4 Tips Menabung Kumpulkan Uang Rp 30 Juta [Dalam 6 Bulan]

Menabung dapat membuat kamu menjadi kaya asal dilakukan dengan benar (Shutterstock).

Butuh tips menabung? Kalau kamu merasa kesulitan dalam menabung, tips ini boleh banget dicoba. Dijamin deh dalam waktu 6 bulan, kamu bisa punya tabungan Rp 30 juta.

Masa sih bisa punya tabungan Rp 30 juta dalam waktu 6 bulan? Tentu aja bisa. Banyak orang yang sulit menabung karena mereka salah memilih metode yang selama ini mereka anggap sebagai cara menabung yang benar.

Ditambah lagi mereka juga sulit membiasakan diri buat menyisihkan uang sebagai dana tabungan. Padahal, tanpa dibiasakan, suatu kemustahilan deh bisa memiliki tabungan yang banyak, apalagi kumpulkan uang Rp 30 juta dalam enam bulan.

Nah, tips menabung di bawah ini bakal membantumu mewujudkan keinginan memiliki dana tabungan. Biar lebih gampang memahaminya, berikut ini ada contoh kasusnya.

Gaji besar bukan jaminan bisa memiliki tabungan

Banyak uang (Shutterstock).
Banyak uang (Shutterstock).

Masih banyak orang yang berpikir bahwa mereka yang punya gaji besar pastinya bisa punya tabungan. Padahal, ada beberapa kasus yang mana mereka yang bergaji besar nyatanya merasa sulit menabung uang tiap bulannya.

Bahkan, ada kasus seseorang yang tiap bulannya dapat gaji Rp 15 juta ternyata belum memiliki tabungan meskipun telah dua tahun bekerja.

Gaya hidup yang cenderung boros dan susahnya mengerem pengeluaran yang gak perlu menjadi penyebab kenapa seseorang belum memiliki tabungan. Apalagi mereka lebih memilih menggunakan penghasilannya buat traveling ketimbang menabung dulu.

Sebenarnya, kasus tersebut dapat terselesaikan dalam beberapa tips berikut ini. Namun, tips menabung ini benar-benar efektif dengan syarat, kamu gak memiliki utang sama sekali. Seandainya masih ada utang, ada baiknya lunasi dulu utang tersebut. Barulah kemudian melakukan tips-tips berikut ini.

Tips menabung #1: Alokasi > 30 persen buat tabungan

Menabung rutin bisa membuatmu jadi kaya (Shutterstock)
Menabung rutin bisa membuatmu jadi kaya (Shutterstock)

Menabung itu sebaiknya jangan tanggung-tanggung kalau mau punya dana tabungan yang besar. Orang-orang masih beranggapan dana yang ditabung dari penghasilan adalah dana sisa.

Pertanyaannya, seberapa besar dana sisa yang dimiliki setelah penghasilan dipakai buat memenuhi kebutuhan ini dan itu? Gak banyak, bukan? Karena itulah, sebaiknya sisihkan > 30 persen gaji (penghasilan) buat ditabung. Katakanlah gajimu Rp 15 juta per bulan. Berikut ini besaran dana tabungan yang sebaiknya disisihkan.

 

Gaji Dana tabungan per bulan Persentase
Rp 15.000.000 Rp 5.000.000 > 33 persen

 

Sisihkan Rp 5 juta sebulan, kamu bisa memperoleh Rp 30 juta dalam 6 bulan. Namun, menabung di rekening biasa dapat dana tabungan tergerus karena biaya administrasi. Gimana cara menyiasatinya?

Tips menabung #2: Simpan dana di rekening digital banking

Sistem digital banking (Shutterstock).
Sistem digital banking (Shutterstock).

Kenapa mesti di digital banking? Menyimpan dana di rekening digital banking bisa terhindar dari ketentuan biaya administrasi tiap bulannya lho.

Kok, dana tabungan bisa-biasanya gak kena biaya administrasi ya? Sebab bank yang menyediakan layanan digital banking rata-rata gak memberlakukan biaya administrasi bagi nasabahnya.

Keuntungan gak adanya biaya administrasi bertambah lengkap dengan pemberian bunga tabungan. Bahkan, ada lho layanan digital banking yang kasih bunga lebih dari bunga tabungan biasa.

Seperti yang kamu tahu, rata-rata bunga tabungan itu < 1 persen. Nah, ada layanan digital banking di Indonesia yang memberi bunga > 3 persen lho. Dengan mendapatkan bunga tabungan > 3 persen tiap bulannya, nilai tabunganmu bukan cuma bertambah, tapi bisa mengimbangi inflasi.

Tips menabung #3: Maksimalkan tabungan > Rp 30 juta dengan simpan di deposito

Memiliki tabungan itu penting (Shutterstock).
Memiliki tabungan itu penting (Shutterstock).

Kamu dapat memaksimalkan nilai tabunganmu > Rp 30 juta lho. Caranya, jangan simpan semua dana yang disisihkan ke rekening tabungan aja, tapi simpan juga di deposito. Sebagaimana yang kamu tahu, bunga deposito > 5 persen per tahunnya. Persentase ini melebihi bunga tabungan biasa ataupun bunga digital banking.

Karena sebelumnya disarankan simpan dana di digital banking, sekalian aja buka deposito di rekening digital banking tersebut dan menyimpannya di sana. Katakanlah kamu menyimpan dana yang disisihkan 3 bulan pertama di deposito, seperti gambaran return-nya.

Rumus deposito: Bunga x Dana Pokok Deposito x 30 hari x 80% (pajak) : 365 (hari)

Perhitungannya:

 

Dana simpanan Bunga deposito Nominal bunga per bulan
Rp 15.000.000 6 persen Rp 59.178,08

 

Cara hitung bunga deposito per bulan: 6% x Rp 15.000.000 x 30 x 80% : 365 = Rp 59.178,08. Itu baru bunga per bulan, sedangkan bunga selama tiga bulan tinggal dikalikan 3 dan besarnya mencapai ‭Rp 177.534,24‬.

Tips menabung #4: Maksimalkan tabungan > Rp 30 juta di reksa dana

Reksa dana (Shutterstock)
Reksa dana (Shutterstock)

Selain di deposito, kamu juga bisa menyimpan dana tiga bulan pertama di reksa dana. Pilih reksa dana yang minim risiko sebagai pilihan penempatan. Reksa dana sendiri terdiri dari beberapa jenis, tergantung dari profil risiko seseorang. Reksa dana pasar uang dan reksa dana pendapatan tetap menjadi pilihan kamu dalam menyimpan dana tabungan 3 bulan terakhir.

Kenapa simpannya di reksa dana pasar uang dan pendapatan tetap? Sebab kedua reksa dana tersebut punya risiko setinggi reksa dana saham. Risiko yang dimaksud di sini adalah risiko penurunan harga unit penyertaan atau Nilai Aktiva Bersih (NAB) atau Net Asset Value (NAV).

Buat lebih jelasnya, berikut ini adalah definisi dari kedua reksa dana tersebut:

  • Reksa dana pasar uang: jenis reksa dana yang 100 persen komposisinya berupa deposito, obligasi negara, obligasi swasta, dan sukuk.
  • Reksa dana pendapatan tetap: jenis reksa dana yang 80 persen atau lebih berupa obligasi negara, sedangkan sisanya obligasi perusahaan dan pasar uang (deposito).

Gimana cara alokasi dana tabungan tiga bulan terakhir di reksa dana? Kamu boleh pilih salah satu reksa dana ataupun menempatkan dana di kedua reksa dana.

Kalau menempatkan di reksa dana pasar uang, begini alokasinya:

Reksa dana pasar uang

Tempatkan Rp 7,5 juta tiga bulan yang lalu di reksa dana pasar uang semisal Sucorinvest Money Market Fund maka kamu bakal mendapat return kira-kira sebesar:

 

Waktu Harga NAV Modal Unit
Bulan 1 1.437,34 Rp 5.000.000 3.479
Bulan 2 1.446,08 Rp 5.000.000 3.458
Bulan 3 1.454,34 Rp 5.000.000 3.438
TOTAL Rp 15.000.000 10.374

 

Itu berarti total nilai unit reksa dana pasar uang yang dimiliki dan keuntungannya selama 3 bulan:

 

Total nilai unit reksa dana pasar uang Rp 15.087.696,99
Total modal Rp 15.000.000,00
Keuntungan Rp 87.696,99
Keuntungan 3 bulan Rp ‭263.090,97‬

Itu tadi tips-tips menabung biar terkumpul uang > Rp 30 juta selama 6 bulan. Satu hal yang perlu diingat, punya tabungan Rp 30 juta gak lagi angan-angan selama kamu menerapkannya secara disiplin dan konsisten. Tanpa itu sikap tersebut, jangan harap deh punya tabungan. Jangan lupa, ketika menabung, pastikan ketersediaan dana darurat dan asuransi untuk meminimalisir resiko.(Editor: Winda Destiana Putri)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →