Niat Liburan Hemat Malah Boncos! Ini Kesalahan Traveling yang Bikin Uang Ludes

Liburan-hemat-blog

Liburan hemat tentu saja menjadi impian semua orang. Logikanya nih, siapa sih yang gak mau traveling tanpa harus keluar bujet gede atau liburan hemat.

Berbagai trik dilakukan banyak orang agar bisa mendapatkan biaya murah, mulai dari mencari tiket promo, hingga memasak di penginapan agar biaya makan berkurang.

Sayangnya, beberapa keadaan justru membuat mereka harus mengeluarkan bujet lebih besar dari perhitungan awal. Niat mau liburan hemat malah boncos.

Penyebabnya ternyata sepele banget, tapi bikin pengeluaran terkuras cukup besar. Itulah mengapa pentingnya kamu lebih teliti dan gak tertipu harga murah yang ditawarkan pihak penginapan atau tiket pesawat.

Seperti pengalaman yang sudah dialami tim editorial, berikut ini beberapa kesalahan sepele yang membuat keuanganmu berantakan.

Apa saja? Yuk, simak ulasannya langsung di bawah ini:

1. Teliti saat membeli tiket pesawat

Liburan hemat
Teliti saat membeli tiket pesawat

Saat berencana liburan, tentu hal pertama yang dilakukan banyak orang adalah mencari tiket pesawat murah. 

Sayangnya, karena ketidaktelitian justru membuat mereka harus mengeluarkan biaya lebih. Salah satunya, salah membeli tiket pesawat. Kok bisa?

Sekadar diketahui, beberapa kota memiliki lebih dari satu bandara. Misalnya, Yogyakarta yang kini sudah memiliki dua bandara yakni Bandar Udara Internasional Adisutjipto (JOG) dan Bandar Udara Internasional Kulonprogo Yogyakarta (YIA).

Selisih harga beberapa puluh ribu rupiah membuat banyak orang lebih membeli tiket pesawat ke Bandara Kulonprogo. Padahal, mereka menghabiskan liburan di kawasan Malioboro.

Niatnya pengin mengirit beberapa puluh ribu, mereka justru keluar bujet ratusan ribu rupiah untuk bayar ongkos kendaraan dari Kulonprogo ke Malioboro. Karena itu, jangan hanya terpaku dengan harga tiket pesawat yang murah saja ya!

Baca juga: Lagi Bokek Tapi Pengin Jalan-Jalan? Begini Tips Liburan Hemat di Jakarta

2. Mencari detail penginapan

Liburan hemat
Mencari detail penginapan

Selain tiket pesawat, penginapan juga menjadi faktor penting saat jalan-jalan. Beda dengan zaman dulu yang mencari penginapan on the spot, kini kamu bisa dengan mudah booking penginapan lewat internet.

Sayangnya, kerap kali foto tak sesuai dengan realitanya. Karena itu, kamu disarankan mencari detail seputar penginapan, mulai dari lokasi, dan kenyamanan penginapan tersebut.

Jangan sampai terjebak yang membuatmu harus keluar uang lagi untuk sewa penginapan. Seperti yang dialami salah satu tim editorial, di mana penginapan yang ditempati ternyata angker dan membuatnya mau gak mau pindah penginapan mendadak dan terpaksa booking penginapan lain dengan harga tinggi.

Belajar dari pengalaman itu, pastikan kamu benar-benar mencari tahu review seputar penginapan yang akan ditempati selama berlibur agar kantong gak kebobolan.

Baca juga: 7 Cara Jitu Liburan Hemat Akhir Tahun yang Gak Bikin Kantong Jebol

3. Bijak sewa kendaraan

Liburan hemat
Bijak sewa kendaraan

Beberapa orang memilih menyewa sepeda motor ketimbang mobil dengan alasan lebih murah dan bebas macet.

Masuk akal sih. Tapi, bagaimana kalau kondisinya lagi musim hujan? Nekat mau hujan-hujanan di jalan dengan konsekuensi sakit atau menunggu hujan reda di mall atau tempat makan yang membuat pengeluaran membengkak.

Untuk itu, bijaklah dalam menyewa kendaraan. Kalau kamu bepergian lebih dari tiga orang, sebaiknya mengenakan mobil. Selain gak capek dan terbebas dari panas dan hujan, selisih bujet yang keluar juga gak jauh berbeda dengan sewa motor karena bisa patungan.

Jangan memaksakan tetap sewa sepeda motor dan menerjang hujan dan panas. Kalau seperti itu kondisinya, yang ada kamu harus mengeluarkan uang buat biaya berobat usai liburan alias sakit.

Baca juga: Penting! Begini Tips Jitu Beli Car Seat untuk si Kecil Nyaman Saat Berlibur

4. Mencari informasi seputar tempat wisata tujuanmu

Liburan hemat
Mencari informasi seputar tempat wisata tujuanmu

Kesalahan liburan hemat selanjutnya yang bikin kantong jebol adalah tidak mencari informasi lebih mendalam seputar tempat wisata tujuanmu.

Misalnya, tak banyak yang mengetahui kalau dari Bandara Kulonprogo, Yogyakarta tersedia beberapa transportasi umum dengan bujet yang sangat minim. Yakni mulai dari Rp 15 ribu.

Kurangnya informasi membuat banyak orang justru mengeluarkan bujet hingga ratusan ribu rupiah untuk membayar ongkos transportasi online. Ruginya jadi berkali-kali lipat kan?

Itulah empat kesalahan yang bikin kamu bokek saat liburan. Niatnya hemat malah tekor. Pasti bete banget kan? (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →