Tentang Bisnis MLM yang Kerap Dipandang Sebelah Mata

Bisnis MLM alias Multi Level Marketing cukup sering dipandang sebelah mata. Padahal, citra buruk yang disematkan pada MLM sering kali karena faktor oknum aja.

MLM sendiri sebenarnya adalah metode penjualan yang menggunakan sistem berantai. Jadi, tenaga penjualnya gak cuma dapat keuntungan dari hasil penjualannya aja melainkan juga sales lain yang berhasil dia rekrut.

Istilahnya adalah upline dan downline.

Kok bisa suatu bisnis yang menggunakan metode MLM dicap buruk? Salah satu alasannya adalah bisnis tersebut gak punya produk yang jelas. Yang terjadi ternyata cuma mengumpulkan dana dari anggotanya aja.

Bisnis MLM
Multi-level marketing itu metode. Jadi sebenarnya bukan tipu-tipu (aktual)

Biar makin jelas, yuk pelajari tips memilih dan ciri-ciri bisnis MLM terpercaya berikut ini.

1. Pilih MLM yang punya produk jelas dan beragam

Seperti udah disinggung sebelumnya, bisnis MLM bodong biasanya gak punya produk yang jelas dan beragam.

Mereka cuma fokus buat cari downline tetapi gak tahu apa yang dijual. Berbanding terbalik dari itu, bisnis MLM yang terpercaya punya produk yang jelas dan beragam. Bahkan, produknya diakui punya khasiat yang bagus oleh masyarakat.

2. Perusahaan terdaftar pada asosiasi tertentu dan badan hukum

Kamu bisa pastikan pula bahwa perusahaan tersebut udah terdaftar pada asosiasi dan badan hukum tertentu.

Contoh, perusahaan tersebut terdaftar pada asosiasi APLI atau Asosiasi Penjual Langsung Indonesia. Bila udah terdaftar pada asosiasi tersebut, perusahaan MLM tersebut biasanya udah lolos persyaratan dan memahami kode etik penjualan.

Kemudian, kamu pun bisa pastikan perusahaan MLM tersebut udah berbadan hukum yang jelas seperti PT. Lalu, perusahaan tersebut punya SIUPL alias Surat Izin Usaha Penjualan Langsung dan punya NPWP.

[Baca: Pengusaha Sukses Ini Untung Besar dari Menjual Udara Lho]

3. Perusahaan tersebut menggunakan sistem yang udah teruji

Perusahaan MLM yang jelas menggunakan sistem yang udah teruji. Misalnya, perusahaan menyediakan alat bantu usaha seperti buku, kaset atau pertemuan rutin.

Kalau perusahaan MLM tersebut menawarkan keuntungan maksimal dengan usaha minimal maka kamu patut waspada deh. Contoh, anggotanya cuma diminta fokus buat cari downline aja dan si downline dituntut banget buat cari downline lagi.

Gak cuma itu aja, kamu pun perlu pastikan perusahaan tersebut menyediakan support penuh. Support tersebut bisa offline maupun online dimana kamu bisa leluasa menghubungi perusahaan bila ada masalah.

Oleh sebab itu, pastikan perusahaan MLM tersebut punya kantor cabang yang jelas.

Nah, melihat ciri-ciri yang udah disebutkan di atas, kamu sekarang udah bisa tentukan mana MLM yang baik dan bukan.

Biar makin jelas, yuk lihat beberapa contoh bisnis MLM berikut yang terkenal dan terpercaya di Indonesia.

Contoh Bisnis MLM yang Terkenal dan Tepercaya di Indonesia

bisnis mlm terbaru
Katalog Oriflame (wordpress)

1. Oriflame

Kaum hawa pasti udah gak asing dengan merek satu ini. Oriflame terkenal dengan produk-produk kosmetik dan skincare-nya.

Perusahaan ini udah bertahan dan berkembang cukup lama, yaitu sejak tahun 1967. Para anggotanya bakal dapat keuntungan sampai dengan 30 persen dari harga yang ada pada katalog. Perusahaan ini sendiri udah punya 6 juta anggota.

[Baca: Tips Bisnis: 5 Keuntungan Buka Usaha dengan Modal Sendiri]

2. Tupperware

Kamu mungkin gak menyangkan kalau Tupperware juga dijalankan dengan metode MLM, kan? Produk ini terkenal banget di kalangan ibu-ibu rumah tangga. Gak heran sih karena emang kualitas produknya yang udah diakui oleh masyarakat.

3. Herbalife

Herbalife adalah produk kesehatan yang berasal dari Amerika Serikat. Produk-produknya berupa suplemen, shake, teh, dan banyak lagi. Produk-produk tersebut bermanfaat buat diet, baik buat menurunkan atau menaikkan berat badan.

Anggota Herbalife dikasih dua pilihan, mereka bisa jalankan bisnisnya ataupun cuma sebagai pemakai aja.

4. Nu Skin

Ini dia salah satu perusahaan MLM yang masuk dalam daftar Forbes. Perusahaan asal Utah, Amerika Serikat ini masuk dalam daftar 100 perusahaan terpercaya versi majalah ekonomi Forbes.

Gak heran sih karena perusahaan ini emang lebih populer dibandingkan Oriflame, khususnya secara global.

[Baca: 7 Peluang Bisnis yang Bakal Laris Selama Musim Pilkada 2018]

5. Sophie Martin

Sophie Martin adalah perusahaan yang menyediakan beragam produk fashion seperti tas, pakaian, dan lainnya. Bisnis Sophie Martin ini sempat booming di Indonesia. Keuntungan yang diperoleh oleh anggotanya adalah sekian persen dari harga yang ada pada katalog, mirip dengan Oriflame.

Beberapa contoh di atas bukan iklan atau pengin menyanjung perusahaan-perusahaan yang udah disebutkan lho ya. Contoh di atas cuma gambaran aja kalau produk-produk dari perusahaan MLM nyatanya emang cukup banyak yang berkualitas.

Dari contoh bisnis MLM di atas, produk mana atau perusahaan mana yang udah kamu coba peruntungannya? Atau kamu baru mau coba? Kalau gitu, selamat mencoba ya!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →