Tokopedia Emas Kurang Untung? Coba 5 Investasi Lainnya di Sini

investasi selain tokopedia emas

Jika biasanya membeli emas dilakukan dengan datang ke toko emas, sekarang membeli emas dapat dilakukan dengan mudah, tinggal klik pada ponsel dan kamu bisa memulai tabungan emas.

Salah satu platform yang menyediakan tabungan emas adalah Tokopedia. Tokopedia Emas adalah cara baru investasi emas yang mudah dan terjangkau. Tidak jauh beda dengan sistem tabungan emas konvensional, kamu bisa membeli, menabung, dan menjual emas yang dimiliki kapan saja. Dengan modal uang Rp500 perak saja kamu sudah bisa mulai transaksi emas lho.

Selain itu, setiap gram emas yang dibeli di Tokopedia akan dikonversi dalam bentuk fisik yang nantinya akan dititipkan di Pegadaian. Jadi, Tokopedia Emas dijamin aman apalagi aplikasi ini juga diawasi langsung oleh  Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga dijamin aman dan terpercaya.

Selain Tokopedia Emas, apa lagi pilihan instrumen investasi yang menguntungkan?

Kalau kamu tertarik untuk memilih tempat lain untuk meraih keuntungan lewat investasi, maka Lifepal punya rekomendasi lima pilihan instrumen investasi yang bisa memberikan keuntungan sama besarnya dengan Tokopedia Emas, yaitu:

  • Tabungan emas
  • Reksadana pasar uang
  • Reksadana pendapatan tetap
  • P2P lending
  • Saham blue chip

Yuk baca ulasannya secara mendetail di bawah ini.

1. Tabungan emas

Pengin punya emas modal gak sampai Rp10 ribu? Bisa kok, gak cuma Tokopedia Emas yang punya fitur ini.

Kamu bisa membuka rekening tabungan emas di Pegadaian. Nabung emas di sini dapat dilakukan melalui outlet Pegadaian, ATM Mandiri, BNI, BRI, Aplikasi Pegadaian Digital, serta Agen Pegadaian. Banyak banget caranya, dan gak ribet pula.

Jika melalui outlet Pegadaian, pembelian emas dapat dilakukan dari 0,01 gram hingga 100 gram per nasabah per hari. Itu artinya, kamu udah bisa membeli emas mulai dari Rp5 ribuan aja. Setoran uang bakal langsung terkonversi dalam bentuk gram pada buku rekening.

Asyik kan? Walau gak sampai Rp500 perak, tapi seenggaknya kamu bisa nabung emas dalam dana yang tetap kecil.

2. Reksadana pasar uang

Reksadana pasar uang juga merupakan salah satu pilihan investasi yang bisa kamu pilih buat menggantikan Tokopedia Emas. Kenapa? Karena reksadana yang satu ini sama-sama investasi yang minim risiko.

Hal itu disebabkan karena aset-aset yang ada di reksadana pasar uang adalah instrumen investasi berupa deposito, dan surat berharga yang jatuh temponya panjang, satu tahun.

Keuntungan lain, kamu bisa memulai investasi ini dengan modal Rp100 ribu aja.

Berinvestasi di reksadana pasar uang juga tinggal tunggu harga naik dan jual. Gak ribet deh, dan gak ada risiko capital loss juga mengingat ini bukanlah investasi saham.

Selain itu, keuntungan dari reksadana pasar uang lebih besar dari deposito. Bisa mencapai 7,5 persen per tahunnya.

3. Reksadana pendapatan tetap

Reksadana pendapatan tetap adalah “kakaknya” pasar uang. Soal returns, reksadana ini jelas lebih besar.

Asuransi & Investasi
Asuransi & Investasi

Aset-aset investasi dalam reksadana pendapatan tetap ada pada obligasi dan instrumen pasar uang. Risiko investasinya masih tergolong rendah tapi sedikit lebih tinggi daripada pasar uang.

Minimal investasinya juga sama seperti reksadana pasar uang, yaitu Rp100 ribuan aja.

Soal returns-nya juga gak jauh beda, tapi ada yang emang bisa sampai sembilan persenan, tergantung produk reksadananya.

4. P2P lending

Nomor keempat adalah investasi di P2P lending yang juga berbasis di dunia digital. Investasi ini cuma butuh modal awal Rp100 ribu aja.

Situs P2P lending merupakan marketplace atau wadah yang mempertemukan peminjam dana dan pemberi pinjaman. So, ketika kamu memutuskan buat menjadi pemberi pinjaman, itu tandanya kamu bakalan jadi investor.

Sebagai investor, tentu kamu berharap ada return alias imbal hasil dari investasi tersebut, dong? Nah, return berinvestasi di situs P2P lending Indonesia ini beragam. Ada yang berani menjanjikan hingga 30 persen per tahun, dan ada yang cuma belasan persen.

Tapi yang bisa jadi masalah adalah, kamu meminjamkan dana ke orang yang kamu gak kenal. Paling parahnya, orang-orang yang mengajukan pinjaman di P2P lending adalah yang gak atau belum layak buat kredit ke bank. Yang jadi perhatian tentu aja adalah risiko gagal bayar dari si peminjam. Gak menutup kemungkinan kan hal itu terjadi? Bank besar aja mengalami hal ini kok.

Bisa dibilang, makin ke bawah, daftar ini emang makin tinggi risikonya. Tapi yang penting tetap bisa jadi alternatif pengganti investasi di Tokopedia Emas buat sementara waktu lah ya.

5. Saham blue chip

Waduh, kenapa jadi saham? Kan ini investasi berisiko tinggi. Apa disarankan buat investor pemula?

Ya, betul banget. Saham emang risikonya besar. Tapi ini adalah saham blue chip atau big caps yang fluktuasinya terbilang cukup stabil.

Saham blue chip adalah saham-saham milik perusahaan besar yang kapitalisasinya mencapai Rp10 triliun. Kalau kamu penasaran, kamu bisa cek saham-saham itu di indeks LQ 45.

Emang sih, saham blue chip itu terkenal mahal. Per lembarnya ada yang sampai Rp3.000 sampai Rp40 ribuan. Jadi, ketika kamu membeli dalam jumlah 1 lot (100 lembar), maka biayanya mulai dari Rp300 ribuan.

Tapi ini tentu pas buat investasi atau nabung saham. Apalagi jika kamu membelinya di saat rupiah loyo dan dolar menguat seperti sekarang. Nah ketika rupiah mulai menguat, kamu jual deh tuh sahamnya. Gimana gak untung?

Itulah lima alternatif investasi yang bisa kamu pilih selain mengandalkan Tokopedia Emas. Gimana, tertarik mencoba salah satu di antaranya?

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →