Mudahnya Belanja di Tokopedia Pakai Kartu Kredit

belanja online di tokopedia

Pembayaran menggunakan kartu kredit bukanlah sesuatu hal yang wah pada saat ini. Malah memiliki kartu kredit sudah jadi barang wajib untuk masyarakat perkotaan. Selain memberi kemudahan, belanja menggunakan kartu kredit juga jadi lebih praktis. Baik itu untuk transaksi online maupun offline.

Nah, generasi milenial saat ini yang terbiasa memegang gadget dalam kesehariannya pastilah tak asing dengan aktivitas belanja online. Siapa sih yang gak suka belanja online? Tingginya aktivitas belanja online di Indonesia berbarengan dengan pertumbuhan e-commerce besar seperti Tokopedia, Shopee, JD.ID, Lazada, Bukalapak, dan lain sebagainya.

Salah satu karya anak bangsa, Tokopedia, hadir sebagai situs belanja online yang besar dan jadi pilihan konsumen saat ini. Di situs ini penjual dan pembeli bertemu untuk bertransaksi, dimana Tokopedia sebagai rekening bersama atau rekber

Di Tokopedia sudah ada ribuan toko yang terverifikasi, jadi kamu bisa aman berbelanja di sini tanpa takut ditipu. Metode pembayarannya pun disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat saat ini yang praktis dan mudah. Salah satunya pembayaran dengan kartu kredit di Tokopedia.

Cara belanja pakai kartu kredit di Tokopedia

Berbelanja di Tokopedia menggunakan kartu kredit jadi lebih mempermudah kamu. Berikut cara belanja dengan kartu kredit di Tokopedia.

  1. Pilih barang yang ingin kamu beli, baik itu produk fisik atau digital (pulsa, token dan sebagainya). Kemudian pada metode pembayaran pilih Kartu Kredit. Kemudian klik “Checkout”.
  2. Masukkan nomor kartu kredit, tanggal expired, dan 3 digit kode CVV yang ada di bagian belakang kartu kredit. Ada tips khusus jika kamu tidak ingin data kartumu tersimpan di Tokopedia, maka jangan ceklis “Simpan nomor dan masa berlaku kartu”.
  3. Tap pada Pilih Pembayaran kemudian pilih apakah pembayaran penuh atau cicilan. Catatan saja, tidak semua kartu kredit bisa pilih cicilan di Tokopedia dan juga ada batas minimal belanja.
  4. Kemudian pilih “Bayar”.
  5. Periksa SMS masuk yang berisi kode otorisasi transaksi kemudian masukan kode tersebut pada kolom yang sudah disediakan lalu OK.
  6. Kemudian tunggu proses transaksi sampai selesai dan jika berhasil maka pembayaran akan langsung diverifikasi secara otomatis. Jadi kamu cukup tunggu penjual melakukan konfirmasi pesanan dan mengirim barang yang sudah kamu beli.

Kalau kamu pakai kartu kredit untuk pembayarannya, maka akan dianggap sebagai pembayaran full atau full payment. Untuk kamu tahu, tidak semua kartu kredit di Tokopedia bisa dipakai untuk transaksi. Hanya bank yang sudah bekerja sama saja yang bisa digunakan untuk metode cicilan.

Untuk tahu kartu kreditmu bisa dipakai atau tidak di Tokopedia, kamu bisa mengeceknya di laman barang yang akan kamu beli. Klik bagian simulasi cicilan dan nanti terlihat daftar bank yang menerbitkan kartu kredit. Tinggal pilih deh, mana kartu kredit yang kamu punya.

Transaksi kartu kredit di Tokopedia ini akan dikenakan biaya administrasi sebesar 1,5% dari total tagihan belanja kamu. Kartu kredit yang bisa dipakai untuk pembayaran di Tokopedia adalah yang berlogo Visa, Mastercard, AMEX, JCB. Dengan bunga bulanan dari pihak bank sebesar 2,95%.

Selain itu ada metode pembayaran lain tanpa dikenai bunga dan biaya layanan saja. Metode cicilan online menjadi keunggulan lain belanja di Tokopedia. Jangka waktu yang diberikan bisa sampai 12 bulan lho. Tertarik dengan metode pembayaran ini? Nah, untuk bisa memakai cicilan online minimal kamu harus belanja minimal Rp500 ribu dulu.

Berikut cara bayar dengan kartu kredit di Tokopedia menggunakan metode cicilan online.

