Perhatikan Tips Bisnis Ini Jika Gak Ingin Usaha yang Dibangun Gulung Tikar

Tips Bisnis

Tips Bisnis

Bisnis yang dibangun sendiri maupun kelompok memang memiliki tantangannya masing-masing. Kalau kamu gak pandai menanganinya, pasti akan berakhir gulung tikar. Tips bisnis berikut ini bisa membangun kredibilitas dalam persaingan. 

Meski demikian, masih ada kemungkinan besar kamu melakukan hal-hal yang membuat bisnis tersebut hancur. Bahkan, banyak pengusaha pemula yang merusak merek mereka tanpa menyadarinya. Jangan biarkan kebiasaan ini menggagalkan peluang kamu untuk sukses.

Mengutip laman Liputan6, berikut empat hal yang membuat bisnis mu hancur tanpa disadari.

Baca juga: Mau Berhasil Hidup Hemat Tiap Bulan? Coba dengan Pola Pikir Ini, Apa Aja?

1. Tidak memiliki tujuan yang jelas

Tips Bisnis
Dalam berbisnis, harus memiliki tujuan yang jelas (Shutterstock)

Setiap bisnis wajib memiliki tujuan yang jelas. Mengapa kamu membangun bisnis tersebut? untuk apa dan bagaimana, ini adalah pertanyaan awam dan sangat penting. Terlalu banyak orang mencoba membangun bisnis mereka dengan tujuan tidak jelas. Ada juga yang di tengah jalan mendadak kurang fokus sehingga semua berjalan tidak sesuai alur. 

Lakukan hal sebaliknya, kaji lagi tujuan kamu membangun bisnis tersebut. Apakah kamu ingin berbagi pengetahuan dari pengalaman sendiri atau malah ingin menunjukkan nilai kepada calon perusahaan ke depannya. Dengan begini kamu bisa lebih fokus dalam mengembangkan bisnis dan terhindar dari gulung ke depannya. 

2. Terlalu banyak mempromosikan diri

Tips Bisnis
Rapat bisnis (Ilustrasi by Shutterstock).

Mempromosikan barang jualan memang penting dilakukan, apalagi untuk CEO seperti kamu. Tetapi ingat, jangan terlalu berlebihan dalam mempromosikannya. Juga jangan terlalu sering tampil dengan produk tersebut di media sosial. 

Gunakan promosi yang sewajarnya saja. Sehingga orang mudah mengingatnya dan tidak berlebihan. Beberapa ahli menyarankan kamu hanya menggunakan 10 persen dari postingan tersebut dalam mempromosikan diri.

Baca juga: Sulit Mengumpulkan Dana Pensiun? Mungkin Ini yang Menjadi Penyebabnya

3. Mengabaikan media promosi tradisional

Tips Bisnis
Jualan secara langsung juga sangat diperlukan dalam bisnis (Shutterstock).

Seiring berkembangnya teknologi, perkembangan internet dan sosial media memang sudah tidak bisa dibatasi. Sebagian besar influencer mampu mengumpulkan banyak pengikut melalui blog dan media sosial. Kamu bisa tergoda untuk berpikir bahwa mengikuti jejak mereka adalah ide baik. 

Namun, interaksi tatap muka masih memberikan banyak nilai, dan jika mengabaikan ini, kamu akan kehilangan peluang berharga untuk membangun bisnis tersebut. Promosi secara offline juga masih perlu dilakukan di era milenial saat ini. 

Bahkan menjadi sukarelawan untuk acara publik lokal dapat memberi kamu kesempatan untuk menunjukkan apa yang membuatmu dan produkmu unik. Jika hubungan kamu sepenuhnya melalui online, tentu itu tidak akan membuat kesan yang kuat.

4. Tidak konsisten

Tips Bisnis
Konsistensi juga penting dalam membangun bisnis (Shutterstock).

Bisnis membutuhkan konsistensi yang tinggi. Apalagi dalam mengembangkan strategi pemasaran perusahaan. Tanpa pesan dan tindakan yang konsisten, kamu akan kehilangan identitas. Lebih buruk lagi, kamu dapat dengan mudah kehilangan kredibilitas dan kepercayaan.

Fokus mempertahankan identitas dalam suara, tindakan, dan proposisi nilai unik kamu akan membuktikan profesionalisme dan keaslian. Juga itu akan membantu kamu mendapatkan kepercayaan dari orang lain.

Itu tadi empat kesalahan yang seringkali orang lakukan dalam memulai bisnis. Semoga tips bisnis tadi berguna ya! (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis