Lagi Bokek Tapi Pengin Jalan-Jalan? Begini Tips Liburan Hemat di Jakarta

Lagi bokek tapi kamu perlu banget melepaskan penat setelah lelah bekerja selama satu minggu penuh? Tetap bisa kok dengan tips liburan hemat disini. Apalagi kalau cuma muter-muter Jakarta aja, bisa-bisa aja. 

Jakarta menjadi salah satu kota dengan kepadatan aktivitas warganya cukup tinggi. Apalagi, di ibu kota ini gaya hidup dan kebutuhan sehari-hari cukup mahal. Gak ayal kalau banyak pekerja yang mengeluhkan betapa keras hidup di Jakarta ini. 

Ini juga yang menjadi salah satu alasan beberapa orang enggan berkunjung ke Jakarta untuk sekadar liburan. Jakarta pun terkadang bukan jadi destinasi wisata bagi orang Indonesia. Tempat wisata lain di Jakarta dianggap lebih terjangkau dan mengasyikan.

Padahal, kalau kamu pandai mensiasatinya, liburan di Jakarta juga bisa aja murah. Asalkan kamu paham bagaimana tips dan triknya. Nah, kita simak yuk lima cara untuk liburan hemat di Jakarta melansir laman Liputan6.

Bikin rencana yang jelas

Tips Liburan Hemat
Bikin rencana perjalanan yang jelas (Shutterstock).

Susunlah itinerary yang jelas sebelum kamu pelesiran di ibu kota. Mengingat Jakarta merupakan kota besar dengan wilayah yang cukup luas. Akan sulit kalau tanpa tujuan jelas untuk mengeksplore seluruh wilayah hanya dalam waktu satu hari. 

Sebaiknya jangan terlalu ambisius untuk menjelajahi keseluruhan wilayah. Kamu perlu menentukan satu kota mana di Jakarta yang akan dijelajahi. Misalnya kamu akan jalan-jalan di Jakarta Selatan, coba cari objek wisata atau taman serta museum yang bisa kamu kunjungi. 

Ada beberapa tempat di Jakarta Barat yang bisa kamu kunjungi secara gratis seperti Kota Tua dan Gedung Arsip Nasional. Kamu tinggal naik commuter line dan turun di Stasiun Jakarta Kota aja. Kemudian jalan kaki untuk berkeliling disana. 

Pilih objek wisata terjangkau

Tips Liburan Hemat
Lapangan Banteng (Shutterstock).

Selain Kota Tua, masih ada beberapa objek wisata yang terjangkau di ibu kota ini. Misalnya saja taman, atau museum. Lapangan Banteng saat ini juga sudah cukup keren kok untuk dikunjungi. 

Kamu bisa meli hat air mancur menari, duduk-duduk di area taman, atau sekedar menghirup udara segar. Untuk datang kesini juga cukup mudah, kamu tinggal naik TransJakarta aja. 

Jajal naik MRT

Tips Liburan Hemat
MRT (Shutterstock).

Kalau bingung mau kemana, kamu bisa mensiasatinya dengan mencoba Moda Raya Terpadu (MRT) dari Stasiun Lebak Bulus hingga Bundaran HI. Dari Bundaran HI kamu bisa jalan kaki ke arah Taman Menteng atau taman lainnya seperti Suropati. Meski sedikit jauh dari bunderan, lokasi terkait cukup nyaman dilalui oleh pejalan kaki kok. 

Proyek MRT ini masih akan berlanjut hingga ada lebih banyak kawasan yang bisa tersambung. Selain MRT, kamu juga bisa menggunakan beberapa transportasi umum lain seperti KRL, Transjakarta, atau Bus Kopaja.

Bahkan tersedia pula Bus Pariwisata Jakarta yang akan mengantarkan kamu ke berbagai tempat wisata dan bersejarah di ibu kota. Jadi, sambil berlibur, kamu pun bisa mengenal Jakarta secara lebih jauh.

Berbekal tips-tips di atas, semoga kamu bisa menikmati pesona ibu kota tanpa harus mengeluarkan terlalu banyak biaya. Kuncinya adalah memesan tiket pesawat jauh-jauh hari jika kamu berada di luar kota, atau dengan memaksimalkan transportasi umum jika kamu berada di Jakarta. Semoga liburan kamu di Jakarta berjalan menyenangkan! (Editor: Winda Destiana Putri).