Transaksi dengan Internet Banking Bisa Bikin Kamu Berhenti Ngeluh “Repot Musti Nyari ATM Dulu!”

transaksi dengan internet banking

Punya smartphone dan kuota Internet gak pernah kosong tapi selalu ke bank cuma buat transfer duit adalah sia-sia, Saudara-Saudari! Dengan modal smartphone dan Internet, gak perlu capek ngantre di bank buat transfer, apalagi cuma cek saldo.

 

Bank punya layanan yang namanya Internet banking. Layanan ini ada buat mengakomodasi kita-kita nasabah yang melek teknologi, khususnya Internet.

 

Hari gini, siapa sih yang gak mudeng cara akses Internet? Mungkin ada sejumlah saudara kita yang kurang beruntung gak bersentuhan dengan barang bagus ini karena tinggal di tempat tertentu.

 

Kalau kita tinggal di kota besar dan gak kenal Internet, wah, rugi besar. Sebab banyak yang bisa dilakukan lewat dunia maya ini, dari ngurus STNK sampai apply kartu kredit. [Baca: Pengajuan Aplikasi Kartu Kredit Online Itu Sebenarnya Aman Ga Sih? Ngeceknya Gimana?]

 

Dengan menggunakan Internet banking, kita gak perlu datengin bank buat bertransaksi. Bahkan gak perlu nyamperin ATM. Cukup di rumah atau di mana pun dengan koneksi Internet di tangan.

 

transaksi dengan internet banking

Ngantri di ATM cuma buat transfer atau cek saldo is so last year, sob! Pake internet banking dong! 

 

 

Perihal Internet banking diulas di buku terbitan Otoritas Jasa Keuangan berjudul Bijak Ber-E-Banking. Lewat buku itu kita bisa kenalan dengan Internet banking dan layanan e-banking lainnya.

 

Khusus seluk-beluk Internet banking akan kita korek bersama di sini. Kita mulai dengan definisinya.

 

Definisi

Internet banking merupakan layanan dari bank bagi nasabah untuk bertransaksi dengan memanfaatkan jaringan Internet. Nasabah harus mengunjungi situs bank terkait untuk mengakses layanan ini.

 

Selain menggunakan smartphone seperti disebut di atas, kita juga bisa pakai gadget lain untuk menggunakan fitur ini. Misalnya laptop, tablet, atau komputer PC. Pokoknya yang bisa dipakai buat browsing di dunia maya.

 

Dengan menggunakan Internet banking, kita bisa melakukan sederet transaksi, di antaranya:

 

 

Cara Kerja

Cara kerja Internet banking cukup gampang dipahami. Terutama kalau kita sudah punya modal melek Internet.

 

Pertama-tama, kita harus mendaftar ke bank terkait dulu untuk menggunakan Internet banking. Biasanya kita akan diberi token plus user ID dan password. Tapi ada bank yang gak pakai token, melainkan one time password (OTP) via SMS.

 

transaksi dengan internet banking

Itu bukan kalkulator lho ya, tapi token internet banking. Ada juga bank yang gak pake token tapi one time password (OTP) kayak CIMB Niaga 

 

 

Setelah mendapat “peralatan tempur” itu, barulah kita bisa menggunakan Internet banking dengan mengunjungi situs bank tersebut.

 

Tahap-tahapnya kalau memakai token:

 

  1. Kunjungi situs bank
  2. Pilih layanan Internet banking
  3. Masukkan user ID dan password
  4. Pilih menu yang diinginkan
  5. Ikuti perintah sesuai dengan menu, termasuk mengaktifkan token

 

Jika memakai OTP via SMS, saat akan bertransaksi kita akan diminta memasukkan kode OTP itu yang dikirim oleh bank. Setelah kode dimasukkan, baru kita bisa bertransaksi.

 

Setelah transaksi dengan Internet banking selesai, kita akan mendapat e-mail dari bank yang mengabarkan soal transaksi itu. E-mail itu sekaligus jadi bukti bahwa transaksi telah berhasil.

 

Tips Aman Transaksi dengan Internet Banking

Dunia maya itu penuh dengan ancaman hacker atau peretas. Kalau gak hati-hati menggunakan Internet banking, rekening kita bisa dibobol. Berikut ini tips aman ber-Internet banking:

 

  1. Jangan berikan token ke siapa pun
  2. Pastikan situs yang dikunjungi adalah situs bank terkait
  3. Pastikan gadget gak terinfeksi virus
  4. Kalau dapat e-mail yang bilang rekening diblokir atau apa pun yang mencurigakan, segera hubungi pihak bank, dan jangan langsung asal klik di e-mail itu

 

 

transaksi dengan internet banking

 

Transaksi dengan Internet banking emang praktis. Tapi tetep keamanan bertransaksi harus diperhatikan kalo nggak mau tabungan kita dikuras peretas

 

 

Transaksi dengan Internet banking bikin gampang urusan perbankan. Karena itu, kalau belum kenalan dengan Internet banking dan memanfaatkannya, seperti gak ada gunanya kita melek Internet.

 

 

 

Image credit:

  • https://deteksi.files.wordpress.com/2010/03/d70d1-thedion15919.jpg
  • http://www.berbagiteknologi.com/wp-content/uploads/2015/03/Token-Internet-Banking.jpg
  • http://cdn.tmpo.co/data/2012/01/10/id_101830/101830_620.jpg
Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →