Wah! THR PNS Bakal Cair Tanggal 24 Mei, Begini Cara Bijak Mengelolanya

Manfaatkan THR PNS dengan sebaik mungkin (Shutterstock).

Pemerintah telah meneken keputusan tentang pencairan THR PNS tahun 2019. Dilansir dari CNN Indonesia, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Syafruddin mengatakan uang tunjangan tersebut dipastikan akan cair dan sampai ke rekening masing-masing PNS pada 24 Mei 2019.

Berapa besaran THR tersebut?

THR PNS
Pegawai Negeri Sipil (Setkab)

MenPAN-RB Syafruddin belum bisa memastikan berapa besaran THR yang akan diterima oleh pegawai negeri sipil. Keputusan jumlah tersebut sepenuhnya kewenangan dari Menteri Keuangan. Tapi yang jelas jumlah tersebut akan berbeda dari tahun sebelumnya. Karena tahun ini, PNS telah mengalami kenaikan gaji sebesar 5 persen pada bulan April lalu.

Komponennya pun juga sama dengan tahun 2018 lalu. Jadi PNS akan mendapatkan THR yang besarannya satu kali gaji pokok, ditambah tunjangan keluarga, tunjangan jabatan, dan tunjangan kinerja.

Beda sama karyawan swasta yang biasanya hanya mendapatkan satu kali gaji pokok. Wah besar banget ya? Besaran ini tentu berbeda dari tahun 2017 yang lalu. Karena pada tahun 2017, besaran THR yang diterima para abdi negara ini hanya sebesar gaji pokok saja.

Tapi, dikutip dari Katadata, katanya THR tahun ini juga bakal dikeluarkan bersamaan dengan gaji ke-13. Namun, pencairannya akan diberikan setelah lebaran tiba. Wah semakin banyak ya, kalau gak pintar-pintar mengelolanya, bisa sia-sia tuh uang.

Cara bijak mengelola THR

THR PNS
Pegawai Negeri Sipil (Setkab)

Buat para PNS, mungkin kalian akan terkejut-kejut dengan besaran THR yang diberikan oleh pemerintah. Biasanya sih semakin besar uang yang didapat, kita bakalan nafsu untuk segera menghabiskannya, apalagi ini sifatnya uang ekstra, bukan gaji pokok.

Hati-hati jangan sampai THR-mu numpang lewat doang. Justru seharusnya kamu bisa memanfaatkannya dengan lebih bijak demi masa depan kamu. Bagaimana caranya?

1. Dana darurat

Ingat setiap bulan kamu harus menyisihkan untuk dana darurat. Dana ini berguna saat kamu mengalami kondisi-kondisi yang tak diduga-duga misalnya, berobat, atau membayar segala keperluan yang sifatnya tiba-tiba. Paling tidak kamu harus memiliki dana darurat sebesar 3 – 6 kali gaji. Nah untuk memenuhi target sebesar itu, lebih baik sisihkan sedikit THR yang kamu dapatkan, idealnya sih 10 persen dari THR.

2. Jangan lupa zakat

PNS pastilah masuk ke dalam golongan orang-orang yang wajib zakat. Karena memang gaji yang didapatkan pasti besar, apalagi PNS di DKI Jakarta. Jadi jangan lupa beramal kepada sesama dengan memberikan zakat. Apalagi bulan Ramadan adalah bulan yang penuh berkah, pahalamu juga bakal berlipat kalau beramal pada bulan ini.

3. Membayar utang

Ini nih yang paling penting juga. Uang lebih dari THR alangkah baiknya kalau dialokasikan untuk membayar utang atau cicilan yang belum lunas. Diharapkan THR yang kamu dapatkan bisa meringankan bebanmu.

4. Keperluan mudik dan lebaran

Mudik adalah tradisi yang selalu dijalankan oleh umat muslim di Indonesia. Karena lebaran adalah momen yang paling tepat untuk berkumpul dengan keluarga besar dan tentunya bermaaf-maafan.

Nah untuk bisa balik ke kampung, kamu memerlukan uang yang ekstra, misalnya untuk membeli tiket pesawat, kereta, bus, atau kalau membawa kendaraan pribadi kamu butuh dana untuk membeli bensin, bayar tol. Biar gak pusing saat mudik tiba, lebih baik sisihkan THR-mu untuk keperluan lebaran.

Itu tadi beberapa cara bijak dalam mengelola THR PNS tahun ini. Jangan lupa gunakan untuk hal-hal yang penting ya. Semoga informasi tersebut bermanfaat! (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →