Pengin Meningkatkan Produktivitas Kerja di Kantor, Begini Tipsnya

Produktivitas kerja seorang karyawan biasanya terwujud sebagai prestasi di tempat mereka bekerja (Shutterstock).

Menjadi seorang pekerja kantoran tidak selalu menyenangkan. Ada kalanya rasa bosan dan jenuh pada rutinitas sehari-hari kian menghampiri. Untuk meningkatkan produktivitas kerja juga jadi tidak mudah. 

Produktivitas kerja seorang karyawan biasanya terwujud sebagai prestasi di tempat mereka bekerja. Produktivitas pada dasarnya adalah suatu sikap yang selalu memiliki pandangan bahwa mutu kehidupan hari ini harus lebih baik dari kemarin, begitupun seterusnya. 

Nah, untuk mengembalikan semangat di tempat kerja perlu kiranya kamu mengatur kembali jadwal yang sebelumnya berantakan. Sehingga mood bekerja bisa kembali normal dan pekerjaan pun bisa cepat terselesaikan. 

Mengutip laman CNN, berikut ini tips dan trik meningkatkan produktivitas kerja di kantor. 

1. Fokus bekerja

Produktivitas Kerja
Fokus bekerja untuk masa depan lebih baik (Shutterstock).

Selama bekerja usahakan untuk tetap fokus demi terselesainya pekerjaan tersebut tepat waktu. Jangan mudah terpengaruh dengan ponsel untuk sekedar mengecek media sosial atau pesan singkat. Ini hanya akan mengganggu pekerjaanmu saja. 

Mulailah berdisiplin pada diri sendiri dengan menjauhkan ponsel selama bekerja. Matikan nada dering ponsel agar hal itu tidak mengganggu. Terkadang notifikasi ponsel bisa menjadi penghambat pekerjaanmu kalau terus menerus berdering. 

Apalagi jika notifikasi itu dari pemberitahuan media sosial. Kamu bakalan jadi lupa waktu dan terus menerus bermain medsos di kala jam kerja tengah berlangsung. Apabila lebih banyak memainkan ponsel, maka waktu produktif pun akan terbuang sia-sia, kamu harus fokus pada apa yang telah menjadi prioritas. 

2. Multitasking

Produktivitas Kerja
Multitasking (Shutterstock).

Berdasarkan penelitian, menjadi multitasking memang bisa menyelesaikan berbagai pekerjaan sekaligus. Namun hasil akhir justru tidak berjalan dengan semestinya. Multitasking tidak apa-apa dilakukan asal kamu tahu mana yang jadi prioritas dan menyelesaikan dengan baik. 

Percuma jika multitasking tetapi tugas yang menjadi prioritas tidak selesai dengan semestinya. Itu hanya akan menambah pekerjaan baru di kemudian hari. 

3. Hindari gangguan

Produktivitas Kerja
Bekerja serius (Shutterstock).

Gangguan di tempat kerja memang bisa datang kapan saja. Seperti rekan yang tiba-tiba mengajak berbicara padahal kamu tengah mengerjakan banyak pekerjaan. Belum lagi di saat makan siang, banyak tawaran untuk keluar kantor dan pergi selama dua jam. Ini juga menjadi penghambat dalam menyelesaikan pekerjaan. 

Ada baiknya kamu menghindari gangguan tersebut semaksimal mungkin. Jika ada teman yang sedang mengobrol di jam kerja, jangan terpancing untuk masuk ke dalamnya. Buat dirimu menjadi produktif dengan mengacuhkan beberapa hal gak penting. Ketika pekerjaan sudah selesai, bukan berarti kamu bisa ikut bersantai, tapi ada baiknya periksa ulang dan siapkan materi yang harus dikerjakan esok hari. Dengan begini waktu kerja kamu gak terbuang sia-sia. 

4. Beristirahat sejenak

Produktivitas Kerja
Mengobrol dengan rekan kerja (Shutterstock).

Kalau lelah, ambil waktu untuk rehat sejenak dari pekerjaan. Bisa memejamkan mata selama 3 menit atau sekedar berjalan-jalan ke sekelilingmu. Jangan bekerja terlalu keras meski deadline menunggu setiap saat. 

Bisa juga dengan bersantai di luar sambil menghirup udara segar dan menyeruput secangkir kopi. Istirahat itu penting. Jangan sampai pekerjaan membunuh waktu dan jam istirahatmu. Kalau tubuh sehat, pikiran pasti akan kembali segar dan bisa melanjutkan pekerjaan dengan suasana hati yang ceria. Dengan begini hasil pekerjaan pun akan maksimal. 

5. Perencanaan yang baik

Produktivitas Kerja
Membuat daftar pekerjaan setiap hari (Shutterstock).

Merencanakan pekerjaan untuk setiap harinya juga dapat meningkatkan produktivitas kerja lho. Kamu bakalan mendapat gambaran tentang jadwal dan tujuan jangka panjang ke depannya. 

Kamu bisa membuat perencanaan kerja melalui aplikasi yang sudah banyak seperti Trello atau Todoist. Dengan melihat rencana kerja keesokan hari, kamu bakalan tahu apa yang menjadi prioritas pekerjaan saat itu. 

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Sebelum memulai hari kerja, luangkan waktu selama 30 menit untuk merencanakan hari dan mencari tahu apa yang perlu dilakukan. Dengan mengurutkan jadwal yang perlu dilakukan kamu akan menjadi jauh lebih produktif. 

Nah itu tadi lima hal yang bisa kamu lakukan demi meningkatkan produktivitas kerja. Intinya, kerja keras itu perlu tapi harus seimbang dengan kecukupan istirahatnya ya. Semoga bermanfaat! (Editor: Winda Destiana Putri). 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →