Menabung Jadi Kebiasaan Menyenangkan, Begini Caranya!

Menabung yang simpel bantu wujudkan impian

Percaya atau nggak, menabung merupakan cara lama yang sudah banyak dilakukan oleh orang. Ada yang berhasil mengumpulkan pundi-pundi berkat menabung dan tak sedikit mesti gigit jari. Lalu bagaimana cara menabung agar menyenangkan karena banyak uang? 

Gaya hidup yang selangit menjadi biang kerok orang selalu gagal menyisihkan uangnya ke dalam rekening tabungan maupun celengan pribadi setiap bulannya. Padahal, gak akan ada habisnya kalau mengikuti gaya hidup karena selalu ada aja tempat nongkrong baru, baju model baru, dan lainnya. Kalau seperti itu siap-siap aja dompet kamu kebobolan terus!

Jadi, wajar saja kalau kamu akan terus gagal menabung. Padahal, gaji sudah naik, tapi tetap saja gak bisa menyisihkan uang buat ditabung. Kalau kamu ingin terus seperti itu, ya silahkan saja, tapi harus siap juga hidup merana berkepanjangan bahkan bisa sampai kamu tua.

Males banget gak sih kalau kerja terus sampai gak ada hentinya sampai tua karena saat muda hanya foya-foya? Karena itu, pentingnya kamu mulai memaksakan diri menyisihkan uang untuk ditabung setiap bulan.

Tujuannya? Demi masa depan yang lebih baik, dan bisa mewujudkan keinginan untuk membeli sesuatu. Bagaimana caranya?

Cara mudah mengumpulkan uang alias menabung

Buat kamu yang saat ini merasa kesulitan dalam mengumpulkan uang alias menabung, sebenarnya banyak cara lho bisa dilakukan. Jangan pernah untuk menutup mata lantaran dalam pikiran kamu beranggapan “susah nih nabung karena banyak banget pengeluaran” atau “Yah nanti aja deh soalnya ada barang yang pengin dibeli”. Nah berikut ini deretan cara bagaimana kamu dengan mudahnya bisa menabung. Yuk simak selengkapnya di sini. 

  1. Taruh uang di tempat tersembunyi
  2. Berilah nama tempat buat menyimpan uang
  3. Simpan kenaikan gaji kamu
  4. Jangan menganggap enteng uang receh
  5. Mengikuti tabungan autodebit di bank
  6. Coba deh tambah penghasilan ketimbang pengeluaran
  7. Punya prioritas mau ke mana uang kamu
  8. Belajar investasi meski sedikit
  9. Hindari pemakaian kartu kredit
  10. Berpikir ulang untuk berutang

1. Taruh uang di tempat tersembunyi

Tips menabung pertama yang bisa kamu lakukan, menaruh uang di tempat yang tak terlihat alias tersembunyi.

Kalau disimpan di tempat yang gak kelihatan, gimana cara menabungnya? Maksudnya tempatkan di sebuah wadah yang sulit untuk diambil. Misalnya, celengan.

Repot banget kan kalau kamu harus merogoh-rogoh uang dari lubang kecil di celengan setiap ingin mengambil uang.

Selain itu, pilihlah celengan yang tertutup, agar kamu tidak dapat melihat berapa uang yang ada di dalam celengan itu. Menyenangkan kan tahu-tahu celenganmu udah penuh dan saat dipecahkan mendapat banyak uang setelah menabung sekian lama.

2. Berilah nama tempat buat menyimpan uang

Cara selanjutnya, memberikan nama di depan tempat kamu menyimpan uang. Misalnya, kamu menaruh uang di celengan, berikan nama yang menjadi tujuan kamu menabung.

Pasalnya, cara seperti itu secara psikologis ternyata dapat memberikan semangat kamu untuk terus menyisihkan uang untuk ditabung.

Contohnya, kamu menabung untuk menikah atau liburan ke Paris, langsung namai wadah tersebut dan kalau bisa sertakan juga gambar agar semakin termotivasi.

Dengan memberinya nama, saat kamu tergoda ingin mengambilnya, kamu akan diajak berpikir ulang. Yakin saat mau menikah kamu justru kekurangan dana?

3. Simpan kenaikan gaji kamu

Tahun ini kamu berhasil mendapatkan posisi baru yang menunjang kenaikan gajimu. Nah, kamu disarankan untuk tidak mengganggu tambahan gajimu itu. Jadi, ya anggap aja kamu gak naik gaji.

Memang sih, semakin besar pendapatan, maka akan semakin besar pula pengeluarannya. Tapi, anggapan itu gak sepenuhnya benar kok.

Kamu bisa tetap berhemat, meski pendapatan meningkat. Balik lagi itu cuma soal gaya hidup. Kalau kamu bisa menekan gaya hidup, semakin aman pula kantongmu.

Uangnya itu bisa langsung kamu alokasikan ke tabungan atau mulai terjun ke investasi. Gak perlu modal yang gede, kamu bisa memilih investasi reksadana. Bisa dengan modal Rp 100 ribu dan tinggal duduk anteng di rumah menunggu uangmu terus berkembang biak.

4. Jangan menganggap enteng uang receh

Banyak orang yang menganggap remeh uang receh. Padahal banyak kisah, di mana mereka bisa membeli barang mewah karena mengumpulkan uang receh. Karena itu, yuk mulai kumpulkan uang receh kembalian jajan ke dalam sebuah wadah.

Meski nominalnya kecil, yaitu Rp 500 atau Rp 1.000, tapi lama-lama bisa menembus angka jutaan rupiah. Bahkan, ada yang berhasil mengumpulkan uang receh hingga miliaran rupiah.

Jadi, supaya kamu tidak punya celah untuk mengabaikan uang kembalian, sediakan toples khusus di rumah. Nah, setiap kali abis bepergian dan memiliki uang kembalian, taruhlah di toples spesial itu. Kamu akan terkejut mendapati nilainya kelak.

5. Mengikuti tabungan autodebit di bank

Buat yang ingin menabung tapi sulit menyisihkan uang setiap bulan, kamu bisa memanfaatkan fasilitas tabungan autodebit yang kini banyak ditawarkan bank.

Dengan mengikuti program tersebut, mau gak mau duit kamu akan ditarik secara otomatis setiap bulan oleh bank dengan nominal dan tanggal yang sudah disepakati.

Dengan begitu, kamu gak punya alasan untuk gak nabung dan impianmu ingin memiliki sesuatu akan segera terwujud. Menyenangkan, bukan?

6. Coba deh tambah penghasilan ketimbang pengeluaran

Cara ini sebenarnya bisa banget kamu lakukan jika ingin mengumpulkan uang alias menabung. Singkirkan terlebih dahulu soal dunia perbelanjaan, kenapa tidak mencoba menambah penghasilan? 

Dengan cara menambah penghasilan atau mencari pendapatan lain kamu bisa lho mengumpulkan uang dalam rekening atau celengan. Caranya? Ya coba deh melirik pekerjaan sampingan yang bisa menambah penghasilan selain gaji. 

Nah ketika sudah mendapatkan penghasilan tambahan, mau tidak mau kamu mesti menggugurkan hawa nafsu kamu untuk belanja. Percuma saja kalau penghasilan bertambah tapi keperluan untuk belanja justru bertambah. 

7. Punya prioritas mau ke mana uang kamu

Punya penghasilan yang cukup bahkan lebih, ada baiknya nih kamu memiliki prioritas dengan keberadaan uang saat ini. Jangan sampai memiliki penghasilan tapi kamu tidak punya tujuan yang pasti. 

Contohnya, mulai dari sekarang kamu mesti memiliki prioritas buat di masa depan. Misalkan pengin memiliki rumah alias menyicil KPR. 

Dengan memiliki keinginan tersebut, kamu dengan mudahnya akan memprioritaskan penghasilan saat ini. Kalau sudah begitu dengan mudahnya nih kamu bisa menabung. 

8. Belajar investasi meski sedikit

Bagi kamu yang belum melek investasi tidak ada salahnya untuk melakukannya meskipun sedikit. Pasalnya dengan berinvestasi kamu akan dapat menikmati hasilnya setelah sekian lama menanamnya dalam bentuk instrumen investasi pilihanmu. 

9. Hindari pemakaian kartu kredit

Bangga punya kartu kredit dengan limit besar? Tapi masa mau sih setiap bulannya kamu membayar tagihan yang akhirnya bikin sulit menabung. 

Coba deh gunting kartu kredit kamu atau segera lunasi dan tutup. Dengan cara begitu kamu akan mudah untuk mengumpulkan uang perlahan-lahan.

10. Berpikir ulang untuk berutang

Jangan dibiasakan untuk berutang, kalau sudah menjadi kebiasaan kapan mau menabungnya? Ada baiknya nih kamu pikir dua kali jika ingin memutuskan berutang. 

Berutang di awal-awal memang enak tapi akhirnya kamu akan kelimpungan nih untuk membayarnya. Jadi usahakan berpikir dua kali ya ketika ingin mengambil pinjaman atau utang.

Itu dia lima tips menabung yang bisa kamu lakukan tanpa perlu ribet dan dijamin gak akan gagal terus menerus. Mudah bukan? Yuk, terapkan dari sekarang. (Editor: Chaerunnisa)