Uang Jajan Rp 50 Ribu Sehari, Berapa yang Harus Ditabung Biar Cepat Terkumpul?

Tips menabung buat kamu yang jajannya cuma Rp 50 ribu per hari. (Shutterstock)

Kamu yang doyan baca berita atau artikel di internet pasti sering banget nemuin tips menabung. Tips menabung bisa dibilang susah-susah gampang buat diterapkan. Terlihat mudah sih, tapi pas dijalanin ternyata berat banget.

Kalau bicara soal nabung, sebenarnya sejak kecil orangtua kita udah mengajarkan kita untuk menabung. Misalnya, menyisihkan uang jajan setiap bulan dan disimpan di celengan.

Jadi, bisa dibilang tradisi menabung itu udah tertanam di diri kita sejak kecil. Karena itulah, menabung itu sebenarnya bukan hal yang sulit.

Nah, yang bikin kamu kerap gagal menabung itu ya karena gak bisa menahan nafsu untuk membeli sesuatu yang tidak dibutuhkan.

Hal itulah yang tanpa disadari bikin kantong kamu jebol dan berujung panjang. Paling parah ya keuangan jadi amburadul dan kamu makin jauh dari kebebasan finansial.

Jadi, sebenarnya gak ada alasan tuh buat gak menyisihkan uangmu untuk ditabung. Seberapa pun penghasilan atau uang yang kamu miliki, asalkan memiliki keinginan kuat untuk nabung, pasti bisa kok.

Lalu, gimana buat mereka yang masih kuliah dan cuma punya uang jajan Rp 50 ribu per hari? Apakah tetap bisa menyisihkan uang buat ditabung?

Jawabannya tentu aja bisa dong. Balik lagi, asal niat dan konsisten. Gimana caranya? Simak langsung di bawah ini yuk!

1. Menghitung pengeluaran setiap hari

Tips menabung pertama, hitung pengeluaranmu. (Shutterstock)
Tips menabung pertama, hitung pengeluaranmu. (Shutterstock)

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan menghitung pengeluaran rutinmu setiap hari terlebih dahulu seperti untuk makan dan ongkos.

Misalnya saja, untuk makan Rp 20 ribu, ongkos Rp 10 ribu. Jadi, total pengeluaranmu setiap hari sebesar Rp 30 ribu. Sisa uang Rp 20 ribunya bisa kamu tabung setiap hari.

Intinya jangan sampai bikin kamu tersiksa sendiri sih. Jangan karena pengin beli sesuatu dalam jangka waktu beberapa tahun, kamu jadi nabung dengan jumlah besar. Padahal, hal itu bikin kamu susah sendiri.

2. Tetapkan jumlahnya

Tips menabung kedua, tetapkan berapa yang mau ditabung. (Shutterstock)
Tips menabung kedua, tetapkan berapa yang mau ditabung. (Shutterstock)

Saat sudah menghitung berapa uang yang harus keluarkan setiap hari. Kamu bisa menentukan berapa kira-kira jumlah uang yang harus ditabung.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kamu masih ada sisa uang Rp 20 ribu. Tapi kalau kamu hanya sanggup nabung setiap hari Rp 10 ribu dan Rp 10 ribunya lagi untuk jajan, gak jadi masalah juga kok.

Jadikan aktivitas menabung sebagai kesenangan, jangan malah bikin kamu tertekan. Karena kalau tertekan yang ada kamu cuma bakal semangat di awal doang.

3. Tentukan tujuan menabung

Tips menabung ketiga, tentukan tujuan menabung. (Shutterstock)
Tips menabung ketiga, tentukan tujuan menabung. (Shutterstock)

Menentukan tujuan menabung itu penting lho. Buat apa? Ya, biar kamu jadi tambah semangat untuk menabung setiap harinya.

Misalnya, tahun depan kamu ingin liburan yang membutuhkan uang Rp 10 juta. Dengan demikian, hal itu secara gak langsung akan bikin kamu konsisten menabung sembari membayangkan asyiknya liburan.

Karena itu, saat menabung tentukan apa sih tujuan kamu menabung, biar semangat menabung kamu semakin membara.

4. Pakai celengan

Tips menabung keempat, pakai celengan. (Shutterstock)
Tips menabung keempat, pakai celengan. (Shutterstock)

Menabung juga gak perlu ribet kok, kamu bisa menggunakan celengan atau wadah bening yang di depannya kamu tulis tujuanmu menabung.

Nah, kalau bisa beli celengan yang susah diambil uangnya alias kalau mau diambil uangnya celengannya harus dipecahin.

Selain itu, taruh celengan di tempat yang mudah kamu lihat. Jadi, kamu gak akan punya alasan tuh buat gak menyimpan uangmu di dalam celengan.

5. Konsisten

Tips menabung kelima, konsisten dong. (Shutterstock)
Tips menabung kelima, konsisten dong. (Shutterstock)

Tips menabung selanjutnya adalah konsisten. Nah, ini sebenarnya yang menjadi salah satu sebab banyak orang gagal menabung.

Karena itu, seperti yang udah dijelaskan di atas, jangan sampai menabung bikin kamu tersiksa. Karena kalau kamu tersiksa, yang ada semangat menabung kamu bakal menurun. Alhasil, kamu jadi gak konsisten menabung setiap hari.

Hilangkan juga pemikiran: “kalau hari ini absen nabung, gampang lah digabung aja sama besok”. Duh, kalau begitu mah dijamin deh kamu bakal absen nabung terus.

Nah, itu dia lima tips menabung yang mudah banget dilakukan bahkan untuk kamu yang hanya punya uang jajan Rp 50 ribu sehari. Jadi, sekarang udah gak ada alasan lagi kan buat gak nabung? Yuk, mulai pikirkan masa depanmu dari sekarang biar hidupmu nyaman di kemudian hari. Setuju? (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →