Treasury adalah Pengelolaan Keuangan – Ini Fungsi dan Perannya

Treasury adalah manajemen keuangan dan risiko

Treasury adalah fungsi keuangan untuk mengelola aset. Dalam perbankan, treasury ditawarkan sebagai jasa perbankan untuk pengelolaan aset keuangan dan risiko.

Dalam sebuah perusahaan, penting untuk mengecek kesehatan keuangannya demi mencapai kesuksesan bisnis. Oleh sebab itu, penting melibatkan posisi treasury profesional.

Prioritas utamanya memastikan bahwa perusahaan memiliki uang yang dibutuhkan untuk mengelola kegiatan bisnisnya sehari-hari. Untuk lebih jelasnya mengenai treasury, coba simak ulasan Lifepal berikut ini.

Treasury adalah pengelolaan keuangan, cek informasinya

Treasury adalah fungsi keuangan yang sangat penting dalam perusahaan. Salah satu fungsinya adalah mengecek apakah kondisi keuangan bisnis sehat untuk bisa menjaga keberlangsungan bisnisnya atau tidak.

Sektor keuangan dalam perusahaan adalah hal yang sangat penting. Jika keuangan sehat, bisnis pun lancar. Itulah kenapa pengecekan kondisi keuangan secara berkala diperlukan.

Pengecekan memiliki tujuan untuk memastikan bahwa kegiatan bisnis masih bisa berjalan. Selain itu, perusahaan juga jadi tahu strategi atau kebijakan keuangan jangka panjang apa yang bisa mereka rumuskan untuk masa depan.

Secara umum, jasa pengelolaan keuangan ini bisa diartikan sebagai bagian divisi dalam perusahaan yang memiliki tanggung jawab untuk menjaga likuiditas perusahaan.

Jika keuangan perusahaan tidak dalam kondisi yang baik, mereka harus mencarikan solusi.

Solusi tersebut kemudian bisa dirundingkan dengan pimpinan perusahaan ataupun pemegang saham perusahaan. 

1. Treasury dalam perbankan

Treasury ini paling sering ditemui di perusahaan-perusahaan perbankan. Treasury juga memiliki nama lain, yaitu manajemen treasury, yang merupakan divisi yang memiliki tugas untuk mengelola dan memanfaatkan dana.

Karena dinamakan manajemen treasury, di perusahaan perbankan, divisi ini tak jarang juga memiliki tugas merencanakan, mengorganisasi, mengendalikan, dan mengarahkan keputusan yang berhubungan dengan aset dan keuangan.

Diharapkan mampu mendatangkan keuntungan atau meningkatkan pendapatan perusahaan menjadi lebih besar lagi.

2. Treasury dalam pemerintahan atau lembaga keuangan

Selain dalam perusahaan, jasa pengelolaan keuangan juga bisa ditemui di lembaga keuangan negara.

Dalam institusi resmi tersebut, mereka memiliki peran sebagai bendahara yang bertugas mengelola aset, mengumpulkan pajak, dan melakukan kegiatan fiskal lainnya.

Pokoknya, mereka turut bertanggung jawab dalam mencari pemasukan negara, baik dari dana dalam negeri maupun dana luar negeri yang jumlahnya sangat besar.

Fungsi treasury

Sementara itu, fungsi treasury adalah memiliki tanggung jawab atas segala pengelolaan aset likuiditas perusahaan. Berikut ini beberapa fungsi lain dari jasa pengelolaan keuangan di perusahaan.

Jasa pengelolaan keuangan itu sendiri biasanya terdapat di bisnis keuangan semisal perbankan. Jasa pengeloaan keuangan dalam perbankan memiliki fungsi sebagai berikut.

1. Mengelola likuiditas

Demi meningkatkan bisnis maupun strategi pertumbuhan bisnis, likuiditas dan neraca aset perusahaan harus dikelola secara efisien dan efektif.

Jangan sampai besaran aset dan keuangan perusahaan di bawah biaya operasional!

Intinya, jasa pengelolaan keuangan juga berfungsi untuk memastikan bahwa dana perusahaan selalu tersedia untuk menyelesaikan berbagai tanggung jawab perusahaan. 

2. Mengelola risiko likuiditas

Treasury dalam perbankan juga memiliki fungsi mengelola risiko likuiditas. Risiko tersebut bisa berupa risiko perubahan suku bunga hingga perubahan nilai tukar.

Jangan perubahan tersebut berpengaruh negatif terhadap kegiatan keuangan perusahaan!

Tugas dan aktivitas treasury

Karena fungsinya yang sangat penting dalam hal pengelolaan aset dan pemasukan usaha, jasa pengelolaan keuangan biasanya hanya terdapat di kantor pusat bisnis. Tujuannya adalah untuk mempermudah koordinasi antara pusat dan cabang.

Aktivitas utama jasa pengelolaan keuangan adalah mengelola dana, aset, investasi, dan penggalangan dana bisnis.

1. Mengelola modal

Modal merupakan komponen penting di dalam usaha atau bisnis. Oleh sebab itu, perlu dilakukannya pengelolaan yang baik. Hal ini bertujuan agar modal bisa digunakan sebagaimana mestinya demi mengembangkan usaha.

Selain itu, pengelolaan modal juga memiliki peran penting dalam peramalan kas di sebuah perusahaan.

Pengelolaan modal ini dilakukan dengan cara merubah tingkat aktiva yang lancar sebagai pencapaian dari hasil penjualan produk.

2. Mengelola kas

Selain modal, yang menjadi aktivitas treasury adalah mengelola kas. Cara mengelola kas bisa dilakukan dengan mengumpulkan informasi dalam perkiraan kas dan pengelolaan modal.

Tujuan dari pengelolaan kas ini adalah untuk memastikan bahwa dana yang dimiliki perusahaan cukup untuk segala kegiatan operasional.

3. Mengelola investasi

Dana dalam perusahaan tidak hanya dialokasikan ke dalam operasional, tetapi jika mengalami kelebihan dana tersebut akan diinvestasikan.

Salah satu tugas jasa pengelolaan keuangan adalah mengelola kelebihan dana tersebut agar bermanfaat bagi perusahaan.

4. Penggalangan dana

Garis lurus dengan tugas mengelola dana investasi, jasa pengelolaan keuangan juga memiliki tugas menggalang dana. Penggalangan dana tersebut bisa berupa keuntungan investasi atau dari modal para investor.

Penggalangan dana tersebut diharapkan mampu meningkatkan pemasukan perusahaan yang kemudian bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis perusahaan.

Produk treasury

Selain sebuah divisi atau posisi di perusahaan, jasa pengelolaan keuangan juga merupakan sebuah produk khususnya di perusahaan-perusahaan perbankan.

Produk tersebut bisa dibeli nasabah bank untuk meningkatkan aset keuangan mereka. Bisa dibilang jasa pengelolaan keuangan ini sama seperti produk investasi karena memiliki pertambahan nilai di setiap produknya.

Contoh-contoh produk dari treasury adalah: 

  • Transaksi mata uang asing. 
  • Interest Rate Swap.
  • Cross Currency Swap.
  • Obligasi Pemerintah.
  • Obligasi Korporasi.

Tanya jawab seputar treasury