Bakal Jadi Penyesalan Kalau Gak Lakukan Hal-Hal Ini di Usia 30 Tahun

Tips sukses keuangan saat memasuki usia 30 tahun. (Shutterstock)

Usia 30 tahun dianggap sebagai fase pertengahan. Gak muda-muda amat dan gak tua-tua banget. Pastinya, di usia ini seseorang harus makin bijak dalam berpikir dan bertindak, termasuk dalam urusan finansial. Nah, ada tips sukses finansial nih buat kamu yang memasuki usia ini.

Kamu tentunya gak mau kan kondisi finansialmu sama seperti tahun-tahun sebelumnya? Apalagi usia 30 tahun ini dipandang sebagai masa yang menentukan gimana nantinya kamu di masa depan. Apakah di masa depan kamu hidup sejahtera atau gak sama sekali.

Agar jangan sampai salah dalam bertindak, bangunlah kebiasaan-kebiasaan positif yang bisa bikin kondisi finansialmu selalu sehat dari waktu ke waktu. Dikutip dari MoneyWise, inilah tips-tips sukses finansial yang wajib kamu lakukan saat berusia 30 tahun.

Baca juga: Capai 4 Tujuan Keuangan Ini di Usia 40 Tahun, Hidup Bakal Sejahtera

1. Sesuaikan gaya hidup dengan kondisi finansial

Tips sukses keuangan dengan sesuaikan gaya hidup. (Shutterstock)
Tips sukses keuangan dengan sesuaikan gaya hidup. (Shutterstock)

Jangan ada lagi deh cerita habiskan uang tanpa adanya bujet sama sekali. Emangnya di usia 30 tahun kamu masih mau mengulang kisah sering tekor di pertengahan bulan? Atau keseringan utang pakai kartu kredit cuma buat memuaskan keinginan?

Kalau gak mau seperti itu lagi, mulailah sesuaikan gaya hidup dengan kondisi finansial. Ini jadi tips sukses yang harus kamu lakukan saat sudah berusia 30 tahun.

Memulainya gampang kok. Pertama-tama, selalu bikin bujet buat pengeluaran setiap bulannya. Alokasikan gaji sebesar 50 persen buat kebutuhan pokok, 30 persen buat kebutuhan pribadi atau bayar cicilan, serta 20 persen buat investasi dan asuransi.

Kedua, catat setiap pengeluaran yang terjadi. Apa pun pengeluarannya itu. Jangan sampai ada yang terlewat. Kamu bisa menggunakan aplikasi pengatur keuangan buat merekam cash flow setiap bulannya. Dengan begitu, kamu jadi tahu sampai di batas mana pengeluaran uangmu.

Baca juga: Kesalahan-Kesalahan Ini Jangan Dilakukan Kalau Gak Mau Keuangan Tekor

2. Harus punya dana darurat

Tips sukses keuangan dengan siapkan dana darurat. (Shutterstock)
Tips sukses keuangan dengan siapkan dana darurat. (Shutterstock)

Gak punya dana darurat sama aja membiarkan dirimu berada dalam kondisi yang riskan. Keuangan kamu yang awalnya baik-baik aja bisa berubah buruk begitu masalah datang. Hal tersebut bisa terjadi karena kamu gak punya dana darurat.

Adanya dana darurat menandakan bahwa kamu udah siap menghadapi kemungkinan buruk yang bisa aja terjadi. Misalnya aja rumah kamu perlu direnovasi. Berkat dana darurat, renovasi rumah bisa dilakukan.

Kebayang kan gimana jadinya kalau dana darurat ini gak ada? Kamu harus menunda keinginan renovasi atau mau gak mau mengajukan pinjaman buat memperbaiki rumah.

Nah, kalau gak mau mengambil salah satu dari kedua pilihan di atas, siapkan deh dana darurat mulai dari sekarang. Caranya gampang kok. Kamu cuma harus menyisihkan 10 persen gaji tiap bulannya. Kumpulkan hingga besarannya mencapai 6 – 9 kali kebutuhan pokokmu per bulan.

Baca juga: Ingin Berkantong Tebal di 2019, Ini 4 Rencana Keuangan yang Harus Diwujudkan

3. Mempersiapkan dana pendidikan anak

Tips sukses keuangan dengan siapkan dana pendidikan. (Shutterstock)
Tips sukses keuangan dengan siapkan dana pendidikan. (Shutterstock)

Sekalipun anak kamu masih kecil, bukan berarti gak perlu mempersiapkan dana pendidikan sesegera mungkin. Justru dana pendidikan sebaiknya dipersiapkan sejak anak lahir. Bahkan, akan lebih baik lagi jika dipersiapkan sejak kamu mulai membina rumah tangga.

Asal tahu aja nih, dana pendidikan itu tiap tahunnya cenderung meningkat. Walaupun banyak orang menganggap kenaikan tersebut gak wajar, mau gak mau situasi ini harus dihadapi para orang tua.

Kamu gak mau kan kalau sampai nantinya terbebani biaya pendidikan anak setiap bulannya? Karena itulah, kamu perlu mempersiapkan dana pendidikan. Caranya, sisihkan gajimu tiap bulannya ke tabungan pendidikan.

Ada beberapa pilihan tabungan pendidikan yang bisa kamu ambil. Mulai dari BNI Tapenas, Tabungan Pendidikan CIMB Niaga, Tabungan Pendidikan Xtra, hingga Tabungan Rencana Bank Mandiri.

Keuntungan memiliki tabungan pendidikan bukan cuma bunganya aja yang besar, melainkan adanya tawaran asuransi yang diberikan. Bunga tabungan pendidikan sendiri mulai dari 3 – 6 persen.

4. Mempersiapkan dana buat hari tua nanti

Tips sukses keuangan dengan siapkan dana pensiun. (Shutterstock)
Tips sukses keuangan dengan siapkan dana pensiun. (Shutterstock)

Meskipun udah memiliki BPJS Ketenagakerjaan, bukan berarti kamu gak boleh menambah dana pensiun. Optimalkan dana pensiun yang kamu miliki dengan mengambil produk Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) atau reksa dana.

Kalau bisa nih, ambil aja DPLK dan reksa dana sekaligus biar makin besar dana pensiun nanti. Ada beberapa DPLK yang bisa kamu pilih, yaitu Mandiri DPLK, DPLK BRI, hingga BNI Simponi.

Sementara kalau reksa dana, kamu bisa memilih reksa dana pasar uang, pendapatan tetap, saham, atau campuran. Sebagai informasi, reksa dana bisa memberi return sekitar 15 – 20 persen lho per tahun.

5. Selalu diskusikan masalah keuangan dengan pasanganmu

Tips sukses keuangan dengan bicarakan masalah keuangan dengan pasangan. (Shutterstock)
Tips sukses keuangan dengan bicarakan masalah keuangan dengan pasangan. (Shutterstock)

Salah satu masalah paling besar dalam suatu hubungan adalah masalah keuangan. Makanya setiap masalah keuangan yang ada sebaiknya kamu diskusikan dengan pasanganmu. Jangan sampai ketika masalahnya udah berlarut-larut, kamu baru cerita.

Kunci harmonisnya hubungan itu salah satunya adalah komunikasi dengan pasangan yang selalu terjalin dengan baik. Asal tahu aja nih, masalah bakal cepat selesai kalau bisa diselesaikan bersama-sama. Jadi, jangan pernah sungkan ya menceritakan masalahmu ke pasangan.

Itu tadi tips-tips sukses yang bisa kamu terapkan begitu berusia 30 tahun nanti. Berhasil atau gagalnya tips itu tergantung dari kedisiplinan kamu dalam menjalankannya. Karena itu, lakukan tips-tips di atas dengan sungguh-sungguh kalau pengin merasakan hasilnya. (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →