Pengin Cepat Kaya Raya di Tahun 2020 Ini? Begini 5 Cara Mudah yang Bisa Dilakukan

Tahun baru sudah tiba. Menyambut tahun 2020 ini kamu pasti memiliki resolusi baru seputar keuangan. Salah satunya pasti keinginan untuk cepat kaya bukan? Atau setidaknya terbebas dari masalah finansial seperti tagihan maupun utang. 

Memang, memiliki utang atau cicilan merupakan kewajiban yang perlu kamu bayarkan setiap bulannya. Jika sudah merasa lelah dengan semua ini, mari cari jalan keluar agar utang atau cicilan tersebut bisa cepat lunas. 

Mengutip berbagai sumber, berikut beberapa cara agar kamu cepat kaya di tahun 2020 ini. Kita simak yuk ulasannya disini. 

1. Menambah sumber penghasilan utama

Cepat Kaya
Menambah sumber penghasilan menjadi cara untuk cepat banyak uang (Shutterstock).

Jika utang sudah dirasa berat, ada baiknya kamu menambah jumlah pemasukan bulanan. Tujuannya adalah untuk segera melunasi utang atau cicilan tersebut. Ada baiknya kamu mencoba mengembangkan kemampuan baru seperti menjadi penulis lepas, editing video maupun photographer freelance. 

Semua peluang dirasa mungkin asal kamu sudah bisa menemukan apa yang menjadi keahlian saat ini. Jika sudah, kamu tinggal mengasahnya lebih dalam lagi. Belajar terus dan olah keterampilan tersebut hitung-hitung dapat meningkatkan resume pekerjaan di kemudian hari. 

2. Coba investasi

Cepat Kaya
Investasi (Shutterstock).

Awal tahun ini gak ada salahnya kamu mulai berinvestasi. Pasalnya, menumpuk uang saja di dalam rekening tabungan tidaklah cukup. Hidup di zaman ini kamu perlu memiliki investasi tambahan bisa berupa emas, tanah, logam mulia, reksadana atau saham. 

Tetapi sebelum memulainya, kamu bisa bertanya dulu pada perencana keuangan atau mendatangi perusahaan terkait. Minta penjelasan sedetailnya agar tidak terjadi kesalahan ke depannya. Apalagi ini adalah bidang yang baru akan kamu coba, jadi ada baiknya jeli sebelum mencoba. 

3. Kurangi jajan di luar

Cepat Kaya
Membeli makanan di pinggir jalan (Shutterstock).

Ketika kamu memiliki uang tentunya akan sangat mudah untuk dihabiskan begitu saja. Ini membuat kamu menjadi sulit kaya dan terjerat dalam masalah keuangan lain seperti utang. Stop kebiasaan seperti itu. Mulai sekarang kurangi gaya hidup boros seperti belanja yang tidak perlu, kurangi jajan di luar, ada baiknya membawa bekal. Kalau membawa kendaraan pribadi lebih boros, kamu bisa ganti dengan naik transportasi umum seperti MRT atau commuter line. 

4. Kurangi belanja online

Cepat Kaya
Rajin belanja online juga salah satu kebiasana yang harus dihindarkan lho, (Ilustrasi/Shutterstock).

Belanja online adalah musuh bersama bagi mereka yang ingin berhemat. Niat awal hanya sekedar iseng membuka aplikasi tersebut, lalu berujung pada pembelanjaan gak masuk akal seperti membeli perabotan yang gak penting-penting banget. Ada baiknya kamu uninstall aplikasi ecommerce yang ada sekarang juga. Jika memang ada barang yang kamu butuhkan, lebih baik mencarinya langsung di toko fisik. Jangan lupa, buat daftar belanja sebelum berangkat ya!

Nah itu tadi empat cara agar kamu bisa cepat kaya di tahun ini. Memang awalnya akan terasa sulit, terlebih ketika kamu adalah tipe loyal yang seringkali membuang-buang uang. Tetapi demi finansial yang lebih baik, gak ada salahnya kok bersusah-susah dulu sebelum bersenang-senang kemudian. Semoga bermanfaat ya! (Editor: Winda Destiana Putri). 

 

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis