5 Trik Menyiapkan Liburan Akhir Tahun yang Sempurna, Jaga Kesehatan Sebaik Mungkin!

Liburan Akhir Tahun Bersama Keluarga (Shutterstock).

Liburan Akhir Tahun Bersama Keluarga (Shutterstock).

Liburan akhir tahun sudah di depan mata dan malah sudah berjalan beberapa hari. Sebagai momen yang hanya datang setahun sekali, tentu kamu ingin liburan akhir tahun berjalan tanpa kendala dong pastinya. 

Banyak orang telah menunggu momen ini untuk bercengkrama lebih intim dengan anggota keluarga. Pasalnya selama satu tahun ke belakang kamu sudah banyak menghabiskan waktu hanya untuk bekerja, dan saat akhir tahun seperti ini gak ada salahnya bertemu dengan kerabat. 

Oleh karena itu, kamu perlu mempersiapkan berbagai hal sebelum datang hari H. Berikut 5 tips yang perlu kamu lakukan agar liburan akhir tahun kamu menyenangkan dan sempurna mengutip laman Traveloka.

1. Pilih jadwal liburan

Liburan Akhir Tahun
Waktunya berlibur! (Shutterstock).

Hal pertama yang harus kamu lakukan saat mempersiapkan liburan akhir tahun adalah menentukan jadwal. Dua hal yang perlu kamu pastikan yakni kapan dan berapa lama waktu liburan nanti. Pasalnya, kamu perlu menentukan jumlah hari cuti yang harus diajukan ke perusahaan tempat bekerja.

Menentukan jadwal liburan juga bisa membantu kamu menyiapkan keperluan dengan lebih baik. Kamu akan memiliki waktu lebih banyak untuk mempersiapkan dana, memilih destinasi, serta memesan transportasi dan akomodasi, yang akan lebih membuat kamu yakin liburan akan berjalan sesuai rencana.

2. Persiapkan dana liburanmu dengan matang

Liburan Akhir Tahun
Budget Traveling (Shutterstock).

Liburan merupakan salah satu cara untuk menyegarkan otak dan relaksasi diri. Jangan sampai, pulang liburan kamu menjadi stres karena dana liburan menguras habis tabungan. Oleh karena itu, perencanaan dana liburan harus dilakukan dengan matang.

Pertama, kamu harus menyiapkan dana untuk kebutuhan primer seperti transportasi, penginapan, dan makanan. Selanjutnya, siapkan kebutuhan tersier liburan seperti tiket masuk atraksi dan oleh-oleh. Biasanya, kebutuhan tersier inilah yang kurang terencana dengan baik, sehingga memakan banyak bujet liburan.

3. Tentukan destinasi liburan

Liburan Akhir Tahun
Berlibur bersama keluarga (Shutterstock).

Setelah mengetahui dengan pasti berapa jumlah dana yang kamu alokasikan untuk liburan, saatnya menentukan destinasi mana yang tepat untuk dikunjungi. Kamu bisa mulai bertanya pada diri sendiri, di mana kamu ingin menghabiskan liburan akhir tahun? apakah pantai, gunung, atau hanya keliling kota. Pertanyaan selanjutnya, apa yang akan kamu lakukan di sana? Berbelanja atau mengunjungi landmark wisata?

Jika sudah ditentukan, kamu bisa mengalokasikan bujet yang tepat untuk liburan nanti. Jangan sampai memilih destinasi yang tidak sesuai kantong sehingga membuat kamu harus sangat berhemat dan tidak bisa menikmati masa liburan.

4. Siapkan kebutuhan transportasi, akomodasi, dan hiburan

Liburan Akhir Tahun
Transportasi saat liburan (Shutterstock).

Hal yang paling penting lainnya dalam menyiapkan liburan yaitu kebutuhan transportasi, akomodasi, serta hiburan. Pastikan kamu telah memesan semuanya jauh sebelum keberangkatan. Agar lebih praktis, kamu bisa memesan semua kebutuhan tersebut melalui Traveloka.

Dengan memesan melalui Traveloka, banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan. Mulai dari merubah jadwal transportasi atau hotel yang sudah dipesan hanya melalui aplikasi, membayar hotel di tempat dengan fitur Pay at Hotel, hingga memesan semua kebutuhan liburan sekarang dan membayarnya kemudian dengan PayLater, bisa kamu lakukan hanya dalam satu aplikasi.

5. Jaga kesehatan

Liburan Akhir Tahun
Jogging (Shutterstock).

Tidak ada liburan yang menyenangkan jika dijalani dalam keadaan sakit. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk tetap menjaga kesehatan tubuh menjelang dan selama liburan. Hal paling sederhana yang dapat dilakukan yakni mengonsumsi air putih dengan cukup untuk menjaga tingkat hidrasi di dalam tubuh. Selain itu, berolahraga ringan secara rutin seperti jogging atau jalan sehat.

Jangan lupa juga untuk menjaga pola makan dengan memakan banyak sayur dan buah. Hal-hal sederhana tersebut tentu akan membantu kamu untuk menjaga stamina selama liburan tahun baru ini.

Itulah 5 tips bagi kau untuk mempersiapkan liburan akhir tahun. Agar lebih maksimal, sebaiknya kamu siapkan semuanya sejak jauh-jauh hari. Jadi, mendekati hari H kamu hanya perlu menyiapkan badan dan semangat. Selamat liburan tahun baru! (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis