Mau Berhasil Hidup Hemat Tiap Bulan? Coba dengan Pola Pikir Ini, Apa Aja?

Jika biasanya tips hemat lebih menitikberatkan kamu untuk menabung atau melakukan pengiritan lain, coba diubah dari sudut pandang atau mindset. Pengeluaran yang tiba-tiba membengkak bukan tanpa alasan lho guys! Penyebabnya ya bisa jadi karena mindset atau pola pikir kamu yang selalu merasa uang di dompet. 

Akibatnya adalah, kamu selalu bersikap cuek terhadap semua pengeluaran dan gak memikirkan dampaknya. Nah, gimana sih supaya kondisi keuangan gak merosot terus menerus? Langkah pertama ya dengan mengubah pola pikir tersebut. Pola pikir yang selalu membuat kamu merasa banyak uang, padahal sih enggak sama sekali kan?

Tanpa sadar kamu jadi bersikap boros dan parahnya bisa menimbulkan utang dimana mana. Nah jika kamu gak tau harus mulai darimana untuk mengubah mindset tersebut, nih caranya. 

1. Memiliki banyak pengeluaran

Tips Hemat
Memiliki banyak pengeluaran (Shutterstock).

Mulailah berfikir kamu memiliki banyak pengeluaran yang wajib dibayar setiap awal bulan. Pengeluaran yang sudah berkeluarga tentunya lebih banyak ketimbang lajang. Jika kamu sudah selalu berfikir memiliki banyak cicilan yang wajib dibayar, sudah pasti kamu lebih berhati – hati dalam bertransaksi. 

Menurut riset, seseorang yang masih single memiliki pengeluaran jauh lebih boros akibat gaya hidup. Nah bagaimana mengatasinya? coba lah berfikir bahwa kamu selalu memiliki pengeluaran atau cicilan yang wajib dilunasi. Hal ini tentu untuk menghilangkan sifat keramahan kamu terhadap uang. Intinya sih, pikir-pikir dulu sebelum membeli sesuatu, apakah butuh atau sekedar ingin saja. 

2. Menganggap keuangan sedang kritis

Tips Hemat
Keuangan sedang kritis (Shutterstock).

Berfikirlah keuanganmu sedang kritis tiap kali ingin membeli sesuatu. Anggap saja gaji yang baru kamu terima dua minggu lalu sudah semakin menipis, dan kamu perlu hemat untuk dua minggu ke depan. 

Pola pikir seperti ini otomatis akan membuat kamu sangat hemat. Ajakan teman untuk makan di luar, atau sekedar jajan di platform ojek online pun bisa kamu atasi dengan mudah. 

3. Beraktivitas dalam ruangan

Tips Hemat
Mendengarkan musik di dalam rumah (Shutterstock).

Jika merasa sulit untuk tidak keluar rumah, ubah pola pikir kamu dengan melakukan hal menarik lain bisa kok dari dalam rumah saja. Dengan begitu keinginan untuk ngemall yang berujung pada belanja gak perlu bisa kamu hentikan. 

Apalagi saat akhir pekan tiba, pasti kamu sering mendapat ajakan dari teman kantor ataupun kerabat untuk keluar rumah. Katakan kepada mereka kalau belakangan ini kamu sedang senang melakukan aktivitas di dalam ruangan, seperti membaca, mendengarkan musik, atau menonton. Alasan ini akan membantu untuk terhindar dari kebiasaan yang cenderung menguras isi dompet.

4. Katakan tidak

Tips Hemat
Katakan tidak untuk hal yang kurang disukai (Shutterstock).

Jika pada suatu kesempatan kamu harus keluar rumah dan pergi ke mall, coba katakan tidak pada setiap sales yang menawarkan suatu produk. Entah itu barang yang kamu inginkan atau tidak. 

Tegaskan pada diri sendiri bahwa kamu tidak membutuhkan barang tersebut. Atau coba katakan pada sales yang sedang berusaha keras merayumu bahwa kamu sudah memiliki benda tersebut di rumah. Sehingga keimananmu gak semakin goyah oleh rayuan sales tersebut. 

5. Menganggap tabungan sudah menipis

Tips Hemat
Tabungan sudah menipis (Shutterstock).

Setiap orang selalu merasa ketakutan jika tabungan mereka menipis, apalagi sampai habis. Nah coba ubah mindset kamu seperti ini. Anggap saja tabunganmu sedang dalam tahap kritis. Pikirkan bagaimana jika terjadi sesuatu yang gak diinginkan, sementara tabunganmu gak cukup untuk menutupinya. 

Dengan begini, kebiasaan untuk bersikap seenaknya terhadap uang bisa diperkecil. Kamu akan merasa uang itu perlu dan wajib ditabung untuk mengantisipasi kejadian tidak diinginkan di masa mendatang. 

6. Tahan penggunaan kartu kredit

Tips Hemat
Menggunakan kartu kredit untuk membayar transaksi (Shutterstock).

Dalam masa penghematan ini coba ubah pola pikir kamu akan kartu kredit. Jika biasanya kamu merasa aman ingin membeli sesuatu karena ada yang membackup seperti kartu ini, hentikan pemikiran itu. 

Ubah pola belanja kamu mulai saat ini. Usahakan gunakan uang tunai jika perlu membeli sesuatu. Jangan andalkan kartu kredit terus menerus jika tidak ingin keuanganmu berantakan. 

Dengan begini tidak ada lagi tagihan baru yang perlu dibayar atau dicicil setiap bulan. Hal yang perlu kamu lakukan hanyalah membayar tagihan di masa lalu sampai lunas. 

Nah itu tadi beberapa tips hemat melalui pola pikir. Jika pikiranmu sendiri sudah berhasil kamu kendalikan, tentu pengeluaran pun juga semakin terkendali kan? Semoga bermanfaat ya! Jangan boros-boros! (Editor: Winda Destiana Putri).

 

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis