Liburan ke New York, London, Paris Bisa Jadi Sangat Hemat dengan Cara Ini

perempuan berpose di dekat menara eiffel

Mengunjungi kota-kota termahal di dunia adalah impian banyak orang, mungkin kamu termasuk salah satunya. Tapi pasti sebagian besar dari kamu sepakat bahwa sangat sulit untuk merealisasikannya.

Alasannya tentu saja klasik, yakni biaya ongkos, akomodasi, konsumsi, dan lain-lain yang sangat berada jauh di atas biaya liburan ke tujuan-tujuan wisata domestik dan negara-negara di kawasan Asia Tenggara. 

Sebenarnya bisa saja impianmu itu terwujud, asalkan mengikuti tips liburan murah yang telah dibagikan para pelancong di berbagai blog dan media sosial. 

Memang sih, meskipun kamu mampu berkunjung ke kota termahal sekalipun, kamu tetap perlu memangkas bujet pengeluarannya kan? Selagi bisa hemat, kenapa harus buang-buang duit? 

Kamu gak mau kan pas pulang liburan, bukannya senang, malah stres melihat rekening tabungan menipis atau tagihan kredit membludak? 

Nah sebelum kita bagi-bagi tips liburan murah di kota termahal di dunia, kamu wajib tahu dulu mana aja sih kota-kota di dunia ini yang tergolong mahal untuk wisatawan. 

Kota-kota termahal di dunia 

pemandangan persimpangan jalan di manhattan
Kawasan Manhattan, New York, AS. (Pixabay)

ECA International tahun 2019 lalu telah membuat survei tentang kota termahal di dunia. Survei tersebut dinilai berdasarkan pengalaman para ekspatriat yang tengah melakukan perjalanan bisnis atau liburan. Berikut ini hasilnya dan besaran biaya hidup rata-rata per harinya. 

Perlu dicatat, angka-angka di bawah ini mencakup besaran biaya hidup per hari, termasuk penginapan atau hotel di pusat kota, makan, dan ongkos transportasi naik taksi. Jadi, memang tergolong tinggi biayanya.

  1. New York, Amerika Serikat, US$ 799 atau Rp 10 jutaan 
  2. Jenewa, Swiss, US$ 719 atau Rp 9,8 jutaan
  3. Washington DC, Amerika Serikat, US$ 621 atau Rp 8,5 jutaan
  4. Paris, Prancis, US$ 616 atau Rp 8,4 jutaan
  5. Reykjavik, Islandia US$ 615 atau Rp 8,4 jutaan 
  6. San Francisco, Amerika Serikat, US$ 578 atau Rp 7,9 jutaan 
  7. Los Angeles, Amerika Serikat, US$ 576 atau Rp 7,9 jutaan 
  8. Basel, Swiss, US$ 577 atau Rp 7,9 jutaan
  9. Bern, Swiss, US$ 573 atau Rp 7,8 jutaan
  10. London, Inggris, US$ 573 atau Rp 7,8 jutaan

Tips liburan murah ke negara-negara termahal di atas 

stasiun grand central new york
Grand Central Station, New York. (Pixabay)

Setelah melihat daftar 10 kota tersebut, pasti ada deh salah satunya yang menjadi destinasi wisata impianmu, apakah itu New York, Jenewa, Paris, atau London. Tapi itu dia biaya berlibur yang mahal harus siap kamu tanggung. 

Tapi, kamu bisa kok gak mengeluarkan bujet sebesar survei dari ECA tersebut, asalkan menerapkan beberapa tips liburan murah berikut ini, mulai dari tips paling mendasar sampai yang advanced.

Tips liburan murah paling basic

london bridge
London Bridge. (Pixabay)

1. Jangan pergi pas musim liburan

Pergi berlibur saat momen-momen liburan atau peak season bakal bikin kamu makin boros. Karena pengeluaran bisa serba mahal, paling disarankan sih berlibur di bulan Oktober hingga April kecuali saat momen Natal dan Tahun Baru. 

2. Bawa uang cash yang banyak 

Saat di Indonesia, sebelum berangkat usahakan kamu membawa uang cash dalam jumlah yang banyak. Karena kalau kurang, mau gak mau kamu harus mengambil di ATM di negara tujuan. Tarik tunai di ATM luar negeri biasanya bakal kena biaya administrasi yang cukup merugikan kamu. 

3. Gunakan sarana transportasi yang murah 

Ketimbang naik taksi untuk wisata, lebih baik kamu lebih banyak berjalan kaki dan menggunakan sarana transportasi umum, seperti kereta dan bus. 

4. Mengunjungi tempat wisata yang gratis

Rasanya setiap sudut kota termahal di atas sudah sama dengan spot wisata. Jadi untuk lebih irit, kayaknya kamu gak perlu deh ke spot-spot wisata yang jadi tujuan utama para pelancong, kalaupun pengin mengunjungi spot wisata, bisa pilih yang gratis tanpa biaya tiket masuk. 

Tips murah menjelajah destinasi kota termahal 

Gedung parlemen inggris
Gedung Parlemen Inggris. (Pixabay)

1. Cari tujuan bandara yang melayani penerbangan murah 

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah mencari penerbangan termurah. Kamu gak perlu beli kelas bisnis untuk penerbangannya, cukup pilih kursi ekonomi saja. Mungkin agak sedikit kurang nyaman, tapi bisa hemat banyak banget. 

Cara lainnya adalah mencari bandara tujuan yang melayani penerbangan maskapai berbiaya murah. Contohnya saja, penerbangan dari Jakarta ke London itu lebih murah ke Bandara Heathrow ketimbang kamu terbang ke Luton, dan lain sebagainya.

2. Jelajah kota pakai sepeda 

Kalau menurut kamu menggunakan transportasi umum masih mahal, kamu bisa menggunakan sepeda untuk berkeliling-keliling kota. Banyak kota-kota di atas sudah menyediakan layanan sewa sepeda untuk para turis, seperti di Paris misalnya. 

Di Paris keliling naik sepeda seharian cuma 1,7 euro sementara naik Metro 90 menit harganya 1,8 euro. 

3. Selain sepeda, biar lebih sehat dan hemat, jalan kaki aja

Mau lebih murah lagi? Ya berjalan kaki saja. Jalan kaki di luar negeri kayaknya masih asri dan segar deh. Jadi kamu jangan takut kepanasan dan keringetan, kayak jalan kaki di Indonesia. Tapi kalau pas musim dingin jalan kaki keliling kota bukanlah opsi yang tepat. 

4. Cari penginapan yang di pinggiran kota 

Tips liburan murah berikutnya adalah mencari penginapan di pinggiran kota, jangan di pusat kota. Memang sih dari segi akses, pusat kota lebih baik, tapi harganya sangat mahal buat kamu yang sedang menekan bujet. 

Untuk mengakalinya, kamu bisa mencari penginapan yang di pinggir-pinggir kota. Biasanya harga penginapan di pinggir kota sangat jauh lebih murah. 

5. Mau lebih hemat bayar penginapan? Bisa nebeng warga lokal lewat aplikasi Couchsurfing 

Buat kamu yang doyan melancong, pasti tahu deh sama aplikasi Couchsurfing. Aplikasi ini memungkinkan kamu mendapatkan tempat menginap gratis dari warga lokal sana. Tapi kamu perlu hati-hati, pilihlah host atau tuan rumah yang memiliki rating yang baik. 

6. Sewa penginapan di Airbnb 

Mendapatkan tempat menginap gratis di Couchsurfing emang gak gampang. Kadang ada aja tuan rumah yang menolak kita karena beberapa alasan. 

Tapi kamu gak perlu berkecil hati, kamu bisa menyewa kamar di hostel atau asrama yang terdapat di Airbnb. Di beberapa kota-kota mahal di atas, harga kamar Airbnb jauh lebih murah ketimbang di hotel. 

Jangan kaget, karena kamu bisa dapat apartemen sewaan di pusat Kota Los Angeles dengan harga Rp500 ribuan lho! Tapi, jangan lupa, baca review yang tersedia di aplikasi tersebut untuk memastikan tempat yang mau kamu sewa itu aman dan nyaman.

Tips makan dan minum hemat

zazie cafe san francisco
Zazie Cafe, sebuah resto populer yang menyajikan sarapan di San Francisco. (Shutterstock)

1. Jangan kebanyakan jajan makanan 

Biar liburanmu makin murah, sebisa mungkin kurangi pengeluaran makanan di luar atau di restoran. Kalau penginapanmu memiliki dapur pribadi, bikin saja makanan sendiri. Bawa stok makanan dari Indonesia, misal mie instan dan sarden untuk dimasak di sana.

2. Makan di luar saat makan siang saja, jangan saat makan malam 

Makan malam di kota-kota termahal itu sangat tidak dianjurkan. Biasanya, restoran bakal memberikan harga spesial untuk makan siang, jadi lebih baik kamu pilih makan siang di luar ketimbang malam. 

3. Jangan memberikan tip di restoran 

Orang luar biasa banget nih ngasih tip ke pelayan di restoran. Tapi, kegiatan itu gak diwajibkan kok. Kalau kamu pengin irit, kamu gak perlu ngasih tip ke mereka. Daripada buat tip, mending buat nambah-nambah beli makanan besoknya. 

4. Bawa botol minum sendiri 

Harga air mineral memang murah, tapi kalau kamu beli terus-terusan bakal lumayan juga. Paling bijak untuk mengurangi pengeluaran adalah dengan membawa botol minum sendiri, isi deh di fasilitas minum gratis yang ada di berbagai sudut kota. 

Tips murah ke spot-spot wisata 

menara eiffel
Menara Eiffel di Paris, Perancis. (Pixabay)

1. Pilih spot wisata yang bisa ditempuh dengan jalan kaki

Setiap kota di atas pasti memiliki spot-spot wisata menarik. Tapi pilihlah yang bisa kamu kunjungi dengan gratis dan cukup ditempuh dengan berjalan kaki, contohnya Menara Eiffel di Paris.

Daripada kamu membeli tiket seharga 14 euro atau Rp 210 ribu untuk naik ke puncak Eiffel, mending kamu keliling memutari Eiffelnya aja. Gratis dan bisa foto-foto sepuasnya. 

2. Bacalah buku-buku panduan wisata gratis di kota tujuan 

Kalau kamu gak tahu spot-spot wisata gratis di mana saja, riset dulu sebelum berangkat. Baca di internet atau buku wisata yang merangkum tentang wisata gratis kota tujuanmu. 

Tips murah internetan

free wifi
Manfaatkan fasilitas wifi gratis. (Shutterstock)

1. Sewa WiFi dari Indonesia 

Sekarang sudah banyak perusahaan-perusahaan penyedia jasa sewa WiFi di Indonesia yang bisa kamu pilih. Mereka menawarkan harga yang jauh lebih murah dengan kuota yang lumayan banyak.

Di Javamifi, harga sewa modem untuk di London per harinya Rp 80.000/3GB Kalau kamu beli kartu SIM di sana harganya bisa Rp 500 ribu dengan masa berlaku 30 hari dan kuota 10GB. 

2. Manfaatkan WiFi umum 

Di kota-kota mahal biasanya layanan WiFi gratis sudah tersedia di setiap sudut kota. Manfaatin saja WiFi gratis itu kalau misalnya kamu gak sewa WiFi.  

Di penginapan sudah pasti ada WiFinya, di spot-spot wisata sudah ada WiFi, dan di tempat makan biasanya juga udah ada WiFi. Kamu tetap bisa eksis dengan memanfaatkan fasilitas gratis! 

Itulah beberapa tips liburan murah yang bisa kamu lakukan. Dengan tips-tips di atas, impian untuk liburan ke kota termahal dengan bujet hemat juga bisa terwujud. Selamat berlibur! (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →