Tren Keuangan 2020, Termasuk Generasi Cashless yang Makin Banyak?

Keuangan

Dunia seputar keuangan termasuk bagian dari tren. Karena itu, tren keuangan tahun mendatang, apalagi tahun 2020 yang sudah di depan mata tentu juga dinanti.

Pasalnya, tahun baru biasanya akan membawa tren baru, termasuk tren keuangan. Seperti diketahui, keuangan tak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari.

Untuk tren keuangan 2020, sejumlah tren di tahun sebelumnya tampaknya masih akan kamu rasakan di tahun ini. Perbedaannya, barangkali terdapat pada intensitas penggunaan serta bertambahnya pemakai.

Bertambahnya pemakai tentu akan membuat tren tersebut semakin dikenali di tengah masyarakat.

Lantas, apa saja sih tren keuangan yang diprediksi akan populer pada tahun 2020 mendatang? Yuk, simak seperti dilansir Dewiku berikut:

Generasi cashless semakin besar

keuangan
Generasi cashless semakin besar

Menjadi cashless alias memanfaatkan uang digital pasti sudah umum di kalangan generasi saat ini. 

Di tahun 2019 ini, beberapa perusahaan besar di dunia, seperti Apple, Starbucks, hingga Sephora, melaporkan telah menerima bentuk pembayaran uang cashless dengan jumlah lebih besar.

Ini menjadi tanda bahwa di tahun 2020 bakal semakin banyak orang yang jadi generasi cashless. Karena itu, banyak orang yang akan meninggalkan dompetnya di rumah tahun depan.

Baca juga: 15 Kebiasaan Mengatur Keuangan Pribadi yang Bisa Bikin Masa Depan Cerah

Semakin meningkatnya keamanan keuangan

keuangan
Semakin meningkatnya keamanan keuangan

Tahun 2020 juga diprediksi akan membuat semakin banyak perusahaan fintech bekerja keras melindungi data pribadi pengguna mereka. 

Keamanan finansial menjadi bisnis serius tahun depan karena akan lebih banyak transaksi online.

Baca juga: Perencanaan Keuangan yang Baik Dimulai dengan 20 Tanda Ini

Menabung online dengan bunga lebih tinggi

keuangan
Menabung online dengan bunga lebih tinggi

Finansial advisor alias penasihat keuangan banyak yang melaporkan bahwa beberapa bank online baru saja menawarkan rekening tabungan dengan tingkat bunga hingga dua persen, bahkan lebih. Pasalnya, bank online tidak memiliki risiko yang dimiliki bank biasa.

Baca juga: Kata Mutiara Tentang Manajemen Keuangan yang Bisa Bermanfaat Buat Kamu Nih

Bank menawarkan layanan kesehatan finansial

keuangan
Bank menawarkan layanan kesehatan finansial

Di tahun 2019 ini merupakan langkah baik untuk pelayanan kepada pelanggan. Di tahun 2020 depan akan lebih banyak lagi penawaran dari bank yang berhubungan dengan kesehatan finansial.

Mereka akan mengadakan pelatihan emosional ketika para pelanggan berusaha membeli rumah atau menabung untuk masa pensiun. Ini berguna sebagai pendekatan keuangan yang lebih sehat kepada pelanggan.

Biaya kuliah

keuangan
Biaya kuliah

Nah, untuk biaya kuliah bagaimana? The New York Times mengungkapkan, ada lima perguruan tinggi yang mencoba memangkas biaya kuliah sebanyak 16 hingga 57 persen pada tahun ajaran 2019-2020.

Itu menjadi topik hangat hingga saat ini, bahkan kemungkinan sampai tahun depan. Seperti yang kita ketahui, biaya kuliah biasanya terus meningkat setiap tahun.

Itulah lima prediksi tren keuangan di tahun 2020 mendatang. Semoga apapun prediksinya, membawa kehidupan yang lebih baik untuk kita semua!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →