Tips Rutin ke Tempat Ngopi di Jakarta Selatan tapi Kantong Tetap Sehat

wanita ngopi di belakang meja

Harus diakui belakangan ini banyak tempat ngopi di Jakarta Selatan yang menyorot perhatian masyarakat seiring berkembangnya penikmat kopi di Tanah Air. Gak cuma rasanya yang enak, harga yang ditawarkan pun ramah untuk kantong anak muda lho!

Hiruk pikuk kehidupan kota metropolitan yang dijalani oleh pekerja di Indonesia membuat sebagian diantaranya mengalami kejenuhan dan rasa stres akibat kerja.

Selain liburan ke luar kota, cara paling cepat dan mudah untuk menghilangkan rasa tersebut adalah dengan nongkrong bareng kerabat kantor ataupun teman sekolah sembari ngopi. Bahkan ada juga yang memanfaatkan kedai kopi sebagai tempat meeting bareng klien untuk mencairkan suasana.

Namun, kadang harga menu yang mahal bikin dompet kita semakin tipis dan memaksa mengencangkan ikat pinggang sampai gajian. Lalu, adakah cara untuk mengalokasikan bujet nongkrong supaya pengeluaran untuk kebutuhan lainnya gak terganggu? Jawabannya tentu saja ada. 

Kita akan mengulasnya di akhir artikel ini. Sebagai pembuka, simak dulu deretan tempat ngopi murah di kawasan Jakarta Selatan yang konon sebagai pusat gaulnya anak muda ibu kota ini.

1. Join Kopi – Rp 20 ribuan

kedai join kopi
Join Kopi. (Instagram/@join_kopi)

Tempat ngopi di Jakarta Selatan pertama yang masuk dalam daftar rekomendasi adalah Join Kopi yang berlokasi di daerah Bulungan, Blok M. Tempat ngopi ini berkonsep outdoor jadi cocok banget buat kamu yang gak suka tempat sempit.

Selain itu di dekat sini juga banyak penjual makanan seperti gultik alias gulai tikungan yang legendaris kalau kamu lagi laper ketika nongkrong. Harga per cangkir kopi berada di kisaran Rp 20 ribuan aja. Untuk alamat lengkapnya berada di GOR Bulungan, Jalan Bulungan No C1, RT/RW 11/7, Kecamatan Kebayoran Baru, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12130.

2. Journey Coffee Tebet – Rp 36 ribuan

journey coffee
Journey Coffee. (Instagram/@journeycoffeejkt)

Buat kamu yang tinggal di daerah Tebet bisa coba tempat ngopi Journey Coffee. Tempatnya gak besar dan gak kecil-kecil banget, pokoknya pas buat yang suka berlama-lama nongkrong.

Selain tempatnya pewe, di sini juga menawarkan berbagai macam variasi kopi yang lengkap dengan harga terjangkau.

Harganya sekitar Rp 36 ribuan aja per orangnya. Kalau penasaran bisa coba langsung dateng ke Jl. KH Abdullah Syafei No. 78, Tebet, Jakarta Selatan.

3. Filosofi Kopi – Rp 35 ribuan

filosofi kopi
Kedai Filosofi Kopi. (Instagram/@filosofikopi)

Selanjutnya ada tempat ngopi di Jakarta Selatan yang sempat hits beberapa waktu lalu karena dipakai syuting film dengan nama serupa. Gimana gak viral, pemainnya aja ada Chicco Jerikho dan Rio Dewanto 

Meskipun udah dijadikan lokasi syuting, tetapi harga di kedai ini terbilang ramah untuk kantong karena per orangnya cukup mengeluarkan duit sekitar Rp 35 ribuan aja. Alamatnya ada di Jalan Melawai VI No 8, Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

4. Chief Coffee – Rp 30 ribuan

chief coffee
Chief Coffee. (Instagram/@chief.coffee)

Tempat ngopi di Jakarta Selatan keempat yang murah adalah Chief Coffee di daerah Kemang. Meskipun lokasinya terkenal cukup mewah tapi di sini kamu bisa ngopi bareng temen dengan harga terjangkau lho.

Kalau lagi laper, kamu juga bisa memesan menu makanan seperti pasta dan nasi goreng. Untuk harga kopinya sendiri bervariasi, mulai dari Rp 30 ribuan. Alamatnya ada di Jl. Kemang Raya No. 27D, Kemang, Jakarta Selatan.

5. Nusa Kopi – Rp 30 ribuan

nusa kopi
Nusa Kopi. (Instagram/@nusakopi)

Terakhir, ada tempat ngopi di Jakarta Selatan bernama Nusa Kopi. Suasana yang ditawarkan di tempat ini ada 2 macam yakni ngopi di outdoor dan indoor, jadi tinggal sesuaikan aja sama selera kamu.

Selain nyaman, Nusa Kopi juga menyajikan berbagai macam menu kopi yang unik mulai dari Intisari kopi hingga Kopi susu lintang.

Untuk harganya sendiri relatif murah, yakni sekitar Rp 30 ribuan aja per orang. Alamatnya sendiri berada di Jl. KH. Ahmad Dahlan No. 2, Gandaria, Jakarta Selatan.

Cara cermat alokasi bujet buat ngopi di tempat ngopi Jakarta Selatan

tiga wanita memegang gelas kopi
Gimana cara alokasi bujet buat ngopi? (Shutterstock)

Nah, sekarang masuk ke pembahasan soal gimana cara terbaik mengalokasikan bujet ngopi. Idealnya, dari penghasilan total per bulanmu, kamu bisa menggunakan 30% nya untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup.

Kebutuhan gaya hidup tentunya berbeda untuk tiap individunya. Tapi pada umumnya, kebutuhan beli paket data, jalan-jalan di weekend, entah itu nonton, ngopi, dan menyalurkan hobi termasuk dalam pos pengeluaran gaya hidup.

Misalkan, katakanlah gaji kamu Rp 7 juta, artinya 30% gaji atau sekitar Rp 2,1 jutaan bisa kamu gunakan untuk kebutuhan di atas. Dengan demikian, pastikan pengeluaran buat ngopi gak melebihi itu.

Dengan asumsi bujet ngopi tiap weekend adalah Rp 50 ribu, maka dalam sebulan kamu menghabiskan Rp 200 ribu. Maka, kamu masih bisa menggunakan sekitar Rp 2.100.000 – Rp 200.000 = Rp 1.900.000 per bulan untuk pengeluaran gaya hidup yang lainnya.

Melanjutkan informasi di atas, di samping alokasi untuk gaya hidup, tiap individu harus mengalokasikan 50% penghasilan bulanan untuk pemenuhan kebutuhan pokok dan 20% untuk menabung dan investasi. Jadi, kalau gajinya Rp 7 juta, pastikan bujet untuk kebutuhan pokok gak lebih dari Rp 3,5 juta (50%), dan harus menyisihkan Rp 1,4 juta (20%) di awal buat investasi dan menabung. Inget yah, harus disisihkan di awal, bukan disisakan di akhir. 

Sebab, kalau disisakan, yang terjadi kebanyakan bakal gagal. Terlalu banyak godaan untuk bisa menyisakan 20% untuk tabungan dan investasi. 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →