Jangan Pakai Sandal dan Bawa Uang Receh! Ini Cara Hemat Liburan di Gumuk Pasir Jogja

Gumuk pasir Jogja kini menjadi salah satu objek wisata yang tengah hits di Yogyakarta. Tempat wisata yang berada di kawasan Pantai Parangtritis, Bantul selalu ramai dikunjungi orang dari seluruh penjuru dunia.

Gimana gak, keindahan Gumuk Pasir Jogja dengan gundukan pasir dan pepohonan akan membuatmu serasa berada di Timur Tengah. Ditambah, di kawasan tersebut juga terdapat beberapa lokasi wisata seperti Pantai Parangtritis hingga Bukit Paralayang Watugupit.

Gak cuma itu saja, kota yang khas dengan gudegnya itu juga dikenal memiliki biaya hidup murah meriah.

Bahkan, kamu bisa menyantap makanan lezat dengan harga bersahabat di bawah Rp 10 ribu. Salah satu kuliner murah di Jogja yang terkenal adalah Mie Ayam Tumini. 

Tempat makan yang terletak di kawasan Giwangan itu harga per porsinya dibanderol sebesar Rp 6.000 saja.

Gak heran kalau Yogyakarta menjadi salah satu kota di Indonesia yang banyak dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Nah, buat kamu yang berencana menghabiskan waktu liburan berkunjung ke Jogja, jangan lewatkan momen berjelajah kawasan Parangtritis. Salah satunya dengan datang ke Gumuk Pasir Jogja atau yang dikenal dengan Gumuk Pasir Parangkusumo.

Agar liburanmu semakin seru dan menyenangkan, sebaiknya cari tahu dulu yuk info menarik seputar tempat wisata tersebut. Mulai dari berapa lama perjalanan, harga hingga hal-hal yang sebaiknya kamu gunakan dan tidak.

Perjalanan

Gumuk pasir jogja
Perjalanan

Perjalanan menuju Gumuk Pasir Parangkusumo bisa dibilang cukup jauh yaitu sekitar 30 kilometer dari kawasan Malioboro Yogyakarta.

Jika berkendara menggunakan mobil akan memakan waktu sekitar 50 menit, sementara sepeda motor sekitar 46 menit. Namun, perjalanan menuju kawasan tersebut terbilang membosankan karena track perjalanannya hanya lurus.

Tapi, buat kamu yang ingin mengunjungi tempat tersebut menggunakan kendaraan umum. Kamu bisa naik bus jurusan Parangtritis dari Terminal Giwangan dan minta diturunkan di dekat Gumuk Pasir. Harga ongkosnya sekitar Rp 20 ribu.

Baca juga: Deretan Tempat Wisata Edukatif di Jogja, Tiketnya Ada yang Rp 5.000

Tiket masuk dan jam operasional

Gumuk pasir jogja
Tiket masuk dan operasional

Jam operasional Gumuk Pasir Jogja, mulai pukul 07.00 WIB – 18.00 WIB. Namun, agar kamu mendapatkan pencahayaan yang cantik, disarankan datang saat pagi maupun sore hari agar kamu bisa menikmati keindahan sunrise dan juga sunset.

Sementara untuk tiket masuknya dibanderol dengan harga Rp 15 ribu per orang saat masuk kawasan Parangtritis dan tiket parkir kendaraan di dekat Gumuk Pasir sebesar Rp 5.000 per kendaraan.

Baca juga: Menapaki Objek Wisata Yogyakarta yang Selalu Berhasil Bangkitkan Kenangan

Aktivitas seru di Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk pasir jogja
Aktivitas seru

Selain berfoto ria di Gumuk Pasir Parangkusumo, kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas seru di sana. Seperti keliling kawasan tersebut mengenakan mobil Jeep hingga bermain sandboarding, yaitu berseluncur di pasir mengenakan papan.

Akan tetapi, jika kamu ingin jalan-jalan menggunakan Jeep, maka kamu harus menyiapkan bujet mulai dari Rp 350 ribu hingga Rp 700 ribu. 

Untuk harganya tergantung dari banyaknya tujuan wisata kamu. Selain itu, satu Jeep bisa diisi dengan empat orang. Jadi, bisa patungan sama teman-teman.

Sedangkan untuk menyewa papan seluncur, biaya yang harus keluarkan sebesar Rp 100 ribu. Harga tersebut sudah termasuk pelatihan menggunakan sandboarding.

Baca juga: 10 Ide Usaha yang Mendatangkan Banyak Cuan Jika Dirintis di Yogyakarta

Tips mengunjungi Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk pasir jogja
Tips mengunjungi

Agar liburanmu di Gumuk Pasir Parangkusumo menyenangkan dan gak bete karena panasnya cuaca serta angin kencang. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, yaitu:

  • Menggunakan baju yang nyaman dan menyerap keringat. Kamu gak mau kan kalau keseruan berlibur menjadi gak nyaman hanya karena kegerahan.
  • Jangan lupa bawa topi dan kacamata. Kacamata dapat melindungi mata kamu dari pasir yang terbawa angin serta dapat juga menahan silau matahari. Sementara topi, bisa melindungi rambutmu dari pasir. Selain itu menggunakan topi dan kacamata juga akan membuat penampilanmu semakin stylish kan?
  • Jangan mengenakan sandal. Hamparan pasir yang terpapar sinar matahari langsung tentu akan membuat pasir menjadi sangat panas. Untuk melindungi kaki kamu dari panasnya pasir, sebaiknya gunakanlah sepatu.
  • Bawa uang receh. Kamu juga sebaiknya membawa uang cash, khususnya uang receh. Pasalnya, beberapa warung makan di kawasan tersebut hanya menerima pembayaran menggunakan tunai dan tidak ada mesin EDC.

Itulah berbagai hal penting yang perlu kamu ketahui agar liburanmu ke Gumuk Pasir Jogja semakin seru dan tentu saja hemat. (Editor: Chaerunnisa)