Semoga Berhasil! Lakukan 5 Hal Ini Saat Wawancara Kerja Via Skype

Bahasa tubuh perlu kamu perhatikan saat wawancara kerja via Skype

Di era serba digital gak menutup kemungkinan kamu bakal melakukan wawancara via Skype. Nah ada beberapa hal yang mesti diperhatikan saat wawancara kerja via Skype, terutama bahasa tubuh. 

Ya gak jarang kalau bahasa tubuh akan diperhatikan oleh pewawancara terhadap calon karyawan. Soal ini kamu mesti perhatikan lho jangan sampai kamu memperlihatkan gerak-gerik yang kurang enak saat melakukan wawancara kerja via Skype. 

Seperti dikutip dari Qerja.com, Selasa, (28/1/2020), ada lima bahasa tubuh yang wajib kamu perhatikan saat wawancara kerja melalui Skype. Pengin tahu apa saja? Yuk cek aja di artikel berikut. 

Kontak mata dengan pewawancara

Perhatikan kontak mata saat wawancara via skype
Perhatikan kontak mata saat wawancara via skype, (Pixabay).

Bahasa tubuh memang perlu kamu perhatikan lho saat melakukan wawancara lewat Skype. Salah satunya adalah tetap menjaga kontak mata dengan pewawancara. 

Meskipun wawancara dilakukan tidak secara tatap muka, kamu bisa memfokuskan mata pada lensa kamera yang terdapat di laptop atau ponsel pintar. Ya melakukan wawancara via Skype mungkin saja terjadi buat kamu semua. 

Hal ini terjadi lantaran jam kerja yang padat sehingga kamu memutuskan memilih menggunakan Skype buat wawancara.

Duduk dengan tegak

Posisi duduk mesti tegap ya
Perhatikan posisi duduk saat wawancara kerja via Skype, (Pixabay).

Selain kontak mata, kamu juga perlu perhatikan posisi saat duduk. Duduk dengan posisi tegap sangat perlu diperhatikan bagi kamu saat melakukan wawancara dengan interviewer. 

Hal ini dilakukan lantaran akan memberikan posisi yang sejajar dengan titik lensa kamera Skype. Letakkan bantal kecil di punggung mu agar mendapatkan posisi duduk yang tegak. 

Jangan sesekali kamu memposisikan duduk membungkuk karena ini bakal terlihat kurang enak dengan lawan bicara.

Gesture tubuh: tangan dan lengan

Gerakan tangan dan lengan juga mesti diperhatikan saat wawancara via Skype
Gerakan tangan dan lengan juga mesti diperhatikan saat wawancara via Skype, (Pixabay).

Nah usahakan juga kamu gak tertalu sering mengeluarkan gesture tubuh yang berlebihan. Misalkan gerakan tangan maupun pergelangan tangan mesti kamu perhatikan. 

Jangan sampai kamu tertalu banyak mengeluarkan gesture tubuh berlebihan. Soalnya ini akan membuat tampilan di layar kurang enak dipandang. 

Ya wajar aja kalau kamu akan mengalami reflek saat wawancara melalui Skype. Menjaga bukan berarti kamu terlihat kaku ya saat melakukan wawancara dengan pewawancara via Skype. 

Mengangguk seperlunya

Menganggukkan kepala juga jangan terlalu sering saat wawancara
Menganggukkan kepala juga jangan terlalu sering saat wawancara, (Pixabay).

Sama seperti halnya gesture tubuh kayak menggerakkan tangan dan lengan, nah mengangguk juga diusahakan sebisa mungkin terkontrol. Memang dengan cara kamu mengangguk menandakan ada ketertarikan dirimu terhadap posisi yang dilamar atau ditawarkan oleh perusahaan. 

Oleh karena itu, kamu perlu nih memperhatikan bahasa tubuh yang satu ini. Intinya sama dengan poin-poin sebelumnya, kamu perlu membatasi dan kontrol gerakan tubuh saat wawancara via Skype. 

Nah itu dia tips saat melakukan wawancara via Skype dengan memperhatikan bahasa tubuh. Usahakan gak mengeluarkan bahasa tubuh yang berlebihan, semoga bermanfaat dan sukses ya! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal
Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →