Penting! Begini Tips Mengelola Uang THR Natal Supaya Gak Bocor Sampai Tahun Baru

thr natal

thr natal

Mendapatkan THR Natal mungkin menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu oleh banyak karyawan. Selain memiliki pemasukkan tambahan, saat tersebut juga menandakan awal masa libur panjang akhir tahun.

Sebagian masyarakat di dunia memanfaatkan momen tersebut untuk berkumpul bersama keluarga, teman terdekat maupun saudara. Tradisi makan bersama, liburan bareng dan tukar kado juga menjadi tradisi lain yang wajib dilakukan untuk menambah keakraban.

Tiga hal tersebut pastinya menjadi hal yang paling menyedot banyak uang THR selain godaan untuk berbelanja online, betul gak?

Kalau kamu merasa demikian, gak usah khawatir. Sebab, fenomena kayak gitu emang lumrah terjadi dan membuat kita bertanya-tanya kemana uang THR pergi saat masa liburan berakhir.

Nah biar kejadian seperti itu gak terulang lagi kali ini, ada baiknya kamu menyimak tips mengelola uang THR Natal berikut ini:

Baca juga: Gak Perlu Bingung! Gini Cara Menghitung THR Karyawan Sesuai Peraturan Pemerintah

1. Membuat skala prioritas

thr natal
Buat skala prioritas. (Shutterstock)

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat skala prioritas kebutuhan apa yang harus dikeluarkan selama Natal dan Tahun Baru.

Beberapa anggaran yang bisa kamu prioritaskan adalah traveling, makan bersama sampai tukar kado yang memiliki hubungan dengan libur Natal dan Tahun Baru. Namun tentunya juga jangan terlalu banyak dan nominal uangnya harus tetap diperhatikan.

Baca juga: Beda Cara Cowok dan Cewek Menghabiskan THR, Kamu yang Mana?

2. Alokasikan uang THR Natal segera

thr natal
Segera alokasikan uang ke pos-pos. (Shutterstock)

Selanjutnya, yang harus kamu lakukan ketika mendapatkan uang THR adalah mengalokasikan dana berdasarkan skala prioritas yang udah dibuat sebelumnya. Jadi, antara poin pertama dan kedua ini bisa dikatakan memiliki keterkaitan satu dengan yang lain.

Ini bermanfaat agar segala kebutuhan bisa mendapatkan porsi yang sesuai tanpa adanya kekurangan.

Banyak kasus di mana seseorang udah melakukan skala prioritas tetapi belum mengalokasikan dananya sehingga dana salah sasaran alias digunakan untuk pengeluaran yang bukan prioritas. Ujung-ujungnya THR jadi bocor dan liburan jadi kurang hepi.

Baca juga: Sah-Sah Saja Resign Habis Terima THR, Asal 4 Hal Ini yang Jadi Alasannya

3. Harus tetap beramal

thr natal
Beramal yuk. (Shutterstock)

Meski mengurangi jumlah uang kamu tapi tips ketiga ini berguna untuk menambah rezeki kamu ke depannya. Sebetulnya gak hanya pas ada hari raya sih, setiap bulan paling gak kamu perlu menyisihkan uang untuk zakat.

Kalau kamu bingung nominalnya berapa, bisa menerapkan hitung-hitungan berdasarkan presentase dari gaji kamu sekitar 2,5 persen. Jadi yang penting bukan nominalnya, tapi niatnya untuk membantu orang lain.

4. Jangan lupa untuk menabung atau investasi

thr natal
Gunakan untuk menabung dan investasi. (Shutterstock)

Nah, hal yang satu ini menjadi poin krusial ketika kamu mengelola uang THR Natal. Sebab jika gak dipisahkan segera, bisa jadi uangnya keburu dipakai untuk kebutuhan yang sebetulnya kurang penting.

Kalau bisa, anggarkan 50 persen dari total THR tersebut untuk menabung dan investasi saham ataupun emas. Jika dirasa porsinya terlalu besar bisa dikecilkan menjadi 20 hingga 30 persen aja dari total THR.

5. Pisahkan antara kebutuhan dan kengininan

thr natal
Pisahkan antara kebutuhan atau keinginan. (Shutterstock)

Tips mengelola uang THR Natal terakhir yang harus kamu lakukan adalah membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Kebutuhan di sini yang dimaksud adalah segala sesuatu yang bersifat rutin dan perlu dibayarkan seperti tagihan listrik, utang, pulsa dan sebagainya.

Di sisi lain, keinginan itu adalah hal yang cenderung bersifat sekunder dan tersier seperti berbelanja pakaian maupun barang elektronik. Banyak orang kadang suka sulit membedakan mana yang kebutuhan dan mana yang keinginan akibat lapar mata.

Nah itulah beberapa tips mengelola keuangan THR Natal agar gak cepat habis pascaliburan akhir tahun. Gak usah minder karena gaji kamu kecil, karena gaji besar pun gak menjamin kamu selalu punya uang selama belum bisa mengelola keuangan dengan baik. (Editor: Ruben Setiawan)

Tags: , ,

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis