Tempat Wisata Indah Ini Terletak di Jakarta, Ada yang Gratis Lho!

TWA Angke Kapuk salah satu tempat wisata alam di Jakarta(jakarta-tourism.go.id)

Jakarta, mendengar nama kota satu ini pasti yang ada dalam bayanganmu kemacetan dan gedung-gedung bertingkat. Gak salah sih kalau berpikiran seperti itu. Tapi, tidak semuanya soal itu aja, ada tempat wisata alam di Jakarta yang bisa kamu sambangi.

Gak cuma kamu, banyak warga Jakarta yang mungkin gak tahu di Ibu Kota negara ini ada spot-spot teduh dan asyik untuk melepas penat. Jadi, bukan cuma Bogor atau Bandung saja kota yang bisa kamu sambangi untuk menikmati suasana alam!

Sebagai kota metropolitan, Jakarta dituntut lebih modern dari daerah-daerah lainnya. Modernitas itu yang lama-lama menggerus keindahan alam asli Jakarta. Bikin kita susah mencari tempat dengan udara segar, dan asri.

Tempat wisata alam di Jakarta masih ada, salah satunya taman kota. Di kota ini, ada beberapa taman kota yang menawarkan kesejukannya di bawah pohon-pohon rindang dan tanaman hijau.

Selain itu, Jakarta yang letaknya ada di pesisir Jawa sebagai nilai plus untuk warganya bisa menikmati deburan ombak tanpa harus ke daerah yang jauh.

Nah, agar kamu gak penasaran di mana aja tempat wisata alam di Jakarta, simak rangkuman MoneySmart yang dikutip dari Traveloka:

1.Taman Suropati

Taman Suropati (jakarta-tourism.go.id)
Taman Suropati (jakarta-tourism.go.id)

Taman Suropati bisa menjadi alternatif kamu menikmati kesejukan di tengah pusat Kota Jakarta. Berada di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, penataan pohon di taman ini sangat rapi.

Fasilitas tempat duduknya juga banyak tersedia dengan hiasan air mancur, dan instalasi seni di beberapa sudut. Di sore hari, banyak komunitas yang menumpang latihan di salah satu taman kota yang terbaik ini.

Dulu, Taman Suropati selalu ramai, bahkan hingga malam hari. Jika malam tiba, banyak pedagang makanan menjajakan jualan mereka di pinggir taman. Tapi, kini pedagang sudah mulai dilarang berjualan.

Cocok deh buat santai-santai sore di Weekend, menikmati teduhnya pusat Jakarta secara gratis.

Baca juga: 11 Tempat Wisata di Bogor yang Paling Hits dan Instagramable

2. Hutan Kota Srengseng

Hutan Kota Srengseng (jakarta-tourism.go.id)
Hutan Kota Srengseng (jakarta-tourism.go.id)

Tempat wisata alam di Jakarta ini sudah ketebak rindangnya seperti apa. Namanya hutan, pasti banyak pohon-pohon di dalamnya.

Terletak di kawasan Jakarta Barat, Hutan Kota Srengseng sering juga disebut sebagai “paru-paru kota”.

Sekitar lebih dari 4.000 pohon dengan 60 varietas berada di dalam hutan yang satu ini. Sudah kebayang kan teduhnya seperti apa? Saking teduhnya, cocok menjadi tempat jogging atau bersantai.

Dilengkapi fasilitas area bermain anak, danau yang bisa kamu pakai buat mancing, dan pujasera sederhana yang membuat pengunjung gak perlu takut kelaparan saat menyambangi hutan ini.

Baca juga: Gak Perlu Mahal, Ini Rekomendasi 6 Spot Wisata Gratis di Tokyo

3. Taman Wisata Alam (TWA) Angke Kapuk

TWA Angke Kapuk (jakarta-tourism.go.id)
TWA Angke Kapuk (jakarta-tourism.go.id)

Kawasan di Jakarta Utara ini terkenal dengan wilayah elite. Dikelilingi rumah-rumah mewah dan mal, Pantai Indah Kapuk (PIK) termasuk kawasan strategis yang mahal.

Meski, dikelilingi gedung-gedung pencakar langit, di kawasan Jakarta ini masih ada tempat wisata alamnya. Yaitu, Taman Wisata Alam (TWA) Angke Kapuk.

Di sini, kamu bisa menikmati wisata alam Hutan Mangrove PIK di mana susunan tanaman mangrove atau lahan bakau yang meneduhkan langsung menyambut setiap travelers yang berkunjung.

Ini merupakan kawasan lahan konservasi milik Pemprov Jakarta yang kemudian dilengkapi dengan fasilitas rekreasi.

Cocok banget deh buat kamu menjelajahi hutan dengan perahu sambil foto-foto!

4. Setu Babakan

Setu Babakan (jakarta-tourism.go.id)
Setu Babakan (jakarta-tourism.go.id)

Selain tempat budaya Betawi, Setu Babakan juga terkenal sebagai tempat wisata alam di kawasan selatan Jakarta. Terletak di Jagakarta, Jakarta Selatan, daya tarik Setu Babakan hadir dari danaunya.

Kamu bisa menikmati kesegaran alam di Setu Babakan dengan berduduk-duduk santai di pinggir danau, atau berkeliling menggunakan perahu angsa. Bikin kita lupa deh kalau masih berada di Kota Jakarta!

Nah, kalau kamu lapar saat berada di kawasan budaya Betawi ini, gak perlu khawatir. Pasalnya, ada banyak jajanan khas Betawi seperti ketoprak, hingga kerak telor siap membuat perutmu kenyang lagi.

5. Pulau Seribu

Pulau Seribu (jakarta-tourism.go.id)
Pulau Seribu (jakarta-tourism.go.id)

Gak perlu jauh-jauh ke Flores untuk menikmati keindahan pulau-pulau dengan pantai pasir putihnya. Di Jakarta, kamu juga bisa menemukannya di Kepulauan Seribu. Ada banyak pulau yang bisa kamu kunjungi, mulai dari Pulau Tidung hingga Pulau Bidadari.

Rata-rata pulau di Kepulauan Seribu memiliki pantai dengan pasir putih juga air bening. Cocok kan buat snorkeling.

Berada di lokasi yang gak  jauh dari pusat Jakarta, kamu bisa menikmati alam dengan tenang tanpa melihat kemacetan Jakarta yang menjadi pemandangan setiap hari.

Tapi, tidak seperti hutan kota atau taman kota yang tidak memerlukan biaya masuk. Kalau mau menikmati tempat wisata alam di Jakarta yang satu ini, kamu kudu merogoh kocek lebih dalam.

Kamu harus menyewa kapal untuk menyebrang, dan kalau kamu mau menginap, kamu kudu bayar lebih untuk penginapannya.

Biayanya bervariasi, kalau kamu berangkat dari Pelabuhan Sunda Kelapa kamu bisa menaiki kapal feri dengan tiket seharga mulai dari Rp 24.000 sampai Rp 44.000, tergantung dari jarak pulau yang dituju.

Itulah tadi sejumlah referensi tempat wisata alam di Jakarta, jadi sekarang kamu gak perlu jauh-jauh deh buat nyari udara segar di kota metropolitan. Tinggal rencanakan bersama keluarga atau sahabat terdekat. (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →