Para Introvert! 5 Tips Sukses Interview Kerja Ini Patut Dicoba

Interview kerja bisa jadi hal yang paling menakutkan bagi kebanyakan orang, terutama para introvert. Pasalnya, mereka memiliki kepribadian yang tertutup dan seringkali tak mudah merasa nyaman dengan orang dan lingkungan baru.

Nah, para introvert umumnya memikirkan bagaimana caranya agar tak canggung dan terbata-bata selama interview kerja. Karena kalau salah-salah, bisa jadi peluang kerja di perusahaan idaman lenyap begitu saja.

Kalau udah seperti itu, yang ada cuma kesal dan menyesal, kenapa gak bisa menjawab pertanyaan selama interview dengan baik.

Gak usah panik, karena ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh para introvert untuk menghadapi ketakutan interview kerja. Dengan catatan, kamu juga punya keinginan kuat untuk gak terlalu memperlihatkan kecanggunganmu.

Takut dan deg-degan sih wajar aja, asal jangan berlebihan. Dengan begitu, pihak pewawancara juga pasti bisa melihat potensi dirimu dan menganggap kamu orang yang tenang serta bisa mengendalikan keadaan.

Jangan pernah minder kalau kamu tergolong orang yang introvert. Pasalnya justru kebanyakan orang sukses adalah mereka yang memiliki sifat introvert, sebut saja beberapa diantaranya adalah Bill Gates dan Warren Buffet.

Gak usah berlama-lama lagi, berikut ini lima tips simpel yang bisa dicoba oleh para introvert agar sukses interview kerja. Yuk, simak!

1. Fokus pada apa yang telah dilakukan

interview-kerja
Fokus saat interview kerja (flexjobs)

Umumnya para introvert akan merasa kesulitan untuk membicarakan diri maupun membuka dirinya. Karena itu, sebaiknya kamu membicarakan apa yang telah kamu lakukan selama ini.

Misalnya, proyek apa saja yang pernah kamu tangani, dan bagaimana perjalanannya dari awal hingga proyek itu berhasil diselesaikan.

Gak cuma itu, kamu juga bisa mengembangkan gagasanmu serta keberhasilan yang pernah kamu capai. Jadi poinnya, fokus aja pada apa yang sudah kamu lakukan, bukan siapa dirimu.

2. Interview kerja adalah bercerita dengan teman dekat

Coba tanamkan pada pikiranmu kalau interview kerja adalah berbagi atau bercerita dengan teman dekat. Jangan berpikiran kalau kamu harus mengobrol dengan orang baru.

Meskipun tidak mudah, terlebih dengan sifatmu yang tertutup, kamu tetap harus berusaha. Bahkan, jika perlu kamu latih dirimu sebelum interview agar kamu lebih tenang.

Alasannya jelas, kalau kamu berpikiran interview kerja adalah berbicara dengan orang baru, yang ada kamu akan stres sendiri. Hal itu tentu saja tidak baik untuk hasil interview kamu nanti.

3. Mendengarkan orang lain

interview-kerja
Fokus dengarkan pewawancara (huffingtonpost)

Sifat tertutup yang dimiliki para introvert memang membuat mereka kesulitan untuk berbicara dengan orang lain. Karena itu, gak ada salahnya kalau kamu mendengarkan dan berempati pada orang lain.

Misalnya adalah dengan cara mendengarkan hal-hal yang menyangkut kritikan, karena umumnya para introvert cenderung lebih sensitif terhadap kebutuhannya.

Jadi, dengarkan pewawancara dengan baik dan ajukan pertanyaan jika memang kamu tidak mengerti. Gunakan keterampilan mendengarkan kamu untuk terlibat pembicaraan mendalam dengan pewawancara.

Semakin nyaman si pewawancara berbicara dengan kamu, semakin nyaman juga perasaanmu. Dengan begitu, proses interview kerja dijamin akan berjalan lancar.

4. Kumpulkan informasi sebelum interview kerja

Salah satu hal yang harus kamu lakukan sebelum interview kerja khususnya untuk para introvert adalah mengumpulkan informasi mengenai pekerjaan dan perusahaan yang kamu lamar.

Pasalnya, semakin banyak informasi yang kamu dapatkan, maka akan semakin tinggi kepercayaan dirimu.

Selain itu, kamu juga sudah mempersiapkan diri dengan segala pertanyaan yang akan dilempar oleh pewawancara. Hal itu tentu dapat menghindarkanmu dari rasa panik.

5. Luangkan waktu sejenak untuk berpikir

interview-kerja
Diam sejenak untuk berpikir (jobstreet)

Hal lain yang bisa dilakukan para introvert agar interview kerja berjalan lancar adalah dengan meluangkan waktu sejenak untuk berpikir.

Kamu bisa duduk dalam kesendirian selama beberapa jam sebelum interview kerja. Dengan begitu, kamu akan merasa lebih nyaman dan fokus.

Hal itu bertujuan agar saat pewawancara mengajukan pertanyaan, kamu dapat segera meresponnya. Tapi pikirkan dulu masak-masak jawaban yang akan dilontarkan.

Umumnya pewawancara juga tidak keberatan memberikan kamu waktu beberapa detik untuk mempertimbangkan jawaban yang akan kamu keluarkan.

Itu dia beberapa cara simpel yang bisa para introvert coba agar interview kerja berjalan dan lancar. Impian bekerja di perusahaan pun bisa jadi kenyataan.