  1. Klik barang yang akan dibeli.
  2. Pilih metode pembayaran “Cicilan Online” dengan mengaktifkan tombol Cicilan online.
  3. Di halaman detail cicilan pilihlah bank penerbit untuk kartu kredit kamu. Perhatikan juga biaya layanan di sebelah kanan.
  4. Selanjutnya pilih “durasi cicilan” ada beberapa opsi, yaitu pilihan 3 bulan, 6 bulan dan 12 bulan.
  5. Isi 16 digit nomor kartu kredit kamu, masa berlaku dan digit CVV (kode rahasia di bagian belakang kartu kredit) untuk bagian “informasi kartu kredit”.
  6. Klik “bayar sekarang”.

Cara pembuatan kartu kredit di Tokopedia

keuntungan tokopedia

Selain melayani pembayaran dengan kartu kredit, di Tokopedia kamu juga bisa mengajukan kartu kredit secara mandiri. Fitur ini mempermudah kamu yang terbatas dengan waktu datang ke bank atau menemui sales offline. Berikut prosedur pengajuan kartu kredit di Tokopedia.

  1. Kunjungi laman Pengajuan Kartu Kredit di website Tokopedia.
  2. Pilih jenis kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan atau kriteria kamu. Setelah itu, pilih jenis kartu atau cari berdasarkan bank.
  3. Ceritakan diri kamu untuk menemukan kartu kredit yang sesuai.
  4. Pilih kartu kredit yang diinginkan. Melalui fitur ini kamu juga bisa membandingkan kartu kredit yang satu dengan lainnya hingga tiga kartu.
  5. Isi formulir data diri secara lengkap dan benar, lalu klik “Ajukan”. Jangan lupa juga untuk membaca syarat dan ketentuan yang berlaku.
  6. Kemudian kamu akan diteruskan ke laman mitra penyedia kartu kredit terkait untuk mengisi formulir pengajuan kartu kredit.
  7. Mitra terkait akan mengkaji ulang pengajuan kartu kredit dan data-data yang sudah dikirim.

Catatan yang perlu kamu ingat, Tokopedia di sini hanya berperan sebagai jembatan antara kamu dengan mitra penyedia kartu kredit. Keputusan apakah pengajuan kartu kredit kamu diterima atau tidak sepenuhnya ditentukan perusahaan penyedia kartu kredit.

Tips aman belanja pakai kartu kredit

Nah, kalau sudah tahu bagaimana prosedur pembuatan dan pembayaran dengan kartu kredit atau cicilan, Lifepal memberikan beberapa tips supaya kamu aman belanja di situs belanja online memakai kartu kredit. Apa saja? Simak yuk!

  1. Pastikan URL yang kamu tuju adalah website resmi.
  2. Jaga kerahasiaan nomor kartu kreditmu.
  3. Buat komposisi password yang terdiri dari huruf, angka, serta lakukan reset password, secara berkala. Contoh : Lifepal123.
  4. Hindari menginformasikan data pribadi kamu, kecuali ke pihak yang terpercaya.
  5. Jangan lupa untuk selalu menyimpan bukti transaksi kamu.

Cara belanja kredit di Tokopedia tanpa pakai kartu kredit

cara belanja di tokopedia

Selain kartu kredit, Tokopedia juga memberikan alternatif bagi konsumennya untuk mempermudah berbelanja, yaitu dengan cicilan tanpa kartu kredit. 

Salah satu contoh adalah dengan memakai lembaga nonbank, Kredivo yang memberikan cicilan untuk berbelanja tanpa kartu kredit, Bagaimana caranya?

  1. Langkah pertama yang perlu kamu lakukan dengan login dulu ke Tokopedia.
  2. Pilih barang yang ingin dibayar dengan system kredit.
  3. Klik “Pilih Pembayaran”.
  4. Lalu “Pilih Metode Pembayaran Lainnya”.
  5. Scroll ke bawah sampai kamu temukan “Kredivo”.
  6. Lihat dan pahami syarat dan ketentuan yang berlaku, juga jangan lupa baca informasi lengkap yang ada di form Kredivo.
  7. Jika kamu setuju, klik “Bayar”.

Membayar dengan kartu kredit memang jadi lebih mudah demi mendapat barang impian. Tapi yang perlu kamu perhatikan, ingat batas dalam berbelanja agar tidak kebablasan ya.