10 Tips Liburan Murah Bareng Buah Hati, Dijamin Irit Banyak!

Anak dan ayah berlibur (Shutterstock)

Pergi liburan bersama buah hati adalah idaman semua orangtua. Kita tidak hanya menyenangkan diri sendiri saja, tetapi juga memberikan pengalaman yang baru kepada anak-anak. 

Tetapi, kamu tentu paham dengan risikonya bila liburan dengan anak-anak, salah satunya adalah biaya berlibur yang membludak. Wajar saja, kalau kamu biasanya makan untuk sendiri atau dua orang bersama pasangan, kini harus ditambah dengan anak-anak. Terus biaya tiket akomodasinya juga bertambah. 

Tenang saja, kamu sebenarnya bisa memangkasnya, asalkan dengan perencanaan yang cerdas. Kamu bisa kok tetap bersenang-senang dengan buah hati tanpa harus keluar duit banyak-banyak. Berikut ini tips liburan murah yang bisa kamu lakukan,

1. Ajak liburan buah hati saat usianya belum genap 2 tahun 

Liburan bersama anak (Shutterstock).
Liburan bersama anak (Shutterstock).

Tips liburan murah yang bisa kamu lakukan adalah, ajak buah hati liburan saat usianya belum genap berusia 2 tahun. Kenapa? Karena biasanya, biaya akomodasi transportasi seperti maskapai penerbangan tidak mengenakan tarif ke pada anak yang berusia di bawah 2 tahun, alias gratis. 

Karena anak berusia di bawah 2 tahun belum bisa untuk duduk di kursi sendiri dan masih dipangku oleh orang tuanya. Lumayan banget kan bisa gratisan! 

2. Jangan pergi pas liburan sekolah 

Liburan bersama orangtua (Shutterstock)
Liburan bersama orangtua (Shutterstock)

Tips kedua, kalau anakmu sudah memasuki masa sekolah entah itu SD, SMP, atau SMA, sebisa mungkin untuk pergi liburan di hari-hari biasa, jangan pas waktu liburan sekolahan. Karena biasanya harga tiket pesawat bisa jadi lebih mahal saat masa liburan sekolah. 

Rencanakan liburan jauh-jauh hari untuk menghindari bentrokan dengan urusan sekolah sang buah hati. 

3. Kalau ingin bepergian ke luar negeri, tukar mata uang di tempat penukaran uang termurah dan waktu yang tepat 

Money Changer (Shutterstock).
Money Changer (Shutterstock).

Setiap harinya nilai mata uang global bergerak naik turun, kadang selalu naik kadang-kadang bisa juga turun. Nah bila kamu sudah memiliki rencana untuk berlibur ke sebuah negara, jangan menukarkan uang di waktu-waktu yang mepet keberangkatan, kalau bisa menukar di jauh-jauh hari saat harga belinya rendah. 

Kamu bisa menukarkannya di money changer terpercaya atau di bank. Yang jelas sih jangan tukar di bandara deh, karena biaya administrasinya bisa jadi tinggi banget. 

4. Unduh hiburan yang dibutuhkan anak sebelum berangkat 

Anak - anak bermain game di ponsel (Shutterstock)
Anak – anak bermain game di ponsel (Shutterstock)

Tips liburan murah selanjutnya adalah kamu bisa mengunduh hiburan favorit anakmu. Biasanya anak-anak suka untuk menonton kartun favoritnya dia atau permainan yang digemarinya. Kalau sehari saja tidak menontonnya bisa-bisa rewel, apalagi saat di perjalanan.

Kalau naik pesawat biasanya akan dapat hiburan tontonan. Tapi sayangnya, gak semuanya gratis, tapi harus menggesek kartu kredit untuk bisa menonton semuanya. Nah jika kamu mengunduh film favorit anak di ponsel atau tablet misalnya, kamu bisa irit banyak deh dan anak bebas dari rewel. 

5. Jangan lupa bawa snack untuk bekal

Camilan selama di perjalanan (Shutterstock)
Camilan selama di perjalanan (Shutterstock)

Anak-anak juga biasanya doyan ngemil, apalagi kalau dia lagi bosan-bosannya. Biar liburanmu lebih hemat lagi, coba bawa snack sendiri untuk bekal di perjalanan atau tujuan wisata. Lumayan kan ngirit banget, karena pastinya kamu bakal sulit menemukan jajanan favorit si kecil di tempat tujuan wisata, apalagi di luar negeri. Belum lagi harganya yang lebih mahal bila dibandingkan di Tanah Air. 

6. Bawa stroller sendiri 

Baby Stroller
Baby Stroller

Bawa stroller sendiri bisa membantu kamu banget bila liburan bareng anak. Anak yang masih kecil, pasti gampang capek kalau diajak jalan-jalan jauh, solusinya kalau gak kamu gendong ya kamu dorong pakai stroller. Tapi pilihan terbaiknya adalah stroller. 

Banyak stroller yang mudah dibawa dan harganya murah. Daripada kamu beli di tempat tujuan yang harganya bisa jadi lebih mahal, mending kamu bawa sendiri yang kamu punya di rumah. 

7. Pesan penginapan termurah dengan dapur pribadi 

Penginapan
Penginapan

Konsumsi menjadi pos pengeluaran yang termahal saat liburan. Untuk memangkasnya, kamu bisa memesan penginapan murah yang sudah termasuk dengan dapur pribadi. Tujuannya agar kamu bisa memasak sendiri menggunakan peralatan yang telah disediakan. Banyak penginapan murah dengan fasilitas dapur pribadi bisa kamu temukan di situs Airbnb. 

8. Pesan tiket atraksi jauh-jauh hari secara online 

Tiket atraksi
Tiket atraksi

Kamu pasti pas jalan-jalan pengin dong mengunjungi berbagai area atraksi yang menarik untuk buah hati, contohnya seperti Universal Studios atau Disney Land. Biar lebih murah, kamu bisa memesan via online di Traveloka misalnya, untuk mendapatkan harga termurah. Karena biasanya beli on the spot jauh lebih mahal dan menggunakan kurs negara tujuan. 

9. Beli paket keluarga 

Liburan paket keluarga
Liburan paket keluarga

Beberapa spot wisata kayak kebun binatang, atau event-event menarik lainnya biasanya menyediakan paket tiket masuk untuk keluarga. Paket untuk keluarga ini harganya jauh lebih murah bila dibandingkan tiket masuk untuk satu orang saja. 

10. Kunjungi tempat wisata gratis

Liburan ke pantai
Liburan ke pantai

Tips liburan murah terakhir adalah mengunjungi tempat wisata yang gratis. Kamu bisa bersenang-senang tanpa harus mengeluarkan uang sepeserpun kok, misalnya mengunjungi taman-taman di negara tujuan, atau hanya sekadar foto-foto di pinggiran landmark

Sekian 10 tips liburan murah yang bisa kamu terapkan saat hendak melancong bersama buah hati. Dijamin deh liburanmu bakalan tetap menyenangkan dan pastinya irit di kantong! (Editor: Winda Destiana Putri)