Hengkang dari Uber, Travis Kalanick Kantongi Rp 35 Triliun!

Uber

Pendiri dan mantan CEO Uber, Travis Kalanick memutuskan hengkang dari perusahaannya. Uber mengumumkan, Travis Kalanick akan mengundurkan diri secara resmi dari dewan direksi pada 31 Desember 2019.

Kepada bursa AS, Uber mengumumkan Kalanick memutuskan hengkang untuk bisa fokus pada bisnis barunya dan kegiatan filantropis. 

“Travis Kalanick meninggalkan perusahaan untuk fokus pada bisnis barunya dan kegiatan filantropi-nya,” ungkap Uber dalam keterangan resmi seperti dilansir dari CNBC International.

Kalanick juga telah menjual semua saham miliknya setelah lock-up period selesai. Atas aksinya tersebut, Kalanick mendapat total kekayaan ditaksir mencapai US$ 2,5 miliar atau Rp 35 triliun. Itu membuat kekayaannya saat ini mencapai US$ 2,7 miliar.

Travis Kalanick sebelumnya dipaksa keluar sebagai CEO Uber dan digantikan Dara Khosrowshahi melalui aksi pemegang saham dengan dukungan dewan, pada tahun 2017. 

Travis Kalanick mengundurkan diri sebagai CEO Uber Technologies pada tahun 2017 setelah segudang kontroversi ketika memimpin perusahaan ride-hailing

Kabar beredar menyebutkan, penguduran diri Kalanick karena didesak SoftBank selaku pemegang saham utama perusahaan pioner raksasa ride-hailing tersebut. Setelah itu, Dara Khosrowshahi ditunjuk sebagai CEO baru Uber.

Baca juga: Inilah 4 Perusahaan Taksi Online Terbesar di Dunia, Grab dan Gojek Termasuk?

Meraih Rp 35 T

uber
Meraih Rp 35 T (Instagram/@traviskal)

Travis Kalanick, pada pekan lalu, menjual sekitar US$ 383 juta atau Rp 5,3 triliun saham dan mengurangi keseluruhan sahamnya menjadi kurang dari 10 persen.

Pada November 2019, dia juga melakukan penjualan saham mencapai US$ 711 juta atau sekitar Rp 10 triliun.

Dia melepas saham tersebut secara bertahap. Pekan lalu, Travis Kalanick menjual saham sebesar US$ 547 juta atau setara Rp 7,6 triliun.

Baca juga: Bye, Aplikasi Uber! Ini 6 Pelajaran Bisnis yang Bisa Kita Petik

Bisnis startup lain

Bisnis startup lain (Instagram/@traviskal)

Berdasarkan laporan Bloomberg, langkah yang dilakukan Kalanick menjadi sinyal dirinya akan fokus pada bisnis startup lain.

Salah satunya, CloudKitchen, startup sektor makanan yang menyewakan dapur-dapur dengan peralatan lengkap.

Sebelumnya, Kalanick juga sudah menanam dana US$ 300 juta pada CloudKitchen. Sebagian dana itu diambil dari penjualan saham ride-hailing tersebut.

Arab Saudi juga sudah memberikan dana US$ 400 juta lewat CloudKitchen lewat Public Investment Fund (PIF). Menurut Wall Street Journal, valuasi CloudKitchen mencapai US$ 5 miliar.

Sementara itu, sang miliarder tetap memiliki saham Uber sebesar US$ 1,9 miliar. Pasalnya, Kalanick memiliki 6 persen saham ketika perusahaan transportasi online ini IPO pada Mei lalu, padahal saat itu dia sudah dipecat dari aplikasi penyedia transportasi tersebut.

Baca juga: Gini Cara Daftar Ojek Online Buat Nambah Penghasilan

Itulah Travis Kalanick sang pendiri Uber yang kini mengantongi uang banyak setelah resmi hengkang dari perusahaan yang telah membesarkan namanya.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →