Biar Nyaman dan Produktif! Begini Tips Remote Working Bagi Karyawan Masa Kini

Begini tips bagi karyawan masa kini yang remote working

Konsep kerja dengan sistem remote working kini banyak dilakukan oleh perusahaan-perusahaan, apalagi startup. Nah bagi karyawan masa kini, kerja dengan sistem remote working gimana sih mensiasatinya agar tugas kantor selesai. 

Bagi yang belum mengetahui apa sih remote working ini? Jadi remote working adalah istilah yang sering digunakan bagi orang yang bekerja jarak jauh. 

Dengan menggunakan sistem ini, para karyawan atau pegawai gak perlu nih capek-capek mengejar waktu untuk tiba di kantor dengan on time. Para karyawan bisa mengerjakan tugas kantor di kafe maupun sedang di luar kota bahkan luar negeri sekalipun. 

Nah bagi kamu yang bekerja di startup, sistem bekerja seperti ini udah bukan hal asing lagi. Biasanya startup memberikan kelonggaran bagi karyawannya bekerja dengan senyaman mungkin. 

Lalu bagaimana cara berkomunikasi dengan tim bahkan atasan? Jangan khawatirm, saat ini yang namanya teknologi sudah mendukung sekali bagi karyawan untuk berkoordinasi. 

Memanfaatkan Skype, video call atau aplikasi lainnya yang mendukung, pegawai bisa lho berkoordinasi untuk menyelesaikan pekerjaan. Tapi bagi yang belum terbiasa dengan menggunakan sistem bekerja seperti ini, ada lho tips-tipsnya. 

Tips berikut ini bisa membantu bagi kamu yang belum terbiasa menjalankan sistem bekerja work from home atau remote working. Yuk cek tips biar kamu bisa menyesuaikan saat bekerja di luar kantor. 

Teknologi yang memadai

Memiliki teknologi yang canggih bisa mendukung kamu bekerja remote working

Kunci agar sistem bekerja dengan remote working adalah komunikasi. Dengan memiliki komunikasi yang baik dengan tim kerja kamu, konsep bekerja jarak jauh ini dijamin bisa berjalan lancar lho. 

Jadi berlangganan paket internet memang sangat dibutuhkan nih bagi yang bekerja remote.   Berlangganan paket internet yang lumayan bagus sangat membantu nih ketika harus melakukan video call, gak lucu lagi meeting jarak jauh koneksi tersendat. 

Selain itu kamu juga mesti memiliki gadget yang memadai untuk bekerja remote. 

Punya ruangan kerja yang nyaman

Memiliki ruangan yang nyaman saat remote working

Satu lagi yang mesti kamu perhatikan bagi karyawan bekerja remote, usahakan memiliki ruangan kerja. Bukan sekedar ruangan kerja saja lho, gak bising dan nyaman sangat penting banget nih bagi yang bekerja remote. 

Jika bekerja di rumah, kamu bisa mengubah salah satu ruangan kosong yang gak terpakai sebagai tempat kerja. Bikin ruangan senyamanmungkin agar kamu bisa bekerja dengan nyaman dan fokus. 

Apalagi jauh dari kata bising, bekerja remote di ruangan yang kedap suara sangat disarankan lho. Memiliki ruangan kedap suara sangat membantu bagi yang bakal melakukan video call atau sambungan telepon. 

Bikin jadwal untuk bekerja remote

Bikin jadwal bekerja sangat penting lho bagi yang bekerja remote

Bekerja remote memang sangat membantu kamu lebih produktif. Pasalnya kalau bekerja di kantor dan bertemu dengan rekan kerja ada saja nih godaannya. 

Mulai bergosip hingga gak asik ngobrol di pantry kantor sering banget terjadi. Maka dari itu kamu mesti membuat jadwal sendiri untuk bekerja remote dan menyelesaikan tugas dari dari kantor. 

Jangan sampai kamu lalai dalam mengerjakan deadline dari kantor. Jangan lupa selingi juga untuk beristirahat 15 menit, agar kamu lebih prima nih mengerjakan pekerjaan meskipun gak di kantor. 

Menyiapkan pakaian kerja yang pantas

Menyiapkan pakaian kerja saat remote working juga sangat dianjurkan

Mentang-mentang bekerja jarak jauh dari kantor, bukan berarti kamu gak rapih lho. Saat remote working kamu mesti mempersiapkan pakaian kerja yang pantas, hal ini dilakukan agar kamu siap saat mendapatkan video call dadaka, benar gak? 

Gak cuma itu sih, saat bekerja remote lalu mengenakan pakaian kerja, hal ini akan memberikan pesan pada otak untuk keluar dari “mode santai”. Jadi mau bekerja di atas tempat tidur, kamu mesti siap untuk mendapatkan perintah dari atasan. 

Nikmati waktu-waktu remote working kamu

Nikmati waktu kerja remote dengan kegiatan yang berkualitas

Saat menjalankan remote working, hal terpenting adalah nikmati masa-masa tersebut. Pasalnya nih kamu gak perlu bangun pagi-pagi buat mengejar waktu sampai di kantor on time. Kamu bisa memangkas waktu perjalanan dari rumah ke kantor, betul gak? 

Jadi nikmati nih keistimewaan ini dengan memanfaatkan waktu yang luang demi menjalankan pekerjaan berkualitas. Jika belum waktunya bekerja, kamu bisa melakukan olahraga demi menjaga kebugaran tubuh. 

Nah gimana nih tips di atas membantu kamu dalam menjalankan konsep remote working? Yuk meskipun gak kekantor kamu tetap produktif dan menjadi karyawan teladan. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →