Selalu Gagal Mengelola Keuangan dengan Benar, Begini Tipsnya, Mudah Banget Kok!

Tips mengatur keuangan sangat dibutuhkan buat kamu yang gagal dalam mengelola finansial (Shutterstock).

Tips mengatur keuangan sangat dibutuhkan buat kamu yang gagal dalam mengelola finansial (Shutterstock).

Jika kamu merasa selalu gagal dalam mengelola keuangan setiap bulan, coba cari tahu ada apa dengan kondisi finansialmu deh. Atau memang, kamu yang tidak bisa membuat anggaran itu dengan baik jangan-jangan. Kalau udah begini, kamu perlu banget membaca tips mengatur keuangan mulai sekarang.

Memang sih, banyak orang mengeluhkan sulitnya mengatur keuangan untuk satu bulan penuh. Banyak juga yang merasa saat di pertengahan bulan, keuangan kian menipis, padahal perjalanan menuju gajian masih cukup panjang. Nah kalau sudah begini, siapa dong yang salah? Gaji kamu yang terlalu sedikit, atau gaya hidupmu yang kelewat batas?

Tiffany Aliche, seorang Pakar Keuangan Pribadi dan pendiri The Budgetnista, mengatakan tidak sulit untuk membuat anggaran yang sederhana dan realistis sebetulnya.

“Saya suka membuat anggaran karena saya melihat hal itu sebagai rencana yang jelas. Apa pun yang kamu inginkan, tinggal melihatnya ke anggaran itu,” kata Aliche.

Nah berikut ini tiga saran Aliche untuk membantu kamu dalam membuat anggaran dengan mudah dan tepat, apa saja sih?

1. Buat daftar pengeluaran bulanan

Tips Mengatur Keuangan
Membuat daftar belanjaan (Shutterstock).

Hal pertama adalah mencari tahu untuk apa uang dibelanjakan. Itu sama dengan membuat daftar pengeluaran setiap bulan, baik anggaran tetap, seperti membayar sewa apartemen, cicilan rumah atau kendaraan, bahkan biaya makan dan transportasi. Jangan lupa tagihan listrik, air atau telpon jika kamu menggunakannya. Kalau air dan listrik sih udah pasti ya. 

Jika memang uangmu ternyata pas-pas an untuk membayar semua itu, coba untuk ke depannya jangan membuat tagihan baru kartu kredit. Hentikan semua itu sebelum kamu tidak memiliki uang sisa dari gaji selama satu bulan bekerja. 

2. Cari tahu jumlah pengeluaran 

Tips Mengatur Keuangan
Menghitung jumlah pengeluaran (Shutterstock).

Langkah selanjutnya jika kamu sudah membuat daftar pengeluaran rutin, sekarang waktunya untuk menghitung berapa besar jumlahnya. Perlu diingat, hitung baik-baik jumlah pengeluaran lainnya seperti membayar tagihan.

Jangan sampai kamu malah asyik belanja online, padahal kas mu tidak cukup untuk membayarnya. Wah jangan sampai ya. Kalau memang ada barang yang diperlukan, untuk sementara ini menabunglah!

3. Hitung berapa banyak gaji digunakan untuk pengeluaran

Tips Mengatur Keuangan
Ilustrasi uang gaji (Shutterstock).

Aliche mengatakan “air mata dan tisu”. Inilah alasannya kamu perlu menambahkan semua pengeluaran bulanan rata-rata dan membandingkan totalnya dengan gaji yang didapatkan. 

“Angka itu mungkin menyebabkan beberapa air mata menetes dan kamu mungkin perlu beberapa tisu,” kata Aliche, terutama jika itu lebih dari penghasilanmu saat ini.

Tapi itu tidak apa-apa karena ini baru permulaan. Untuk ke depannya kamu jadi akan paham apakah pengeluaran dan pemasukanmu seimbang. Jika tidak, segera cari pemasukan baru, atau mengurangi gaya hidup. 

“Jika kamu menemukan bahwa angka itu negatif pada akhirnya, itu berarti telah menghabiskan terlalu banyak dari pendapatan,” kata Aliche. Ia juga berpesan untuk segera memangkas pengeluaran yang tidak terlalu penting selama satu bulan tersebut. 

Nah itu tadi tips mengatur keuangan ala pakar finansial terkemuka. Kalau mau menikmati gaji, usahakan tidak memiliki utang sama sekali ya! Semoga bermanfaat! (Editor: Winda Destiana Putri).