10 Tips Hemat Belanja di Supermarket

Daftar Belanjaan Hemat

Belanja di supermarket merupakan hal yang umum dilakukan bahkan aktivitas ini biasa dilakukan tiap bulan untuk membeli bahan kebutuhan pokok bulanan.

Sayangnya, meskipun belanja di supermarket dapat memenuhi kebutuhan bulanan, tidak jarang sebagian orang justru mengalami pemborosan akibat pengeluaran yang tidak perlu.

Apabila tidak diatasi dengan baik maka aktivitas belanja bulanan bisa menjadi aktivitas yang berbahaya bagi kantong Anda, terutama jika Anda tidak dapat mengatur anggaran belanja di supermarket dengan baik.

Nah, sebagai solusinya mari kita pelajari beberapa tips hemat belanja di supermarket berikut.

1. Tulis Daftar Belanjaan yang Mau Dibeli

Tulis Daftar Belanja di Supermarket

Sebelum berbelanja berbagai kebutuhan di supermarket sebaiknya buatlah rincian daftar belanja yang dibutuhkan selama sebulan. Lakukan penulisan rincian ini di rumah sambil mengecek apa saja kebutuhan yang telah habis atau yang sedang dibutuhkan di bulan ini. 

Dengan adanya rincian ini maka Anda dihindarkan akan rasa bingung ketika berbelanja, akan menjadi hal yang sangat memboroskan jika kebutuhan yang Anda beli ternyata masih banyak tersedia di rumah. Adanya daftar belanjaan pun akan membantu Anda untuk mengontrol keluarnya uang selama di supermarket sehingga tidak akan ada pengeluaran yang berlebihan.

2. Jangan Mengajak Anak saat Belanja di Supermarket

Disarankan untuk Tidak Mengajak Anak

Sebaiknya ketika Anda akan belanja di supermarket janganlah turut mengajak anak. Biasanya karena supermarket memiliki banyak lorong, anak cenderung akan berlarian di lorong supermarket. Selain hal tersebut akan mengganggu pembeli lainnya, anak cenderung akan meminta dibelikan sesuatu yang disukainya, seperti camilan dan mainan.

Nah, hal ini tentu akan sangat menyulitkan Anda, terutama bagi Anda yang sulit menolak permintaannya. Untuk mengatasinya, Anda dapat pergi ke supermarket tanpa sepengetahuannya, seperti ketika dia bermain atau sekolah dengan begitu Anda bisa mengatur setiap kebutuhan yang Anda beli dengan tepat.

3. Belanja dengan Periode Mingguan atau Bulanan

Belanja dengan Periode Mingguan atau Bulanan

Jika Anda ingin berbelanja hemat, maka hindari ke supermarket setiap hari. Hal ini karena Anda akan cenderung membeli barang yang diinginkan dan bukan yang sedang dibutuhkan saat ini. Buatlah jadwal untuk belanja periode mingguan atau bulanan dengan begitu pengeluaran akan lebih mudah untuk dikontrol.

4. Jangan Kelamaan saat Belanja di Supermarket

Belanja dengan Waktu yang Cukup

Jangan terlalu lama berada di supermarket. Semakin lama Anda berada di sana, maka semakin mudah tergodanya Anda untuk membeli barang-barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan. 

Gunakan waktu seefektif mungkin, misalnya Anda sudah membeli semua daftar kebutuhan bulanan, maka periksalah sekali lagi dan langsung pergi ke kasir untuk melakukan pembayaran. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari aktivitas window shopping atau cuci mata.

5. Fokus pada Barang yang Dibutuhkan

Fokus pada Barang yang Dibutuhkan

Bermacam-macamnya produk yang dijual di supermarket sering kali menggoda Anda untuk mengambil dan membelinya. Hal ini tentu akan menjadi tantangan tersendiri bagi Anda, terutama jika barang tersebut sesuai dengan hobi atau minat Anda. 

Namun, jika Anda tetap ingin konsisten akan belanja hemat di supermarket, maka hindari godaan tersebut dan tetap fokus pada daftar belanjaan yang telah dibuat.

6. Lihat Berbagai Harga Diskon

Lihat Berbagai Harga Diskon

Ketika berada di supermarket beberapa barang dengan merek berbeda biasanya akan menyediakan diskon. Jika produk tersebut memiliki fungsi yang sama ada baiknya Anda untuk memilih yang sedang didiskon. 

Namun. perlu diingat untuk selalu cermat dalam melihat tanda diskon. Hal ini karena banyak supermarket yang menempatkan barang dengan harga normal bersebelahan dengan barang dengan harga diskon.

7. Lebih Baik Membeli Produk dengan Jumlah Banyak

Lebih Baik Membeli Produk dengan Jumlah Banyak

Biasanya produk yang dijual dalam jumlah besar dihargai lebih murah dibandingkan membeli produk berjumlah satuan. Hasilnya, membeli produk dengan dalam jumlah besar akan jauh lebih menguntungkan dan menghemat anggaran.

Misalnya, Anda bisa membeli Mie Sedap Goreng 1 karton dengan isi 40 bungkus seharga Rp70 ribu. Harga per bungkusnya adalah Rp2,5 ribu, jadi jika 40 bungkus totalnya Rp100 ribu. Artinya, Anda bisa menghemat Rp30 ribu jika dibandingkan membeli satuan.

8. Bandingkan Harga Barang saat Belanja di Supermarket

Bandingkan Harga Barang Serupa dari Merek Lain

Penting sekali untuk Anda melakukan perbandingan harga suatu produk. Hal ini karena satu produk yang Anda cari akan tersedia dalam beberapa brand atau merek dan memiliki harga yang berbeda-beda. Maka dari itu pastikan untuk membandingkan harga untuk mendapatkan harga yang murah dan produk berkualitas.

9. Pilih Barang dengan Merek milik Supermarket

Pilih Barang dengan Merek milik Supermarket

Setiap supermarket tentu tidak hanya menjual produk dari merek-merek luar. Mereka pun biasanya mengeluarkan produk dengan merek mereka sendiri. Harga yang ditawarkan sering kali lebih murah dibandingkan produk dengan merek lain.

Contohnya, harga tisu. Harga tisu merek Passeo 250 sheets adalah Rp17.500 sedangkan harga tisu merek Giant 200 sheets adalah Rp9.800. Jarak kedua harga ini cukup jauh, bukan?

Nah, dengan harga yang lebih murah dan kualitas yang hampir sama, produk dengan merek supermarket dapat menjadi pertimbangan Anda untuk dibeli.

10. Hitung Total Belanjaan sebelum Ke Kasir

Hitung Total Belanjaan sebelum Ke Kasir

Sebelum membayar barang belanjaan di supermarket tidak perlu malu untuk mengeluarkan kalkulator dan hitung total belanjaan. Anda dapat memprediksi berapa banyak uang yang harus Anda keluarkan.

Apabila ternyata melebihi bujet yang Anda estimasi di awal, Anda bisa mengganti barang belanjaan tersebut dengan merek yang berbeda, namun dengan kualitas sama.

Itu dia sepuluh tips hemat belanja di supermarket. Dengan mengikuti tips di atas diharapkan Anda bisa menjadi lebih hemat dalam berbelanja di supermarket, ya.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →