10 Manfaat Investasi buat Kesehatan Finansial [Plus Jenisnya]

jenis investasi online dan manfaat investasi

Manfaat investasi itu banyak banget. Emangnya pengertian investasi itu sendiri apa sih? Menurut ilmu ekonomi, investasi merupakan kegiatan membeli dari modal benda yang fungsinya gak digunakan saat ini, tetapi pada waktu mendatang.

Tujuan dari berinvestasi adalah untuk memiliki keuntungan di masa depan. Investasi dibedakan atas 2 jenis yaitu investasi non residential, contohnya berupa pabrik atau mesin, dan investasi residential yaitu rumah.

Nah, jenis produk investasi yang banyak dipilih biasanya berupa surat berharga, saham atau obligasi, rumah, tanah dan lainnya. Setiap orang memiliki alasan tersendiri dalam memilih jenis investasi yang sesuai kebutuhan dan karakteristik usaha.

Peran investasi terhadap kesehatan finansial

Investasi dan kesehatan finansial pastinya sangat berkaitan. Tiap-tiap jenisnya memiliki tujuan finansial yang berbeda-beda. Jadi, gak heran saat setiap orang memilih investasi yang disesuaikan dengan tujuan finansial mereka.

Contohnya saja, investasi properti seperti tanah, ruko, toko dan rumah. Karena harga tanah terus meningkat setiap tahunnya, maka investasi tanah yang dipilih akan sangat menguntungkan.

Ditambah lagi, jumlah pertumbuhan penduduk yang kian meningkat menyebabkan kebutuhan rumah juga semakin meningkat. Jadi, investasi jenis ini sangat dianjurkan dan realitanya paling diminati.

Ada juga sebagian orang yang menginvestasikan uangnya untuk pendidikan diri sendiri, pasangan dan anak-anak. Hal ini berhubungan dengan kemajuan teknologi dan pendidikan yang semakin tinggi. Dengan pendidikan tinggi, seseorang akan bisa memiliki pekerjaan mapan dan penghasilan yang tinggi pula di masa depan.

Investasi saham juga sering dilirik para investor karena perusahaan akan bisa mendapatkan keuntungan dari hasil kerja saham. Tapi, ada juga beberapa jenis investasi saham yang merugikan karena berada dalam lingkup yang gak stabil, misalnya krisis moneter.

Beberapa orang juga memanfaatkan investasi mata uang asing. Dengan memilih jenis mata uang asing yang kerap mengalami peningkatan kurs, secara finansial, keuntungan investor akan bertambah. Karena nilai tukarnya terus meningkat terhadap mata uang lokal.

Meskipun memiliki banyak tujuan secara finansial, investasi bukannya tanpa risiko. Apabila seseorang melakukan investasi lalu usahanya gagal, maka bukan keuntungan, tapi kerugian yang akan diperoleh.

Beberapa penyebab gagalnya investasi seperti faktor bencana alam, faktor personal, penipuan, krisis moneter, dan faktor lainnya.

Ciri-ciri investasi sehat

Gak hanya fisik saja, tapi investasi juga harus sehat loh! Investasi yang sehat sebenarnya bisa dilihat dari dasar hukumnya. Apapun jenisnya, investasi yang sehat akan memiliki badan hukum legal.

Jika suatu investasi sehat, maka investor akan mendapat keuntungan finansial yang berkelanjutan dan sesuai dengan ketentuan. Tetapi, apabila investasinya gak sehat, maka bisa jadi banyak kerugian yang bakal ditanggung investor.

Gak mau memilih investasi yang gak sehat serta merugikan dong, kalau begitu pilihlah investasi yang memiliki ciri-ciri, seperti:

  • Dasar hukum kuat
  • Potensi menghasilkan uang tinggi
  • Mudah dipahami mekanismenya
  • Banyak dipilih oleh investor
  • Dipercaya masyarakat
  • Memiliki testimoni dari nasabah

Manfaat investasi terhadap kesehatan finansial

Secara umum, investasi sangat bermanfaat bagi kesehatan finansial. Besarnya manfaat dari investasi tersebut bergantung pada seberapa besar persentase uang pribadi kita yang diinvestasikan.

Simak nih beberapa manfaat investasi bagi finansial kita.

  • Menambah peluang penghasilan
  • Memperluas wawasan tentang sumber dana
  • Meningkatkan kebijakan dalam mengeksekusi
  • Mengasah tanggung jawab dan rasa percaya diri
  • Nilai aset dan kekayaan meningkat
  • Mewujudkan merdeka finansial
  • Menghindari inflasi
  • Menjamin masa depan
  • Mendapat untung dari efek compounding
  • Mempersiapkan pensiun

1. Menambah peluang penghasilan

Investasi pasti menambah peluang penghasilan. Seperti kata investor ternama Warren Buffet:

“Jangan meletakkan telur di dalam satu wadah”

Artinya, kita harus berinvestasi dengan diversifikasi investasi dari penghasilan kita. Saat waktunya dipanen, penghasilan akan berasal dari berbagai sumber (gak hanya dari satu sumber). Jumlahnya pun bisa sangat bervariasi tergantung pada jenis dan nominal investasi.

2. Memperluas wawasan tentang sumber dana

Seorang investor biasanya akan memiliki banyak link dari ranah bisnis. Dengan demikian, wawasan tentang sumber dana dan permodalan akan semakin tinggi.

Jika kita memiliki wawasan yang luas tentang sumber dana, gak menutup kemungkinan jika kita juga bisa menjadi seorang perencana keuangan yang andal.

3. Meningkatkan kebijakan dalam mengeksekusi

Jika ada sebagian dana yang bisa diinvestasikan, seorang investor andal akan mampu melakukan kebijakan dan mengeksekusinya. Semakin panjang jangka waktu investasi, semakin banyak pula kebijakan yang bisa diambil.

Wawasan dan pengetahuan tentang investasi bisa jadi bekal bagi investor dalam melangkah secara gak bertanggung jawab atau kurang konsisten.

4. Mengasah tanggung jawab dan rasa percaya diri

Sikap bertanggung jawab dan rasa percaya diri adalah dua hal yang bisa semakin bertambah jika kita melakukan investasi. Secara finansial, tanggung jawab keuangan terhadap keluarga, perusahaan dan pribadi akan meningkat.

Sementara rasa percaya diri juga terasah saat melakukan investasi, terutama jika kita terjun langsung dalam usaha yang terkait investasi.

5. Nilai aset dan kekayaan meningkat

Salah satu ciri investasi sehat adalah ia yang menjanjikan keuntungan secara berkelanjutan. Tentunya, mengikuti aturan yang ada. Investasi yang sehat pun berpotensi menghasilkan keuntungan dalam nominal besar. Karenanya, investasi otomatis menaikkan nilai dari produk investasi kita.

Produk investasi pun beragam, dapat berupa penanaman modal pada suatu perusahaan maupun aset yang bernilai tinggi. Aset pun terbagi lagi bentuknya menjadi gendung maupun properti serta dana investasi yang merupakan uang yang kita miliki dan sengaja untuk disimpan.

Aset yang kita investasikan akan mengalami perkembangan. Nilainya pun terus mengalami peningkatan yang linear dengan perkembangan kekayaan yang dimiliki.

6. Mewujudkan merdeka finansial

Investasi sebagai sebuah solusi untuk menghasilkan pemasukan secara pasif telah banyak dilakukan oleh masyarakat.

Tidak perlu terburu-buru bangun pagi hari dan menerjang jalan penuh dengan kemacetan dan debu, kita sudah mendapatkan penghasilan dengan sendirinya. Investasi pun menjadi pilihan terbaik bagi mereka yang ingin merdeka secara finansial. 

Kebutuhan finansial bisa terpenuhi dengan baik melalui keuntungan yang dihasilkan dari perkembangan produk investasi yang dipilih. Kita pun tidak perlu khawatir untuk merasa kekurangan dan tidak mampu mencukupi kebutuhan sehari-hari. Bahkan, kita juga merasakan apa yang selama ini diidamkan melalui penghasilan pasif ini.

Berlibur ke luar negeri pun bukan berhasil kalau investasi yang kita miliki berkembang dengan baik. Tak perlu payah bekerja, biarkan investasi yang bekerja untuk penuhi kebutuhan.  

7. Menghindari inflasi

Inflasi terjadi setiap tahunnya. Namun, sayangnya kenaikan gaji yang terjadi setiap tahun pun tidak mampu menyesuaikan dengan kenaikan inflasi.

Kondisi ini kemudian dapat menurunkan daya beli kamu karena harga barang-barang kebutuhan pokok pun mengalami kenaikan signfikan. Ini tentunya menjadi kekhawatiran kebanyakan orang. 

Meski begitu, bukan mustahil untuk menghindari inflasi. Bagaimana cara? Manfaat investasi menjadi jawabannya. Terlebih, jika kamu berinvestasi dengan bunga tinggi, penghasilan pasif dari investasi tentu tetap mampu memenuhi kebutuhan.

Dengan melakukan investasi pun kita dapat meningkatkan nilai uang tunai yang kita miliki dengan mengubahnya menjadi aset. Sebab nilai pengembaliannya lebih besar dibandingkan tetap dipertahankannya dalam bentuk uang.

Selain itu, membelanjakan uang yang dimiliki untuk produk investasi, maka peredaran uang pun menjadi berkurang dan dapat menghambat laju inflasi. 

8. Menjamin masa depan

Investasi dapat menjamin kita menjalani masa depan dengan kondisi yang berkecukupan. Meskipun tidak mampu untuk bekerja seperti di saat usia produktif, kita tetap akan memiliki penghasilan dari investasi.

Terlebih, jika investasi telah dilakukan di usia muda. Nilai investasi semakin hari pun semakin naik. Kamu pun tetap mampu memenuhi kebutuhan meski sudah tidak lagi bekerja. Jadi, apa yang membuat kamu menunda melakukan investasi dari sekarang?

9. Mendapat untung dari efek compounding

Compounding secara sederhana diartikan sebagai cara menginvestasikan kembali apa yang kita dapatkan dari kegiatan investasi yang telah dilakukan. Efek compounding juga disebut sebagai bunga bergulung karena bunga yang didapatkan dari investasi akan diinvestasikan kembali agar mendapatkan bunga lainnya.

Melakukan compounding tentunya memberikan keuntungan lebih bagi kamu sebab ia akan memberikan keuntungan sampai dengan dua kali lipat dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukan compounding pada produk investasinya.

10. Mempersiapkan pensiun

Pensiun muda tidak jarang menjadi alasan orang-orang melakukan investasi. Meskipun tidak ingin mempercepatnya, kamu tetap perlu melakukan investasi agar dapat menikmati masa pensiun dengan tenang.

Persiapan jauh sebelum pensiun benar-benar datang sangatlah penting untuk masa pensiun yang nyaman dan akan lebih nyaman jika kamu memaksimalkan investasi yang dilakukan, salah satunya dengan melakukan compounding.

Jenis-jenis investasi

Melihat sepuluh manfaat di atas, pastinya kamu tertarik untuk melakukan investasi, kan? Namun, dalam melakukan investasi pun kamu perlu teliti dan mengenali jenis-jenis dari investasi tersebut agar sesuai dengan kebutuhan yang ingin dicapai.

Jenis-jenis investasi pun dapat dibedakan berdasarkan jangka waktunya, ada investasi jangka pendek yang berdurasi 3 – 12 bulan dan investasi jangka panjang yang membutuhkan waktu selama bertahun-tahun untuk merasakan keuntungannya. Ada pun produk investasi dapat kamu pilih, yaitu;

  • Deposito bank
  • Reksa dana
  • Obligasi atau Surat Berharga Negara (SBN)
  • Saham
  • Emas
  • Peer to peer (P2P) lending
  • Equity Crowdfunding (ECF)
  • Properti
  • Tanah

Setelah mengetahui jenis investasi yang dapat kamu lakukan, beserta segudang manfaatnya, sudahkah kamu menentukan pilihan mana yang akan kamu gunakan untuk wujudkan mimpi jadi nyata? Hidup bebas merdeka secara keuangan untuk masa depan tanpa kekhawatiran.

Investasi dapat memberikan kesehatan finansial yang sukses. Dengan berinvestasi, kita memiliki kesempatan untuk memiliki keuntungan lebih besar selain penghasilan rutin bulanan. Jadi, mulailah melakukan investasi sejak dini untuk kesehatan masa depan yang lebih baik.

Dapatkan Promo