Ternyata Ini 8 Pekerjaan Unik yang Cuma Bisa Ditemukan di Indonesia

permak keliling (bisnisrumahan.online)

Indonesia emang unik, bahkan pekerjaan unik pun banyak ditemukan di sini. Wajar aja, soalnya orang Indonesia tuh banyak yang kreatif.

Penasaran dengan kreativitas orang Indonesia? Delapan pekerjaan unik yang cuma ada di Indonesia berikut ini jadi bukti konkret.

1. Pak ogah

Pekerjaan unik (8)
Pak ogah yang udah mirip polisi lalu lintas (CNN Indonesia)

Pak ogah adalah salah satu contoh profesi unik yang cuma ada di Indonesia namun paling sering kamu lihat. Gimana gak, tiap tikungan atau putar balik, kamu bakal bersapaan dengan pak ogah.

Pak ogah bukan nama orang ya, melainkan sebutan buat orang dengan pluit yang bekerja buat mengatur lalu lintas jalan. Mereka biasanya membantu kendaraan buat menyeberang atau putar balik arah di jalan raya.

Mereka gak mematok bayaran, tetapi menerima bayaran seikhlasnya dari pengendara. Bayaran pak ogah ini biasanya sekitar Rp 500 sampai dengan Rp 2 ribu, bergantung pada si pengendara.

Meski terkenal, istilah “pak ogah” sendiri gak diketahui asalnya dari mana.

[Baca: Manfaat Uang Receh. Bisa Berdampak Besar Kini dan Nanti, Percaya Deh]

2. Pawang hujan

Pekerjaan unik (1)
Pawang hujan buat hajatan besar (Tribunnews)

Cukup banyak profesi hebat di Indonesia, termasuk salah satunya pawang hujan. Pekerjaan ini emang terdengar agak aneh namun emang ada.

Pekerjaan ini butuh skill buat menjadikan langit terang kembali meski kelihatannya bakal hujan. Biasanya pawang hujan dibutuhkan saat hajatan tertentu.

Bahkan, pada proyek konstruksi tertentu, si pemilik proyek kerap kali menyewa pawang hujan. Dengan gitu, proyek bakal selesai lebih cepat karena gak terganggu oleh hujan.

Bayaran jasa pawang hujan tersebut bergantung pada durasi acara. Jika acara ingin dijaga sekitar satu atau dua jam, bayarannya sekitar Rp 1-2 jutaan. Bila acara berlangsung sekitar tiga jam maka bayarannya Rp 3 jutaan dan seterusnya.

3. Penukar uang

Pekerjaan unik (2)
Jasa penukar uang receh (SinarHarapan)

Di luar negeri sih ada money changer, jasa penukar mata uang gitu. Namun, di Indonesia, jasa penukar uang yang dimaksud berbeda dari yang umumnya ada di luar negeri.

Biasanya pekerjaan unik ini paling laris dicari oleh masyarakat ketika jelang hari-hari raya tertentu. Masyarakat biasanya butuh uang nominal kecil buat dijadikan angpau. Nah, kesempatan inilah yang dimanfaatkan oleh para “pedagang uang” tersebut.

Dari mana keuntungan yang mereka peroleh? Biasanya ada margin tertentu mereka patok buat penukaran.

Di sekitaran pasar rakyat, kamu bakal mudah menemukan para penukar uang bakal bawa banyak uang pecahan kecil. Unik banget, ya? Cuma di Indonesia deh ada beginian.

Asuransi & Investasi
Asuransi & Investasi

4. Tukang parkir

Pekerjaan unik (3)
Tukang parkir banyak macamnya lho (Brilio)

Di luar negeri kamu bakal kesulitan menemukan tukang parkir. Namun di Indonesia, kamu bakal temukan dengan sangat mudah.

Gimana gak mudah buat ditemukan, jasa tukang parkir ini emang dibutuhkan juga sih buat waktu-waktu atau lokasi tertentu. Kendaraan yang ramai banget di Indonesia jadi lahan bisnis banget buat para tukang parkir.

Biasanya tukang parkir ini ada di halaman-halaman toko atau di pinggir jalan di mana banyak kendaraan bakal parkir. Saking ramainya yang jadi tukang parkir, ada beberapa tipe tukang parkir di Indonesia. Mulai dari tukang parkir sejati sampai dengan tukang parkir dadakan.

Tukang parkir dadakan ini muncul tiba-tiba minta uang parkir padahal gak bantu kamu buat menyeberang atau markirin kendaraan.

Bayaran si tukang parkir ini cukup beragam, biasanya parkir motor mulai dari Rp 1.000 dan parkir mobil mulai dari Rp 2.000. Namun, kadang di lokasi tertentu, parkir mobil di pinggir jalan dikenakan mulai dari Rp 20 ribuan.

5. Penjaja makanan atau minuman keliling

Pekerjaan unik (4)
Penjaja kopi keliling (Dream)

Di luar negeri, buat beli makanan atau minuman instan, kamu bisa gunakan vending machine. Nah, di Indonesia, bentuk vending machine-nya adalah manusia.

Pekerjaan unik yang dimaksud adalah para penjaja makanan atau minuman keliling. Mereka biasanya menggunakan sepeda buat menawarkan mie instan, kopi, atau teh.

Selain makanan dan minuman, ada pula penjaja jamu gendong yang menjajakan beragam jamu dengan berkeliling sambil menggendong jualannya.

Terakhir ini yang sedang hits adalah penjaja jajanan tahu bulat. Mereka biasanya gunakan mobil pick-up terbuka membawa kuali besar, kompor gas dan tentu aja tahu bulat.

Salut buat orang Indonesia yang benar-benar tangguh dan kreatif!

[Baca: 6 Rekomendasi Kuliner Kaki Lima Jakarta Buat Yang Punya Rp 100 Ribu]

6. Ojek payung

Pekerjaan unik (5)
Ojek payung (Tribunnews)

Pekerjaan unik lainnya yang sangat kreatif adalah ojek payung. Jika ojek motor membawa orang menggunakan motor ke tempat tujuan, maka ojek payung menggunakan payung.

Kamu sendiri pasti pernah kan, pakai jasa para ojek payung? Misalnya, saat di lokasi tertentu menuju parkiran yang cukup jauh dan tiba-tiba hujan, maka para ojek payung langsung sigap.

Bayaran ojek payung ini bergantung si pengguna jasa. Namun, pada umumnya, bayaran mereka mulai sekitar Rp 5 ribu per sekali antar.

7. Tukang tambal ban

Pekerjaan unik (6)
Cuma di Indonesia (Tribunnews)

Percaya atau gak, pekerjaan ini cuma ada di Indonesia. Jadi kalau ban kendaraan di luar negeri bermasalah, gimana tuh cara perbaikannya? Ya, ke bengkel.

Asuransi & Investasi
Asuransi & Investasi

Di Indonesia beda, kamu bakal dengan mudah menemukan tukang tambal ban di pinggir jalan. Jadi, kamu gak perlu jasa derek kalau cuma mengalami ban bocor.

Tukang tambal ban ini biasanya punya ciri-ciri, yakni punya kompresor besar oranye dan aksesoris ban. Bayaran per sekali tambal sekitar Rp 10 ribuan hingga Rp 15 ribuan.

[Baca: Simak Nih 3 Cara Nambah Penghasilan Lewat Hobi Utak-atik Mesin Mobil atau Motor]

8. Vermak jins keliling

Pekerjaan unik (7)
Dalam setengah jam bisa perbaikin jins kamu (BisnisRumahan)

Tukang vermak jins keliling menawarkan jasa buat memperbaiki jins kamu yang rusak. Kamu pun bisa minta buat mengecilkan atau memperbesar ukuran jins yang kamu punya.

Ciri-cirinya, para tukang vermak jins berkeliling menggunakan sepeda yang dilengkapi dengan mesin jahit. Pengerjaannya lebih cepat bahkan daripada penjahit.

Sering lihat macam-macam pekerjaan yang disebutkan di artikel ini? Terlihat umum bagi kita, namun di luar negeri pekerjaan tersebut hampir gak ada.

Delapan pekerjaan unik ini juga jadi bukti kreativitas orang Indonesia yang emang top markotop.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →