Gak Pengin Disebut Anti-Sosial Tapi Bisa Hemat, Coba 5 Trik Ini

Mungkin kamu udah sering banget baca tips hemat uang, cara kelola gaji, dan lain sebagainya. Tapi, bisa jadi kamu selalu gagal mempraktekkannya karena berbagai faktor.

Salah satunya ya karena gaya hidup yang kadang menuntut kamu buat keluar lebih banyak uang daripada yang udah direncanakan. Gaya hidup ini ya misalnya hangout sama teman di tempat-tempat nongkrong yang lagi hits.

Agak miris sih sebenarnya kalau kita menyadari bahwa pertemanan itu ternyata harganya mahal. Mahal gimana maksudnya? Ya, karena ingin menjaga pertemanan atau bisa juga lantaran gak mau dicap anti-sosial, kamu terpaksa ikut nongkrong dan ngebuang porsi uang yang sebenarnya udah kamu alokasikan buat pos pengeluaran lainnya.

Bayangin aja, setelah jam kantor bisa aja teman-teman kamu ngajak nongkrong. Di akhir pekan, kamu diajak buat nge-mal atau sekadar liburan singkat ke kota tertentu.

Penginnya sih tetap gaul dan bisa mempertahankan tali silahturahmi dengan teman-teman kamu. Tetapi apa daya, kadang biaya nongkrong dan jalan-jalan bisa dibilang cukup besar.

Bisa-bisa gaji sebulan malah terkuras buat sekadar nongkrong aja ketimbang ditabung. Gimana dong?

Eits, sebenarnya kamu bisa kok punya teman dan bergaul tetapi tetap hemat. Kamu gak perlu jadi orang yang anti-sosial buat tetap bisa mempertahankan tabungan kamu. Yang penting kamu mau jadi orang yang proaktif dan ikut saran berikut ini.

1. Pilih-pilih circle kamu

tips hemat
Pilih circle yang tepat (pixabay)

Yang perlu kamu camkan adalah gak semua orang cocok sama kamu, gitu juga sebaliknya. Gak salah kok kalau kamu pilih-pilih teman yang memang sesuai dengan visi dan misi kamu.

Plus, kamu gak perlu menyenangkan semua orang. Ingat, sahabat gak perlu banyak-banyak deh.

Coba perhatikan mana teman kamu yang gak boros-boros banget. Secara gak langsung, dia akan dorong kamu buat berhemat. Selain itu, kamu juga bisa berteman dengan mereka yang mau diajak kerjasama buat pilih tempat nongkrong sesuai bujet semuanya.

2. Jadi orang yang aktif bukan pasif

tips hemat pengeluaran
Jadi orang yang proaktif (pixabay)

Sering banget kamu gak bisa berhemat karena ikut-ikutan ajakan teman-teman buat nongkrong di tempat yang mahal. Padahal, bisa aja sebenarnya kamu yang saranin tempat kalian buat nongkrong.

Kamu gak harus nolak ajakan buat hang-out. Namun, kamu sebaiknya jadi orang yang proaktif bukan pasif. Dengan demikian, kamu bisa pilih tempat yang sesuai kantong semuanya.

Daripada nunggu saran dari yang lain, yuk segera kasih saran dan pilih yang sesuai dengan bujet kamu dan teman-teman kamu. Asyik kan? Gaul tetap jalan tetapi kamu dan teman-teman kamu bisa hemat.

3. Gunakan tips berhemat tertentu saat di tempat makan

cara berhemat dan menabung
Gunakan trik hemat di tempat hangout (pixabay)

Sesekali makan di tempat makan yang cukup mahal gak apa-apa deh. Gak mungkin juga kan kamu selalu maksain saran kamu untuk diterima teman-teman kamu.

Nah, buat tetap hemat saat berada di tempat makan yang cukup mahal, kamu bisa gunakan tips hemat tertentu. Contoh, kamu bisa bawa minum dalam botol minuman sendiri. Pasalnya, biasanya restoran gak bakal negur kamu kalau kamu bawa botol minuman sendiri ketimbang air mineral kemasan.

Coba deh ikuti saran MoneySmart tentang makan hemat berikut ini.

4. Ajak buat activity ketimbang sekadar nongkrong

tips menghemat uang bulanan
Daripada nonton di bioskop mending di laptop aja (pixabay)

Berteman gak selalu harus nongkrong di tempat mewah atau sekadar ‘duduk-duduk cantik’ aja kan? Justru pertemanan kalian bakal makin seru kalau kalian lakuin beberapa aktivitas tertentu. Malah dengan aktivitas tertentu, pengeluaran kamu dan teman-teman kamu jadi lebih ringan.

Contoh, kalian bisa janjian di rumah salah satu teman kalian buat sekadar nonton DVD aja. Kemudian, kalian bisa masak sendiri di sana. Lebih hemat tetapi tetap seru kan?

5. Motivasi teman buat hidup hemat

cara hemat uang dalam rumah tangga
Motivasi teman-teman buat hemat (pixabay)

Sebagai teman yang baik, tentu kamu bisa jadi orang yang berpengaruh baik pada orang sekitar kamu. Salah satunya adalah berikan motivasi pada teman-teman kamu buat hidup hemat. Dengan gitu, kalian bisa punya visi dan misi yang sama.

Ke depannya, kalian pun bisa tetap berteman dan udah saling tahu kemana harus hang-out. Asyik kan kalau punya teman yang saling dukung buat jadi orang lebih mapan di masa depan?

Yuk jadi orang yang proaktif di circle kamu. Berteman hemat itu bukan hal mustahil, kok. Yang penting, siapa dulu yang mau mulai jadi pelopor hidup hemat buat teman-teman yang lain!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →