Tips Bisnis Jitu Agar Bisa Bersaing di Pasar Global

Tips Bisnis

Sebagai seorang pebisnis, tentu akan merasa bahagia jika sudah bisa merambah pasar global. Tentu kerja keras kamu selama ini dan tetap bertahan di tengah persaingan yang ketat akan membawa hasil manis. 

Tetapi, ketika sudah memasuki pasar internasional perlu kamu ingat bahwa tantangan akan semakin besar lagi. Agar bisnis tersebut dapat menembus negara lain dengan lancar, perencanaan yang matang harus kamu pegang. 

Selain itu, perlu memahami sejumlah besar tantangan yang mungkin dihadapi ketika membawa bisnis tersebut ke pasar global. Dikutip dari Laruno.id, simak tips yang bisa membantu mengembangkan bisnis di pasar global ini yuk.

1. Melakukan riset mendalam

Tips Bisnis
Melakukan riset mendalam sebelum memulai bisnis (Shutterstock).

Sebelum memutuskan untuk masuk ke pasar global, ada baiknya kamu riset terlebih dahulu dan memahami dampaknya. Melakukan kelayakan bisnis di negara-negara tertentu penting juga untuk dilakukan. 

Kamu perlu memahami batasan lokal yang kemungkinan dihadapi di negara-negara baru. Sebaiknya langkah terbaik adalah mengunjungi negara yang ditargetkan, berinteraksi dengan penduduk setempat, berkonsultasi dengan pihak berwenang tentang bisnis dan pelajari penyesuaian yang harus dibuat pada produk. Kamu juga dapat menggunakan internet untuk mempelajari pola dan kondisi bisnis lokal di negara-negara di seluruh dunia.

2. Bangun tim yang solid

Tips Bisnis
Tim bisnis yang solid menentukan keberhasilan perusahaan di masa depan (Shutterstock).

Setelah melakukan riset matang, selanjutnya adalah membangun tim yang solid. Ada baiknya kamu menyewa tim lokal agar bisa memahami negara masing-masing tersebut. Ini akan menghemat waktu dan menanamkan sikap positif kepada penduduk setempat terhadap bisnis Anda.

Jika ingin organisasi bergerak maju, ada baiknya kamu menyewa eksekutif senior yang sudah teruji. Mereka akan meletakkan fondasi yang baik untuk bisnis di berbagai negara. Setelah meletakkan landasan yang baik untuk perusahaan di pasar baru, kamu perlu memulai proses merekrut tim manajemen senior yang tepat. Bekerja dengan konsultan lokal juga cukup disarankan. 

3. Bangun hubungan baik dengan pebisnis lokal

Tips Bisnis
Bangun relasi yang baik dengan pebisnis lokal (Shutterstock).

Membangun hubungan baik dengan pebisnis lokal juga sangat disarankan. Apalagi pada tahap awal seperti ini. Minimal kamu harus menciptakan hubungan baik dengan agensi lokal guna meminimalkan risiko finansial yang akan terjadi ke depan. 

Untuk memperkuat atau memperkuat hubungan ini, kamu perlu membangun tim internal yang berkualifikasi. Tapi perlu diingat, kamu akan menghadapi penolakan dari beberapa perusahaan yang mungkin melihatmu sebagai pesaing. Ini tantangan yang harus dihadapi dan cari cara mengatasi tantangan ini.

4. Pelajari sistem pajak serta hukum

Tips Bisnis
Pajak (Ilustrasu by Shutterstock).

Jika kamu sudah berada di luar negeri, penting kiranya mengetahui sistem pajak juga hukum yang berlaku. Hal ini tentunya agar perusahaan kamu tersebut mendapatkan dokumen hukum yang benar dari lembaga pemerintah terkait. 

Patuhi semua persyaratan ketat yang ada, imbau karyawanmu agar juga menaatinya. Sehingga tidak ada masalah terjadi selama perusahaanmu menaati aturan main yang berlaku. Jangan lupa, bayar pajak dan jangan sampai telat. 

5. Siapkan pemasaran

Tips Bisnis
Pemasaran bisnis (Shutterstock).

Setelah mendapatkan dokumen resmi tentang perusahaanmu, sudah saatnya kamu menyiapkan pemasaran atau layanan masyarakat. Dengan bantuan internet, kamu dapat mengiklankan produk dan layanan melalui online.

Kamu juga harus mengenalkan produk melalui situs web yang disesuaikan dengan pelanggan dapat mudah memesan barang dan jasa hingga melakukan pembayaran. Serta persiapkan pengiriman ke negara-negara tersebut dalam waktu yang ditentukan.

Namun, agar bisnis atau produk dapat berkembang dan diterima di pasar global, yang kamu jual adalah produk berkualitas tinggi. Selain itu, tim layanan pelanggan perusahaan harus memperlakukan setiap klien dengan hormat terlepas dari latar belakangnya.

Nah itu tadi yang perlu kamu perhatikan sebelum memasarkan produk bisnismu ke pasar global. Semoga tips bisnis tadi membantu ya! (Editor: Winda Destiana Putri).

 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →