Jokowi Bagikan 6 Tips Cuma-Cuma Buat Kamu yang Pengin Jadi Pengusaha

Presiden Joko Widodo. (Tempo/Subekti)

Sebelum menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo adalah seorang pengusaha. Malahan, karier sebagai pengusaha ini udah dijalaninya sebelum ia populer sebagai wali kota. Pernah berhasil jadi pengusaha, Jokowi pun gak segan berbagi tips sukses.

Emang sih waktu berkiprah sebagai pengusaha dulu, namanya kurang santer terdengar. Namun, pengalamannya selama terjun ke dunia usaha telah mengajarkannya banyak hal.

Jokowi pernah menyatakan, kalau membangun usaha itu bukanlah perkara yang mudah. Pokoknya, ada aja persoalan yang dihadapinya saat mengembangkan usaha. Salah satunya adalah ketika ia tertipu order fiktif senilai Rp 30 juta.

Alih-alih menghentikan langkahnya sebagai pengusaha, Jokowi malah terus menjalankan CV Rakabu, usaha mebel yang dirintisnya sejak 1989. Apalagi secara kebetulan, ia mendapat peluang meraih modal Rp 500 juta dari Perusahaan Gas Negara.

Adanya suntikan modal ini gak disia-siakan gitu aja oleh Jokowi. Usaha Jokowi dalam membangun CV Rakabu membuahkan hasil. Ia kebanjiran pesanan. Gak cuma pesanan dari dalam negeri, ia juga menerima pesanan dari luar negeri tahun 1991.

Tahun demi tahun berganti, dan usaha Jokowi mengalami perkembangan pesat. Kurang dari lima tahun, ia memiliki banyak pabrik yang berlokasi di Sukoharjo, Sragen, Boyolali, dan Solo.

Bahkan, kemajuan usaha mebelnya tersebut membawa dirinya menjadi Ketua Asosiasi Mebel Indonesia cabang Surakarta tahun 2002.

Dari menjalankan usaha, Jokowi bisa menjalin relasi bisnis dengan orang-orang penting. Salah satunya Luhut Panjaitan yang kini menjadi menteri di pemerintahannya.

Sekalipun kini udah gak lagi mengurus usahanya karena telah menjadi Presiden, Jokowi senang sekali kalau diminta memberi tips-tips sukses berbisnis. Apa aja tips-tipsnya? Yuk simak sama-sama.

1. Harus pandai-pandai melihat peluang

Tips sukses dari Pak Jokowi ini mengajarkan kita supaya jeli melihat peluang. Dengan begitu, kita bisa meraih untung dari usaha yang dijalankan.

2. Kerja keras kalau pengin sukses

Menurut Pak Jokowi, kalau pengin sukses dalam menjalankan usaha, bekerja keraslah. Sebab, Jokowi bisa sukses menjadi pengusaha mebel pun berkat kerja keras.

3. Harus berani ambil risiko kalau usaha pengin maju

Orang yang berani ambil risiko bakal maju dalam menjalankan usahanya. Inilah tips sukses yang disarankan Pak Jokowi.

4. Terus berinovasi agar bisa berhasil dalam jalankan bisnis

Bagi Jokowi, inovasi itu penting banget buat keberlangsungan bisnis. Dengan terus berinovasi, pelanggan bakal tetap loyal, bahkan terus bertambah jumlahnya.

5. Fokus jalankan satu bisnis dulu hingga sukses

Pak Jokowi bilang kalau pengin sukses dalam bisnis, ada baiknya fokus jalankan satu bisnis dulu. Contohnya seperti dia yang fokus jalankan bisnis mebel hingga berhasil.

6. Pentingnya melakukan survei kecil-kecilan

Jangan terlampau buru-buru dalam memulai bisnis. Lakukan survei kecil-kecilan terlebih dahulu. Begitu waktunya tepat, segeralah mulai berbisnis.

Itu tadi enam tips bisnis dari presiden kita Joko Widodo. Moga-moga tips-tips di atas bisa membantu kamu dalam menjalankan bisnis dan meraih sukses seperti Jokowi.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →