Beli Tiket Kereta Api Online dan Offline, Coba Ini!

Lebih Baik Naik Kereta 

Di Indonesia ada beberapa perusahaan kereta api seperti PT KAI yang melayani perjalanan kereta api lintas kota lintas provinsi, PT Kereta Commuter Indonesia, anak perusahaan PT KAI,  yang melayani jalur Commuter Line di wilayah Jabodetabek dan kabupaten Lebak, Banten. Dan PT MRT Jakarta yang melayani perjalanan menggunakan Kereta MRT Jakarta.

Tiap perusahaan KA menjual tiket sebagai bukti bahwa seseorang telah membayar pajak layanan perjalanan menggunakan kereta api. Tiap tiket memiliki harga yang berbeda-beda sesuai dengan tujuan perjalanan dan kelas tempat duduk masing-masing.

Pada umumnya, pemegang tiket kereta api ini sudah memesan beberapa hari atau beberapa saat sebelum keberangkatan sesuai dengan stasiun keberangkatan dan stasiun tujuan.

Fungsi dan Jenis Tiket Kereta Api

Fungsi dan Jenis Tiket Kereta

Tiket kereta api pada awalnya berbentuk sederhana. Hanya sebuah kertas tebal seukuran korek api. Tiket tersebut dijual di loket maupun di beberapa agen penjualan tiket kereta api. Saat memasuki peron, tiket akan diperiksa. Begitu juga saat berada di dalam kereta api, tiket akan diperiksa oleh kondektur.

Tiket yang sudah digunakan akan dilubangi sebagai tanda bahwa tiket sudah dipergunakan. Setelah itu, tiket tidak berlaku kembali untuk dipergunakan di hari dan tujuan yang lain.

Kini tiket kereta api sudah bertransformasi dengan kemudahan layanan digital. Calon penumpang bisa membeli tiket kereta api secara online dengan mudah, baik melalui situs resmi PT KAI maupun melalui beberapa agen tiket kereta api online.

Pembelian tiket kereta api pun menjadi lebih mudah karena kini bisa langsung dibeli di beberapa mini market yang sudah bekerja sama dengan PT KAI.

Penumpang bisa memilih berbagai jenis pembayaran mulai dari tunai, transfer bank, menggunakan kartu kredit, hingga memanfaatkan layanan cicilan dari beberapa e-commerce atau marketplace.

Setelah mendapatkan kode booking pemesanan tiket. Penumpang tinggal mencetak boarding pass di stasiun keberangkatan minimal tujuh hari sebelum keberangkatan dan maksimal 10 menit sebelum jadwal keberangkatan. Caranya hanya dengan memasukkan kode booking atau memindai barcode yang tertera pada surel atau aplikasi pembelian tiket kereta api online.

Sedangkan, tiket kereta api untuk jenis Commuter Line dan MRT menggunakan tiket khusus berbentuk kartu single trip atapun kartu berlangganan dan kartu multitrip. Penggunaannya pun sudah bisa digantikan dengan kartu nontunai yang diterbitkan oleh beberapa bank rekanan.

Cara Memesan Tiket Kereta Api secara Online

Cara Memesan Tiket Kereta Api secara Online

Anda bisa melakukan pemesanan atau pembelian tiket secara online tanpa harus datang ke stasiun Kereta Api. Berikut adalah langkah-langkah pemesanannya:

  1. Buka situs atau aplikasi pemesanan tiket kereta api dari perangkat Anda (ponsel, komputer, laptop, atau tablet).
  2. Pilih Asal Keberangkatan.
  3. Pilih Tujuan.
  4. Pilih Tanggal Keberangkatan.
  5. Pilih Jumlah Tiket.
  6. Sesuaikan kategori penumpang di kolom yang tersedia (Anak-anak atau Dewasa).
  7. Setelah itu Anda akan diarahkan ke halaman jadwal keberangkatan.
  8. Pilih Kelas dan jadwal keberangkatan yang Anda inginkan.
  9. Konfirmasi jadwal dan kelas kereta api yang dipilih.
  10. Lakukan pembayaran sesuai dengan harga yang ditampilkan.
  11. Kode pemesanan akan dikirimkan melalui SMS, Email, maupun Aplikasi pemesanan.

Cara Memesan Tiket Kereta Api secara Offline

Cara Memesan Tiket Kereta Api secara Online

Selain memesan secara online, Anda juga bisa memesan tiket dengan mendatangi loket penjualan tiket atau agen perjalanan secara langsung. Berikut adalah caranya.

  1. Datangi loket atau gerai penjual tiket kereta api.
  2. Sampaikan asal, tujuan, tanggal, dan jumlah penumpang.
  3. Petugas akan memberikan daftar harga dan jadwal keberangkatan.
  4. Pilih sesuai dengan jadwal yang dikehendaki.
  5. Lakukan pembayaran secara langsung.
  6. Anda akan mendapatkan bukti pembayaran dan kode booking pemesanan.

Itulah beberapa informasi singkat tentang cara mendapatkan tiket kereta api yang perlu Anda ketahui.  Pastikan membeli di situs atau agen perjalanan yang sudah tepercaya untuk meminimalkan risiko Anda membeli dengan harga yang lebih mahal atau bahkan tertipu oleh oknum penjual tiket tidak resmi.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →