teknologi digital 5G

Teknologi digital
Teknologi Digital 5G (Shutterstock).

Teknologi terakhir ini bisa jadi yang bakal paling terasa karena udah banyak perusahaan yang melakukan uji coba akses data 5G. Nantinya kamu akan memiliki kecepatan download yang sangat cepat mencapai 2Gbit per detik.

Buat kamu yang suka download file berukuran besar tentunya berita ini sangat menggembirakan. Tapi sayangnya hal itu belum bisa menghampiri Indonesia karena ketersediaan infrastruktur dan juga melihat kebutuhan yang belum mendesak.

Nah itulah paling gak 5 teknologi digital yang bakal booming di tahun 2020 nanti. Dari kelima deretan tersebut mana nih yang paling bikin kamu excited? (Editor: Winda Destiana Putri)