Jangan Salah Pilih, Simak Tips Cerdas Beli Mobil Bekas untuk Keluarga

Sebelum membeli mobil bekas, ada baiknya kamu mengecek segala kelengkapan data terlebih dahulu (Shutterstock).

Memiliki sebuah mobil adalah impian semua orang, terutama bagi mereka yang sudah memiliki keluarga. Mobil bekas kerap kali menjadi pilihan alternatif yang tepat untuk mendukung mobilitas para anggota keluarga. Namun, seiring dengan kebutuhan anggota keluarga yang berbeda-beda, menentukan mobil bekas untuk keluarga membutuh sedikit ketelitian.

Banyak hal yang harus dipertimbangkan agar mobil bekas yang dipilih bisa menunjang kebutuhan keluarga.  Yuk simak beberapa tips cerdas memilih mobil bekas untuk keluarga di bawah ini.

Cari mobil dengan harga sesuai kemampuan finansial

Hal pertama yang harus diperhatikan ketika ingin membeli mobil bekas untuk keluarga adalah harga mobil yang sesuai dengan kemampuan finansial yang kamu miliki. Kamu bisa menggunakan metode dengan menyesuaikan jumlah anggota keluargamu untuk memilih jenis mobil apa yang tepat. 

Jika sudah berapa jumlah anggota keluargamu, kamu sudah bisa memprediksi jenis mobil bekas apa yang cocok untuk digunakan. Bisa jadi mobil bekas dengan tipe SUV, MPV, Hatchback, Crossover dan masih banyak lagi mobil bekas untuk keluarga lainnya. Ingat, kesampingkan gengsi untuk membeli mobil baru dan pikirkan lebih baik benefit apa saja yang bisa kamu dapatkan ketika mendapatkan mobil bekas dengan kondisi seperti mobil baru. 

Pilih mobil yang muat menampung seluruh anggota keluarga

Hal kedua yang harus diperhatikan ketika memilih mobil bekas untuk keluarga adalah pastikan mobil yang dipilih memiliki kapasitas muat yang banyak. Pastikan kabin memiliki ruang yang lega agar perjalananmu nyaman dan aman mulai dari ruang kaki, ruang kepala hingga tempat penyimpanan barang (bagasi). Dengan begitu, Sahabat tidak perlu bingung lagi saat harus bepergian jauh yang mengharuskan membawa perlengkapan yang banyak.

Fitur keselamatan jangan diabaikan

Hal ketiga yang sering dilewatkan ketika membeli mobil bekas untuk keluarga adalah fitur keselamatannya. Cek ketersediaan fitur keselamatan seperti sabuk pengaman, airbag, ISOFIX (pengunci kursi bayi di baris belakang) dan fitur lainnya. Kita tidak pernah tahu kapan bahaya akan datang, jadi sangat dihimbau untuk memperhatikan ketersediaan fitur keselamatan pada mobil yang kamu inginkan.

Selain harus aman, pastikan mobil nyaman pula

Selain fitur keselamatan, ketika membeli mobil bekas untuk keluarga kalian juga harus memperhatikan fitur-fitur yang menunjang kenyamanan selama perjalanan. Hal ini sangat penting, apalagi jika kamu dan keluarga seringkali melakukan perjalanan jauh.

Pastikan untuk memilih mobil dengan tempat duduk yang nyaman dan empuk, AC yang segar, ruangan yang cukup luas dan lega, suasana yang senyap saat berada di dalam mobil, dan juga memiliki suspensi yang empuk. Hal ini sangat berguna agar kamu dan anggota keluarga lainnya (anak-anak dan orang tua) tidak mudah terasa lelah saat bepergian.

Jika dilengkapi fitur-fitur terbaru tentu lebih baik

Selain fitur penunjang kenyamanan, saat membeli mobil bekas untuk keluarga Sahabat juga harus memperhatikan fitur hiburan. Pastikan fitur hiburan yang ada di dalam mobil up to date agar perjalanan bersama keluarga tidak membosankan. Pastikan kalau mobil keluarga bekas ini dilengkapi dengan beberapa fitur seperti radio, TV, audio, atau bisa juga dengan menambahkan games di dalamnya. Wah, pasti jadi lebih menyenangkan!

Konsumsi BBM perlu diperhatikan juga

Mobil bekas untuk keluarga yang kamu beli mungkin akan sangat sering digunakan. Mulai dari mengantar anak ke sekolah, pergi ke kantor, ke pasar atau berwisata di akhir pekan. Bila mobil tersebut tidak irit BBM, maka pengeluaran untuk bahan bakar mobil akan terasa sangat berat. Oleh karena itu, pastikan mobil bekas untuk keluarga yang dipilih menawarkan penggunaan BBM yang hemat.

Pastikan biaya perawatan mobil aman buat kantong

Ketika membeli mobil bekas untuk keluarga Sahabat harus membaca atau menggali informasi mengenai permasalahan umum pada mobil yang kamu inginkan. Dengan begitu, Sahabat sudah bisa memprediksi kan berapa biaya yang harus kamu keluarkan di setiap perawatan mobil yang harus kamu lakukan. 

Semakin canggih dan kompleks teknologi yang ada dalam mobilmu, maka akan semakin tinggi pula harga perawatan mobilnya. Maka, ada baiknya untuk membandingkan biaya perawatan mobil bekas untuk keluarga dengan lebih cermat.

Jangan beli mobil yang suku cadangnya langka atau terlalu mahal

Selain menghitung biaya perawatan mobil bekas untuk keluarga, Sahabat juga harus memastikan bahwa spare part mobil yang kamu inginkan mudah didapatkan. Jangan hanya karena penampilan mobilnya yang menarik membuat kamu membeli mobil tersebut padahal ternyata ketersediaan spare part-nya sulit didapat. 

Manfaatkan promo yang ditawarkan situs-situs e-commerce otomotif

Memanfaatkan jasa dan promo-promo yang ditawarkan berbagai e-commerce otomotif untuk membeli mobil bekas berkualitas tentu jadi keputusan cerdas. Salah satunya adalah layanan Bantu Beli yang ditawarkan Garasi.id

Garasi.id akan membantu mulai dari mencari mobil sesuai keinginan, memastikan kondisi mobil tidak bekas banjir dan kecelakaan, hingga mengajukan kredit dengan proses cepat dan mudah. Ada pula promo DP rendah 25% dengan proses yang mudah dan cepat.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →